Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa sih Maksudnya Good Looking dan Insecure? Ini Penjelasannya dan Tips Mengatasi Insecure

Kompas.com - 29/11/2021, 09:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik
Rujukan artikel ini:
Insecurity is My Middle Name
Pengarang: Alvi Syahrin
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Di era media sosial yang semakin canggih membuat kita bisa mengenal dunia luar yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Hal tersebut bisa dijadikan sebuah cara untuk menambah wawasan sekaligus melihat setiap perbedaan yang ada di muka bumi.

Mengenal setiap perbedaan seharusnya membuat manusia belajar untuk saling menghargai satu sama lain, tapi terkadang ada saja sebagian orang yang tidak bisa menerimanya dan menjadikan perbedaan sebagai salah satu sarana untuk menjatuhkan orang lain, atau bahkan diri sendiri.

Melihat orang lain yang dinilai lebih “good looking” sering sekali membuat kita menjadi “insecure” dan malah menjatuhkan diri sendiri.

Sebenarnya apa sih arti dari good looking dan insecure itu sendiri? Ayo, cari tahu perbedaannya di bawah ini!

Pengertian dari Good Looking

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), good looking adalah physically attractive atau menarik secara fisik dan enak dipandang.

Good looking ini sering sekali dikaitkan dengan penampilan fisik seseorang dan bisa mewakili semua gender baik laki-laki maupun perempuan.

Tidak heran, saat ini banyak sekali orang yang berlomba-lomba menjadikan good looking sebagai sebuah prioritas karena merasa insecure dengan penampilan fisiknya.

Pengertian dari Insecure

Insecure adalah sebuah kondisi mental yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, cemas, dan takut secara berlebihan mengenai suatu hal.

Salah satu perasaan insecure yang sering muncul adalah saat melihat orang lain yang dirasa lebih good looking dan lebih baik dari kita.

Sebenarnya insecure ini bisa juga kita terima dari perkataan orang lain yang tidak suka dengan kita dan ingin melihat kita semakin jatuh dalam rasa insecure yang berlebihan, yang nantinya malah akan membuat kita merasa tidak percaya diri dan bahkan bisa berdampak pada kesehatan mental.

Perasaan insecure yang berlebihan terhadap penampilan fisik ini sebenarnya bisa berkurang bahkan hilang jika kita mengetahui cara mengatasinya.

Ikuti beberapa tips ini untuk mengatasi rasa insecure yang ada dalam dirimu!

Tips Mengatasi Insecure yang Berlebihan

1. Pilih Lingkungan dengan Suasana yang Baik

Memilih lingkungan yang baik akan membantu kita membangun rasa percaya diri dan terhindar dari perasaan insecure yang berlebihan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, lingkungan yang baik juga bisa merubah kita menjadi individu yang lebih positif dan selalu berusaha untuk berkembang menjadi lebih baik setiap harinya, jadi tidak akan ada lagi pikiran negatif yang muncul. Baca selengkapya Cara Mengatasi Insecure Berlebihan.

2. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri

Rumput tetangga akan terlihat lebih hijau dibanding rumput di halaman rumah sendiri.

Sering sekali kita membandingkan diri kita dengan orang lain saat melihat mereka yang terlihat lebih baik dari kita, walaupun sebenarnya hal itu tidak ada gunanya dan malah membuat kita jadi semakin tidak percaya diri.

Cobalah untuk berhenti membandingkan diri sendiri, kamu bisa belajar untuk merubah penampilan dengan versi terbaikmu sendiri, mulai dengan mencari-cari trend fashion, produk make up, produk skin care, atau apapun yang bisa membuatmu merasa lebih baik dan merasa lebih percaya diri dari sebelumnya.

3. Batasi Penggunaan Media Sosial

Maraknya penggunaan media sosial seperti sekarang membuat kita bisa dengan mudah melihat hal-hal yang terjadi pada hidup orang lain.

Seringkali kita melihat hidup orang lain lebih indah dan lebih menyenangkan yang akhirnya malah membuat kita menjadi semakin insecure.

Untuk mengatasinya, kamu harus membatasi diri dari penggunaan media sosial yang berlebihan.

Selain itu, kamu juga bisa mulai untuk mengikuti orang-orang yang bisa memberikanmu inspirasi sehingga kamu tidak lagi tertarik dengan kehidupan orang lain.

4. Selalu Berusaha untuk Berpikir Positif

Setiap tindakan yang kita lakukan selalu dimulai dari pikiran.

Berusaha untuk selalu berpikir positif adalah salah satu cara yang ampuh untuk membunuh rasa insecure yang ada dalam diri kita.

Untuk membantumu keluar dari perasaan insecure yang berlebihan, kamu juga bisa membaca buku Insecurity is My Middle Name karya Alvi Syahrin yang baru saja dirilis pada bulan Agustus 2021 lalu.

Buku setebal 264 halaman ini akan sangat membantu kamu untuk melihat insecurity dari sudut pandang yang berbeda, serta membuat kamu lebih menghargai keberadaan diri kamu sendiri.

Rangkaian kata yang ditulis dalam buku ini membuat kamu seolah-olah sedang berbicara dengan dirimu sendiri.

Kamu akan memahami bahwa setiap orang memiliki perbedaan dan itu menjadi keunikan tersendiri.

Bagi kamu yang tertarik ingin membaca buku ini, kamu bisa membeli buku fisiknya melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com