Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Matahari Artinya Apa? Cari Tahu Makna Filosofisnya Berikut Ini!

Kompas.com - 25/09/2023, 13:00 WIB
Bunga Matahari Artinya Sumber Gambar: Freepik.com Bunga Matahari Artinya
Rujukan artikel ini:
Rangkaian Bunga dari Sabun untuk…
Pengarang: Irni Yunita
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Bunga matahari atau bunga yang memiliki nama latin Helianthus annuus ini merupakan salah satu bunga yang populer.

Bunga matahari diketahui berasal dari Amerika Utara dan Tengah, tapi saat ini populasinya telah tersebar ke berbagai belahan dunia.

Dikenal dengan keindahannya, bunga matahari sering kali dijadikan sebagai tanaman hias karena bentuknya menyerupai matahari dan memiliki warna kuning yang mencolok.

Bunga matahari terdiri dari ratusan bunga-bunga kecil yang tersusun dan terpusat pada satu bongkol yang tumbuhannya selalu condong menghadap ke arah matahari.

Selain dinikmati keindahannya, bunga matahari juga bisa diolah menjadi minyak yang ternyata mengandung banyak khasiat mulai dari mencegah peradangan, menjaga kesehatan kulit dan tulang, serta menjaga kadar gula darah.

Dalam budaya Tionghoa, bunga matahari sering menjadi simbol keberuntungan, kecerdasan, dan kebahagiaan.

Tidak hanya itu, bunga matahari juga diyakini mampu membawa energi dan berkah yang positif kepada siapa saja yang melihatnya.

Untuk mengetahui penjelasannya lebih detail, kamu bisa simak artikel berikut ini.

Makna Filosofis Bunga Matahari

1. Kehidupan

Bunga matahari melambangkan kehidupan yang kuat dan tidak terbatas.

Layaknya matahari yang selalu memberikan kehangatan dan energi bagi bumi, bunga matahari diibaratkan sebagai media yang mampu menghadirkan semangat dan menghidupkan suasana.

Saat melihat hamparan bunga matahari yang luas, kita seperti diingatkan untuk tetap semangat dalam menghadapi tantangan yang ada dalam kehidupan.

2. Pancaran yang Positif dan Kebahagiaan

Warna kuning cerah pada bunga matahari bisa membangkitkan perasaan hangat dan optimis, sekaligus mengingatkan kita pada pancaran cerah dari matahari.

Memandang bunga matahari selama beberapa saat bisa membantu membangkitkan semangat dan membawa keceriaan dalam menjalani hari.

3. Kesetiaan

Tangkai bunga matahari yang kokoh bisa diibaratkan sebagai pengabdian yang tidak tergoyahkan sehingga sering kali digunakan untuk mengekspresikan perasaan pada orang yang spesial.

4. Ketabahan dan Keberanian

Perlu kamu ketahui kalau bunga matahari punya kemampuan unik, yakni mengikuti arah pergerakan matahari dan selalu menghadap ke arah matahari.

Hal ini melambangkan ketabahan dan keberanian seseorang dalam menjalani kehidupan.

Selain itu, bunga matahari juga bisa menjadi pengingat agar kita selalu bersabar dalam menghadapi situasi

Bunga matahari juga mengingatkan kita untuk selalu bersabar dalam menghadapi situasi apapun dan tetap teguh pada pendirian yang kita yakini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Kebersamaan dan Persahabatan

Bunga matahari biasanya tumbuh dalam kelompok besar yang berbentuk seperti lautan bunga.

Ibarat bunga matahari yang tumbuh bersama, kita juga harus belajar untuk membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang di sekitar kita.

Bunga matahari mengingatkan tentang pentingnya kebersamaan untuk mencapai tujuan dan kebahagiaan yang sejati, terutama yang berhubungan dengan persahabatan.

6. Hubungan Spiritual

Dalam beberapa kepercayaan spiritual, bunga matahari diibaratkan seperti Dewa Matahari yang selalu menebarkan cinta kasih dan pencerahan kepada setiap manusia yang mempercayainya.

7. Optimisme

Bunga matahari juga sering kali dianggap sebagai simbol optimisme dan harapan yang mengajarkan kita untuk tetap semangat dalam menjalani masa-masa sulit dan membuat kita percaya kalau akan selalu ada hal baik dalam kehidupan.

8. Inspirasi dan Kreativitas

Bunga matahari banyak dijadikan inspirasi oleh para seniman, penyair, dan penulis dari berbagai negara.

Hal inilah yang membuat bunga matahari tidak hanya indah dalam pandangan mata saja, tapi juga memiliki makna yang istimewa, beberapa di antaranya telah diabadikan dalam bentuk seni dan karya sastra.

9. Keberhasilan dan Prestasi

Bunga matahari juga sering dijadikan sebagai simbol keberhasilan dan prestasi.

Tinggi dan kokohnya bunga matahari mengingatkan kita untuk selalu bercita-cita tinggi dan terus berusaha untuk mengejar impian dengan tekat dan semangat yang kuat.

Bunga matahari juga kerap menjadi simbol keberhasilan dan ketekunan, mereka mengajarkan kita untuk tidak pernah menyerah meskipun ada halangan di setiap perjalanan hidup yang kita jalani.

Itu dia beberapa makna filosofis yang dimiliki oleh bunga matahari.

Melalui penjelasan di atas, kamu tentu bisa menilai kalau bunga matahari tidak hanya bisa dinikmati keindahannya, tapi juga memiliki makna yang mendalam mengenai kehidupan.

Hal inilah yang membuat banyak orang memilih bunga sebagai salah satu alternatif hadiah untuk diberikan kepada orang terkasih di hari yang istimewa.

Kalau mau lebih spesial, kamu bisa membuat rangkaian bunga hasil karyamu sendiri, salah satu referensinya bisa kamu temukan dalam buku Rangkaian Bunga dari Sabun untuk Hadiah.

Buku ini akan menjabarkan langkah-langkah merangkai bunga dari bahan sabun, mulai dari mempersiapkan gambar, alat-alat, dan bahan yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai contoh rangkaian bunga dari bahan sabun yang bisa semakin mempermudah proses pembelajaran kamu.

Meski tidak terbuat dari bunga asli, kreasi bunga dari sabun ini bisa menjadi alternatif hadiah yang tidak hanya unik dan cantik, tapi juga bisa menghemat biaya.

Kalau penasaran dan ingin belajar, buku ini sudah bisa kamu pesan melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com