Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Jangka Pendek Apa Saja yang Menguntungkan? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Kompas.com - 11/01/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Cara Ampuh Investasi Ala Warren…
Pengarang: RATNA DEWI PUDIASTUTI, YOHANA…
|
Editor Almira Rahma Natasya

Saat ini investasi sudah menjadi suatu hal yang umum dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan pendapatan lebih melalui passive income.

Namun, tidak jarang masih banyak orang yang takut dan tidak mengerti untuk memulai berinvestasi karena mendengar stigma bahwa investasi memiliki risiko yang tinggi.

Jika kamu juga termasuk ke dalam salah satunya, maka kamu tidak perlu khawatir karena terdapat alternatif investasi bagi pemula dengan risiko yang tergolong rendah, yaitu dengan berinvestasi jangka pendek.

Selain memiliki kelebihan risiko rendah, dana dan keuntungan dalam investasi jangka pendek juga memiliki kurun waktu yang singkat untuk dicairkan, yaitu kurang lebih selama satu tahun.

4 Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

1. Deposito

Deposito merupakan produk investasi dalam bentuk tabungan di bank dengan menyetorkan dan mencairkan sejumlah dana dalam periode tertentu.

Produk investasi jangka pendek yang satu ini lebih familier bagi pemula karena sistematikanya yang kurang lebih sama seperti menabung biasa di bank.

Hanya saja kamu tidak bisa menarik dana kapan saja sesuka kamu, melainkan bergantung dengan ketentuan yang sudah disepakati antara nasabah dan bank.

Periode deposito ini biasanya memiliki kurun waktu mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 1 tahun.

Kelebihan deposito dibandingkan dengan tabungan biasa adalah bunga yang ditawarkan jauh lebih tinggi, yaitu berkisar 5 – 6%.

2. Reksa Dana

Reksa dana merupakan salah satu produk investasi yang mudah dan praktis untuk dilakukan, karena dana dari investor akan dikelola oleh manajer investasi untuk kemudian diinvestasikan pada instrumen-instrumen tertentu agar mendapatkan keuntungan.

Terdapat berbagai macam reksa dana, yaitu meliputi reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran.

Masing-masing memiliki fluktuasi pergerakan harga serta risiko yang berbeda-beda.

Tentunya risiko yang lebih tinggi juga akan memiliki fluktuasi pergerakan harga yang lebih tinggi pula.

Namun, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan investasi kamu dan memilih reksa dana yang kamu inginkan.

3. Peer to Peer (P2P) Lending

Meskipun produk investasi yang satu ini masih tergolong baru, tetapi saat ini P2P Lending tengah menjadi produk investasi yang populer dan diminati oleh banyak orang.

Hal ini disebabkan karena P2P Lending memberikan imbal hasil yang lebih besar dibandingkan dengan produk investasi jangka pendek lainnya, yaitu berkisar 15 – 20% per tahun.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Namun, high return ini memiliki risiko yang tinggi pula karena dana yang ditanamkan pada UMKM Indonesia untuk mengembangkan usaha ini memiliki potensi kemungkinan untuk gagal atau rugi.

Namun kamu tidak perlu khawatir jika ingin berinvestasi pada P2P Lending karena investasi ini tetap aman dan telah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk lebih yakin saat berinvestasi, pastikan kamu telah melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu agar terhindar dari kerugian.

4. Surat Utang Negara (SUN)

Produk investasi jangka pendek selanjutnya yang dapat menguntungkan adalah Surat Utang Negara.

Cara kerjanya, yaitu kamu akan menanamkan sejumlah dana sebagai piutang kepada negara untuk dikelola dalam memenuhi kebutuhan negara dan juga untuk pembangunan.

Kamu kemudian akan mendapatkan surat pernyataan hutang yang diterbitkan oleh negara karena telah menjadi investor dana.

SUN termasuk salah satu produk investasi jangka pendek yang aman dan menguntungkan karena negara menjamin pembayaran modal dan bunga kepada investor dalam jangka waktu tertentu.

Nah, itulah keempat investasi jangka pendek yang menguntungkan yang bisa untuk kamu coba.

Masing-masing produk investasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga penting untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan untuk memulai berinvestasi.

Untuk belajar lebih dalam mengenai investasi dan bagaimana memilih investasi yang tepat, kamu bisa membaca buku Cara Ampuh Investasi Ala Warren Buffett dan Lo Kheng Hong yang ditulis oleh Ratna Dewi dan Yohana Oryzia ini.

Bagi kamu yang masih awam dalam dunia investasi, Warren Buffett merupakan investor legendaris dunia, dan Lo Kheng Hong adalah seorang investor kenamaan yang berasal dari Indonesia.

Buku ini mengulas mengenai strategi investasi yang telah sukses dilakukan oleh kedua investor ternama tersebut yang bisa kamu contoh dan kamu pelajari.

Selain itu, buku ini juga membahas secara lengkap dan mendetail tentang seluk-beluk pasar modal, produk-produk serta regulasi dalam investasi, dan lain-lain.

Melalui buku ini, kamu akan diberikan tips-tips yang bisa menjadi bekal untuk kamu mulai berinvestasi menurut dua pakar investor yang telah terbukti berhasil tersebut dengan bahasa yang ditulis secara ringan sehingga mudah dipahami oleh para pemula.

Jika kamu tertarik, kamu bisa mendapatkan buku Cara Ampuh Investasi Ala Warren Buffett dan Lo Kheng Hong ini dengan membelinya di Gramedia.com.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Dapatkan juga voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelanjaan. Klik di sini untuk ambil vouchernya, lalu segera checkout bukunya di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com