Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sains untuk Semua Tipe Kecerdasan Anak

Kompas.com - 03/02/2022, 10:00 WIB
Dok. Elex Media Komputindo
Rujukan artikel ini:
Ensiklopedia Sains
Pengarang: Belinda Gallagher
|
Editor Almira Rahma Natasya

Seluruh kehidupan tidak terlepas dari sains.

Sains memengaruhi kehidupan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Peranan sains sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan.

Mulai dari bidang pendidikan, pertanian, sosial, industri, sampai dengan pengembangan teknologi yang canggih untuk mempermudah kehidupan manusia.

Peran Penting Sains pada Kecerdasan Anak

Peranan sains yang sangat penting ini sebaiknya disadari oleh orang tua supaya mulai mengajarkan anak tentang sains sejak dini.

Orang tua harus menciptakan lingkungan pembelajaran sains yang menyenangkan dan tanpa beban.

Menurut NSTA (2009), keterlibatan orangtua dan pengasuh lainnya dalam pembelajaran anak-anak sangat penting untuk menumbuhkan minat dan kemampuan anak-anak mereka belajar sains.

Ada berbagai kegiatan sederhana yang bisa dilakukan orang tua bersama anak untuk belajar sains.

Mulai dari mengamati lingkungan sekitar yang dapat meningkatkan rasa ingin tahu anak sampai dengan eksperimen sains seru yang dapat dilakukan di rumah.

Lalu, apakah anak dengan kecerdasan tertentu saja yang dapat mempelajari sains? Tentu saja tidak.

Menurut Worth (2010) dalam sebuah jurnal ilmiah menyebutkan sains mungkin menjadi domain sangat penting pada anak usia dini, domain yang disebutkan Worth mengacu pada tempat unik pada diri anak yang bisa mengembangkan kemampuan anak dengan maksimal selama masa pertumbuhannya.

Sains akan membangun pemahaman ilmiah dasar di masa depan dan keterampilan penting, serta sikap untuk belajar pada anak.

Howard Gardner mengenalkan 8 tipe kecerdasan yang berperan penting untuk pengembangan diri, yaitu kecerdasan linguistik, logika matematika, visual spasial, gerak tubuh (kinetik), musikal, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Semua tipe kercerdasan ini melibatkan sains dalam proses pengembangannya.

Mengapa demikian? Karena belajar sains dapat membentuk kemampuan daya pikir anak yang kritis, melatih kemandirian anak, dan membuat anak menjadi lebih percaya diri sebagai pelajar.

Anak dengan kecerdasan linguistik bisa mempelajari dan menjelaskan nama-nama hewan dan tumbuhan, anak dengan kecerdasan logika matematika bisa mempelajari perhitungan sains sederhana dan menyelidiki masalah ilmiah, anak dengan kecerdasan kinetik dapat mempelajari tentang kecepatan, gaya, dan energi, anak dengan kecerdasan musikal dapat mempelajari bunyi, organ pernapasan, bentuk alat musik, anak dengan kecerdasan naturalis bisa mempelajari tentang hewan, tanaman, dan fenomena alam yang terjadi, dan masih banyak contoh yang lain.

Sumber lain menyebutkan mempelajari kehidupan sehari-hari dan berkaitan dengan pembelajaran sains akan memberikan arti penting bagi proses pembelajaran karena memberikan nilai yang bermakna bagi peserta didik. Itu mampu memperkuat aplikasi dari konsep yang dipelajari (Rosa dkk, 2019).

Lalu, buku sains seperti apa yang bisa mengembangkan semua tipe kecerdasan?

Buku untuk Anak Belajar Sains

Sebuah buku berjudul Ensiklopedia Sains yang lengkap hadir untuk memenuhi semua kebutuhan setiap anak untuk belajar sains.

Buku ini terdiri dari 9 tema menarik, yaitu:

  1. Zat
  2. Material dan Bahan Kimia
  3. Energi, Gaya dan Gerakan
  4. Listrik, Daya Tarik, dan Radiasi
  5. Batas-Batas Sains
  6. Teknologi
  7. Planet Bumi
  8. Tumbuhan
  9. Hewan

Setiap tema disajikan dengan bahasa yang sederhana dan dipenuhi fakta umum dan fakta unik yang belum diketahui banyak orang.

Melalui buku ini orang tua dan anak akan diajak menjelajahi dunia penemuan yang luas, mulai dari atom penyusun terkecil dari zat, bentuk atom dan materi, ikatan kimia dan reaksi kimia dalam kehidupan, teori ilmah dari tokoh dunia terkenal seperti Robert Brown, Issac Newton, Einstein, perkembangan teknologi yang luar biasa, sampai keanekaragaman makhluk hidup di Bumi.

Selain itu, buku ini dilengkapi dengan puluhan ilustrasi dan foto yang menakjubkan sehingga membuat anak dan orangtua tidak akan bosan membaca buku ini berlama-lama selama di rumah.

Yuk, ciptakan pembelajaran sains yang menyenangkan untuk anak demi masa depan mereka kelak!

Anda juga bisa dapatkan gratis voucher diskon untuk membeli bukunya. Yuk, langsung klik di sini untuk dapatkan gratis vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Selamat membaca!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com