Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Mengenal Kebutuhan Primer untuk Para Mahasiswa

Kompas.com - 31/01/2022, 15:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Pengantar Teori Ekonomi Makro
Pengarang: Budiyono; Sukaris
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Dalam kehidupan, manusia selalu dihadapkan dengan beragam cara untuk bisa memenuhi segala kebutuhannya sehari-hari terutama kebutuhan primer.

Walaupun kebutuhan manusia ini sebenarnya dikelompokkan menjadi tiga tingkatan yang berbeda, tapi kebutuhan primer adalah kebutuhan yang paling penting dalam kehidupan manusia.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai kebutuhan primer yang harus dan wajib dipenuhi oleh setiap manusia.

Apa Itu Kebutuhan Primer?

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang paling mendasar atau paling pokok dan harus dijadikan prioritas yang utama oleh setiap manusia untuk bisa menunjang kehidupannya.

Jika kebutuhan primer ini belum terpenuhi, maka manusia tidak bisa memenuhi kebutuhannya yang lain, dan sangat sulit untuk bertahan hidup.

Tapi sayangnya, masih banyak sekali orang-orang yang belum memahami apa saja kebutuhan yang primer tersebut dan alhasil tidak bisa mengatur kehidupannya dengan baik.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui apa saja contoh kebutuhan primer yang sangat diperlukan dan dibutuhkan dalam kehidupan manusia.

Contoh Kebutuhan Primer yang Paling Utama

1. Sandang

Sandang ini merupakan salah satu aspek penting yang berupa pakaian sebagai pelindung tubuh manusia dari cuaca panas maupun dingin.

Selain itu, pakaian juga sangat penting digunakan karena jika seseorang tidak mengenakan pakaian maka ia tentu akan merasa malu untuk bergaul dengan masyarakat.

Pakaian ini juga berevolusi sendiri seiring dengan perkembangan zaman.

Manusia pada zaman dahulu banyak yang menggunakan kain bekas atau karung goni untuk dijadikan pakaian.

Tapi seiring berjalannya waktu, saat ini pakaian memiliki berbagai jenis model sesuai kebutuhan, misalnya pakaian untuk bersantai, pakaian formal, pakaian musim dingin, dan masih banyak lagi jenis pakaian lainnya.

2. Pangan

Pangan ini adalah kebutuhan makanan dan minuman yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Pangan yang sehat bisa berupa hasil olahan pertanian dan peternakan yang bisa memenuhi gizi manusia, karena manusia tidak bisa hidup tanpa makan dan minum.

Jika manusia tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, maka bisa terkena berbagai macam penyakit yang nantinya bisa berefek kepada aktivitasnya sehari-hari.

3. Papan

Kebutuhan primer yang utama lainnya adalah papan atau tempat tinggal untuk melindungi manusia dari segala cuaca.

Walaupun tanpa adanya tempat tinggal pun manusia masih bisa bertahan hidup, tapi kondisi ini pasti membuat manusia sangat tidak nyaman.

Selain melindungi manusia dari berbagai cuaca setiap harinya, tempat tinggal juga bisa menjadi tempat berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara.

Saat ini desain rumah juga mengalami perubahan yang signifikan seiring perkembangan zaman dan semakin nyaman untuk ditinggali.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia juga menjadi semakin beragam, tidak hanya terbatas pada kebutuhan sandang, pangan, dan papan saja.

Berikut ini ada beberapa kebutuhan primer lain yang juga tidak kalah penting dan dibutuhkan dalam kehidupan manusia.

Kebutuhan Primer yang Tidak Kalah Penting dan Dibutuhkan

1. Pendidikan

Semakin canggihnya teknologi informasi tentunya juga harus didukung dengan perkembangan pemikiran dan pengetahuan manusia, maka pendidikan ini menjadi salah satu kebutuhan primer yang tidak kalah penting.

Jenjang pendidikan saat ini pun sudah banyak tersedia dan disesuaikan dengan usia manusia, mulai dari playgroup, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, sampai dengan Perguruan Tinggi.

2. Keluarga

Keluarga menjadi salah satu faktor pendukung kehidupan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab dari sanalah manusia berasal dan kemudian tumbuh menjadi pribadi yang dewasa dan bisa hidup mandiri.

3. Pekerjaan

Bagi manusia yang sudah memasuki usia produktif, pekerjaan tentunya menjadi salah satu kebutuhan pokok yang penting untuk bisa menunjang kehidupan.

Saat seseorang bekerja, ia tentunya bisa menghasilkan uang yang nantinya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok lainnya.

Di era teknologi yang semakin canggih seperti sekarang, sebenarnya manusia bisa memiliki berbagai macam pekerjaan asalkan ia punya kemampuan yang mumpuni, dan bahkan bisa menjadi seorang wirausaha yang tidak perlu bergantung pada orang lain dan bisa memiliki penghasilan sendiri.

4. Kesehatan

Semua kebutuhan primer yang sudah dijelaskan sebelumnya sebenarnya akan sangat sulit terpenuhi jika manusia hidup dalam keadaan sakit.

Maka dari itu kesehatan juga menjadi faktor dan kebutuhan yang paling penting untuk dipenuhi oleh manusia.

Dengan makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup, dan memahami kapan waktu yang tepat untuk beraktivitas, bisa menjadi solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Selain kebutuhan primer, masih ada kebutuhan lain yang juga tidak kalah penting dalam kehidupan manusia, yaitu kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier.

Untuk kamu para pelajar dan mahasiswa yang masih ingin tahu banyak hal mengenai kebutuhan-kebutuhan manusia ini, kamu bisa mempelajarinya dalam mata pelajaran yang berhubungan langsung dengan kebutuhan manusia misalnya seperti Ekonomi.

Kamu bisa membaca buku Pengantar Teori Ekonomi Makro yang ditulis oleh Budiyono dan Sukaris.

Buku ini sebenarnya diperuntukkan bagi para mahasiswa yang mengambil jurusan Ekonomi, tapi bagi kamu yang berasal dari jurusan lain, kamu tetap bisa membaca buku ini sebagai bahan belajar tambahan.

Materi dalam buku ini membahas banyak hal mengenai dasar-dasar teori ekonomi makro, kebutuhan-kebutuhan hidup yang harus dipenuhi manusia, dan masalah-masalah ekonomi lainnya yang sangat penting untuk dipelajari.

Untuk kamu yang tertarik membaca buku ini, kamu bisa membeli bukunya di Gramedia.com.

Kamu juga bisa dapatkan gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa ada minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com