Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Buku tentang Mindset yang Bisa Memperluas Pemikiran

Kompas.com - 31/07/2024, 10:00 WIB
Buku tentang Mindset  Sumber Gambar: Freepik.com Buku tentang Mindset 
Rujukan artikel ini:
Filosofi Teras
Pengarang: Henry Manampiring
|
Editor Novia Putri Anindhita

Membaca buku bukan hanya bisa menghibur saja, tapi banyak sekali wawasan yang dapat ditemukan untuk memperluas pemikiran.

Buku memang pantas disebut sebagai gudangnya ilmu karena melalui tulisan di dalamnya ada banyak hal-hal baru yang bisa didapatkan.

Maka dari itu, jika tidak ingin terjebak dalam pola pikir yang sempit, membaca buku dapat menjadi solusi untuk menambah dan mengubah pemikiran agar bisa lebih terbuka lagi.

Dengan pemikiran yang terbuka atau open minded maka setiap masalah yang ada dalam kehidupan pun bisa lebih mudah untuk dihadapi.

Untungnya, saat ini banyak sekali buku pengembangan diri tentang mindset yang tidak hanya menarik, tapi juga membuat benak semakin kaya akan berbagai macam pola pikir.

Mulai dari cara memandang kehidupan, mengubah kebiasaan, hingga mengatur finansial, semuanya kini sudah dengan mudah bisa ditemukan dalam buku.

Lalu, buku tentang mindset apa saja yang wajib masuk ke dalam daftar bacaan? Berikut 5 buku tentang mindset yang bisa dibaca.

5 Buku tentang Mindset

1. Filosofi Teras - Henry Manampiring

Lebih dari 2000 tahun lalu, sebuah mazhab filsafat menemukan sumber masalah dan juga solusi dari berbagai macam emosi negatif.

Stoisisme atau Filosofi Teras merupakan filsafat Yunani-Romawi kuno yang dapat membantu kita dalam mengatasi emosi negatif dan menciptakan mental yang tangguh ketika menghadapi naik-turunnya kehidupan.

Buku yang pertama kali terbit di tahun 2019 ini mengajarkan pembaca mengenai pengendalian emosi negatif yang ada dalam diri setiap manusia.

Buku ini akan mudah dipahami dengan ilustrasi tokoh filsafat, serta kata-kata bijak yang menjadikan bukunya tambah menarik untuk dibaca.

2. Mindset - Carol S. Dweck, Ph.d.

Biasanya, buku-buku mengenai kesuksesan akan menyuguhkan sisi-sisi praktis.

Akan tetapi, buku ini justru akan mengajak pembaca menggarap inti masalah kesuksesan: pikiran.

Tidak cuma itu, buku ini mengontraskan dengan baik tokoh-tokoh dunia di bidang sastra, musik, olahraga, sains, dan bisnis yang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset) dan mempunyai pola pikir tumbuh (growth mindset).

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bagi pembaca yang berstatus sebagai pemimpin, guru, eksekutif, pelatih olahraga, atau orangtua, buku ini akan membantu dalam mengubah para pembelajar “bermasalah” menjadi pribadi-pribadi yang sukses dan bahagia.

Sebagai pribadi pun, pembaca tidak akan dibuat kecewa dengan buku hasil penelitian 20 tahun lebih dari ahli kenamaan di bidang psikologi kepribadian ini.

3. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat - Mark Manson

Buku pengembangan diri yang mewakili generasi sekarang.

Seorang blogger terkenal memperlihatkan pada pembaca, jika kunci untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dan lebih bahagia adalah dengan mengerjakan segala tantangan dengan lebih baik serta berhenti memaksa diri untuk menjadi “positif” setiap saat.

Lewat blognya, Mark Manson telah membantu mengoreksi harapan-harapan delusional banyak orang, baik tentang diri sendiri maupun dunia.

Buku ini akan mengajak pembaca untuk memahami batasan-batasan diri dan menerimanya-baginya ini merupakan sumber kekuatan yang paling nyata.

Buku ini akan membuka pikiran pembaca untuk lebih bahagia dengan cara yang mungkin tak terduga sebelumnya.

4. Thinking, Fast and Slow - Daniel Kahneman

Di dalam buku yang amat dinanti-nantikan ini, Kahneman menerangkan dua sistem yang mendorong cara kita dalam berpikir.

Sistem 1 bersifat cepat, intuitif, dan emosional; Sistem 2 lebih pelan, lebih bertujuan, dan lebih logis.

Buku ini menyuguhkan pemahaman penulis tentang pertimbangan serta pengambilan keputusan, yang sudah dibentuk oleh penemuan-penemuan di bidang psikologi selama puluhan tahun terakhir.

Kahneman memperlihatkan kemampuan luar biasa pun kekurangan dan bias yang dimiliki oleh berpikir cepat, serta mengungkapkan dampak kesan intuitif pada pikiran dan perilaku kita.

5. Start with Why - Simon Sinek

Buku ini berisi mengenai pola berulang yang muncul secara alami, cara berpikir, bertindak, dan berkomunikasi yang memberi kemampuan kepada sejumlah pemimpin untuk menginspirasi orang-orang di sekitarnya.

Tujuan buku ini tidak hanya sekedar memperbaiki hal-hal yang tidak berjalan dengan baik, tapi juga sebagai tuntunan untuk berfokus pada hal-hal yang berhasil dan memperbesarnya.

Segera pesan dan miliki bukunya sekarang juga di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau