Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Kreatif agar Anak Rajin Membaca

Kompas.com - 12/02/2022, 18:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Kumpulan Dongeng 2 Musim Dari…
Pengarang: Liza Erfiana
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Membaca adalah kunci sukses dalam kegiatan pembelajaran, oleh karena itu para orang tua harus mulai memperkenalkan buku kepada anak sejak usia dini.

Ada beragam manfaat yang akan didapatkan saat anak-anak rajin membaca buku, yaitu mereka akan lebih mudah untuk berempati pada sesama, membantu meningkatkan fungsi kognitif anak dalam berpikir, dan bahkan bisa menurunkan risiko anak terkena penyakit demensia dan Alzheimer di masa tuanya nanti.

Ditambah lagi, di era teknologi saat ini membuat akses untuk mendapatkan bahan bacaan sudah sangat mudah, walaupun di satu sisi, kehadiran gadget juga bisa menjadi salah satu faktor penghambat munculnya minat membaca pada anak.

Menumbuhkan kegemaran membaca pada anak bukanlah sesuatu yang mudah, tapi orang tua tetap tidak boleh menyerah dan harus memiliki berbagai cara kreatif untuk membuat mereka bisa rajin membaca buku.

Sebenarnya tidak perlu memaksa anak untuk langsung membaca banyak buku, karena hal itu malah akan membuat mereka tertekan.

Para orang tua bisa coba menggunakan beberapa cara ini supaya anak dengan mudah bisa gemar membaca buku.

5 Cara agar Anak Rajin Membaca

1. Mengenalkan Buku Sejak Dini

Mengenalkan buku kepada anak sejak usia dini terbukti sangat membantu untuk membuat mereka menyukai buku.

Selain itu, buku juga sangat bermanfaat untuk bisa mengembangkan bahasa-bahasa bayi, karena ia akan mendengar setiap kata atau kalimat yang diucapkan orang tuanya.

Saat anak mulai tumbuh dewasa, mereka pasti sudah mulai terbiasa dengan adanya buku.

Orang tua juga bisa membuat sesi membaca setidaknya satu jam dalam satu hari, untuk membuat anak menganggap bahwa membaca adalah kegiatan yang penting.

Setelah kebiasaan-kebiasaan ini dilakukan, anak akan terbiasa membaca sendiri bahkan tanpa harus disuruh oleh orang tuanya.

2. Berikan Contoh pada Anak

Anak-anak adalah peniru terbaik, bila orang tuanya rajin membaca buku, maka kemungkinan anak-anaknya juga akan mengikuti kebiasaan orang tuanya.

Atas dasar itulah, orang tua juga harus ikut andil dengan memberikan contoh yang baik kepada anak dalam hal membaca buku.

Sesekali juga orang tua bisa meminta anak untuk menceritakan kembali mengenai buku-buku yang mereka baca untuk mengukur sejauh mana kemampuan mereka dalam membaca.

Cara yang satu ini pasti akan sangat membantu para orang tua untuk menumbuhkan kecintaan anak pada kegiatan membaca.

3. Mengajak Anak ke Perpustakaan

Untuk mengenalkan lebih banyak genre buku kepada anak, para orang tua bisa mengajak mereka ke perpustakaan.

Perpustakaan pastinya menyediakan banyak fasilitas yang menarik seperti ruang baca anak, ruang multimedia, dan ruang teater mini yang akan membuat anak semakin nyaman dan suka membaca buku.

Coba bebaskan anak untuk memilih genre buku yang mereka sukai, supaya mereka tidak merasa terbebani saat membaca buku-buku baru.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Buat Rak Buku Kecil di Kamar Anak

Saat ingin membuat anak rajin membaca buku, cara lain yang bisa dilakukan adalah membuat dan meletakkan banyak buku di sekitarnya, misalnya di rak buku yang diletakkan di dalam kamarnya.

Buatlah rak buku dengan desain yang menarik dan isi dengan berbagai macam buku seperti komik, ensiklopedia, buku dongeng, dan masih banyak lagi supaya mereka betah dan tidak mudah bosan.

Dengan cara ini, anak akan menjadikan rak buku ini sebagai spot favoritnya di rumah, dan membuatnya gemar membaca buku.

5. Beritahu Pentingnya Membaca Buku untuk Masa Depan

Saat anak enggan pergi ke perpustakaan atau toko buku, orang tua bisa coba memberi tahu dan mengatakan bahwa membaca buku akan membantu mereka untuk memperluas wawasan.

Orang tua juga bisa mengatakan bahwa membaca buku akan sangat berguna bagi masa depannya kelak, karena wawasan yang mereka dapat dalam buku akan membantunya dalam pendidikan maupun dalam dunia kerja.

Jika anak sudah mulai tertarik, biarkan mereka tetap memilih buku yang mereka sukai.

Jangan memaksanya membaca ensiklopedia atau buku-buku tebal lainnya karena akan membuat mereka semakin malas membaca buku.

Untuk mengenalkan buku pada anak, orang tua bisa menggunakan buku-buku dongeng dengan banyak gambar dan warna untuk membantu menarik minat membaca pada anak.

Ada beberapa rekomendasi buku dongeng yang bisa digunakan, seperti buku Kumpulan Dongeng 2 Musim dari Dunia Hewan karya Liza Erfiana.

Buku ini akan memberikan banyak wawasan kepada anak mengenai hewan yang tinggal di musim tropis dan musim subtropis.

Selain itu, anak juga akan diajak berpetualang bersama hewan-hewan ini dan mengetahui bagaimana mereka beradaptasi terhadap perubahan musim sehingga mereka tetap bisa bertahan hidup dengan baik.

Saat anak mulai tumbuh dewasa dan sudah bisa membaca banyak tulisan, para orang tua bisa memberikan beberapa buku lain seperti buku Why? The Science of Cooking dan buku Why? Rockets and Spacecrafts - Roket dan Pesawat Luar Angkasa yang keduanya ditulis oleh YeaRimDang.

Kedua buku ini akan mengajak anak mengenal bagaimana asal muasal manusia dalam memasak dan juga mengenalkan dunia luar angkasa kepada anak, sehingga anak bisa lebih tertarik dengan topik lain diluar topik bacaan yang biasa ia baca.

Selain itu, masih banyak buku-buku lain dari seri Why yang akan membantu anak semakin mengenal dunia luar.

Walaupun masih berisi banyak ilustrasi, tapi seri buku ini juga dilengkapi dengan beberapa tulisan dan informasi yang akan membuat anak semakin tertarik serta rajin untuk membaca buku.

Untuk lebih lengkapnya, buku-buku ini sudah bisa dibeli di Gramedia.com atau bisa juga mengenalkan anak dengan versi e-booknya melalui Gramedia Digital.

Kamu juga bisa dapatkan gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Segera klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com