5 Upaya yang Bisa Kamu Lakukan untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kompas.com - 02/12/2021, 09:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik
Rujukan artikel ini:
David and Goliath: Ketika Si…
Pengarang: Malcolm Gladwell
|
Editor Almira Rahma Natasya

Rasa percaya diri menjadi syarat mutlak untuk mempermudah menjalani kehidupan, tapi entah mengapa, rasanya sulit sekali untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang biasanya terhalang akibat perasaan insecure oleh lingkungan sekitar.

Kesulitan dalam meningkatkan rasa percaya diri ini seakan menjadi momok yang amat meresahkan sekaligus menyiksa, karena biasanya akan berdampak serius pada kesehatan mental.

Mau tidak mau, meningkatkan rasa percaya diri memang mutlak harus dilakukan agar kita bisa dan mampu menjalankan kehidupan yang lebih berkualitas.

Rasa percaya diri yang tumbuh akan turut membantu mengeluarkan seluruh potensi yang kita miliki, sehingga dapat mempermudah jalan untuk meraih mimpi dan cita-cita.

Diperlukan upaya yang tepat untuk meningkatkan rasa percaya diri, berikut lima upaya yang bisa membantu kamu dalam meningkatkan rasa percaya diri.

5 Upaya untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

1. Cari Lingkungan yang Suportif dan Positif

Tidak bisa dipungkiri, kondisi lingkungan turut berpengaruh pada rasa percaya diri yang tumbuh dalam diri kita, karena jika orang-orang di sekitar sering menjatuhkan dan banyak menuntut, bukan rasa percaya diri yang tumbuh, melainkan perasaan insecure.

Daripada dikelilingi oleh orang-orang yang tidak suportif, sebaiknya kita mencari lingkungan dan orang-orang positif yang mampu mendukung kita agar rasa percaya diri bisa tumbuh dan berkembang.

Seleksi dan jauhi orang-orang yang sekiranya membuat kita rendah diri akibat perkataan ataupun perlakuan mereka.

Perkuat relasi dengan orang-orang positif yang selalu ada di saat kita sedih maupun senang, karena mereka dapat meningkatkan rasa percaya diri yang ada dalam diri kita.

2. Catat Kelebihan dan Kekurangan yang Kamu Miliki

Mengenali diri sendiri adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri, maka cari serta catat kelebihan dan kekurangan yang kita miliki.

Asah terus kelebihan atau bakat yang kita miliki sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan kelebihan tersebut.

Sebaliknya, jangan terfokus pada kekurangan yang kita miliki, cukup terima dan cari cara untuk menyiasati kekurangan ini agar tidak menjadi penghalang untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

Kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita bisa dijadikan pemicu untuk meningkatkan rasa percaya diri asalkan kita tahu cara memperlakukannya.

3. Selalu Berusaha untuk Berpikir Positif

Hal yang tidak kalah penting dalam meningkatkan rasa percaya diri adalah berpikir positif, karena menjadi pondasi yang kokoh dalam membangun karakter diri.

Perasaan takut, cemas, dan khawatir tidak bisa dipungkiri berasal dari pikiran-pikiran negatif yang kerap bermunculan di otak yang secara tidak langsung juga turut menurunkan rasa percaya diri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jangan terlalu mendengarkan perkataan buruk orang-orang di sekitar, abaikan pendapat orang lain terhadap diri kita karena pikiran orang lain tidak bisa kita kendalikan dan bukan tugas kita pula untuk mengendalikan apa yang orang lain pikirkan.

Cari hal-hal yang bisa membuat kita merasa nyaman dan bahagia agar pikiran positif bisa terus hadir, hingga pada akhirnya tingkat rasa percaya diri pun akan bertambah.

4. Stop Membanding-bandingkan Diri Sendiri dengan Kehidupan Orang Lain

Salah satu faktor yang kerap menjadi pemicu rasa rendah diri adalah selalu membandingkan diri sendiri dengan keberhasilan orang lain.

Kelebihan atau keberhasilan orang lain bukan patokan yang sesuai untuk kebahagiaan diri kita karena makna sukses dan bahagia dari masing-masing orang berbeda, sehingga tidak selayaknya kita merasa insecure dengan kehidupan orang lain.

Nikmati dan syukuri setiap pencapaian dan apa yang kita miliki agar perasaan insecure bisa hilang sepenuhnya.

Percaya dan bangga akan proses serta hasil yang kita raih adalah cikal bakal yang akan meningkatkan rasa percaya diri hingga mampu menghilangkan perasaan insecure.

5. Biasakan untuk Berolahraga dan Melakukan Pola Hidup Sehat

Pikiran positif akan muncul apabila fisik dan mental sehat bugar.

Cara untuk mendapatkan itu semua adalah dengan melakukan pola hidup sehat dan berolahraga.

Usahakan untuk berolahraga setiap hari agar fisik dan pikiran bisa tetap sehat, sehingga rasa percaya diri pun akan meningkat dengan sendirinya.

Jaga dan pilih asupan makanan yang tepat serta bergizi untuk membantu olahraga yang kita lakukan menjadi lebih maksimal.

Tubuh dan pikiran yang sehat akan memunculkan rasa percaya diri yang tinggi, sehingga kita mampu menjalani kehidupan dengan lebih positif dan bergairah.

Namun, jika kamu masih membutuhkan motivasi untuk meningkatkan rasa percaya diri, kamu dapat membaca satu rekomendasi buku berikut ini.

Buku David and Goliath: Ketika Si Lemah Menang Melawan Raksasa karya Malcolm Gladwell bisa menjadi rujukan bacaan yang tepat untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Buku ini menitikberatkan pembahasan pada stereotip, di mana yang lemah pasti kalah dan yang kuat pasti menang, namun kenyataannya tidak selalu demikian.

Melalui riset dan penelitian, Gladwell bisa mematahkan stigma yang sudah tertanam kuat di otak kita melalui kisah-kisah yang bisa meningkatkan rasa percaya diri, terlebih bagi kamu yang selalu merasa insecure.

Pemikiran kamu selama ini akan berubah setelah membaca bukunya. Karena kekurangan yang kita miliki bukan sebuah kelemahan, maka tidak ada alasan bagi rasa percaya diri untuk turut menghilang.


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.