Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Bunga Matahari bagi Kecantikan dan Kesehatan

Kompas.com - 14/02/2023, 13:00 WIB
Manfaat Bunga Matahari  Sumber Gambar: Pexels.com Manfaat Bunga Matahari 
Rujukan artikel ini:
Daur Hidup Bunga Matahari
Pengarang: Sandu Nurmaya
|
Editor Puteri

Manfaat bunga matahari bisa didapatkan dari berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya, seperti protein, lemak, karbohidrat, dan serat.

Tidak ketinggalan, warna kuning dari bunga matahari sendiri tercipta akibat adanya beragam jenis mineral dan vitamin yang dikandungnya.

Tentunya, sebagian besar dari kita memang sudah tidak asing lagi dengan bunga matahari karena kerap dijadikan camilan, yakni kuaci.

Kuaci merupakan bagian biji bunga matahari yang sangat populer dijadikan camilan karena mempunyai rasa yang lezat.

Apalagi bunga matahari yang tengah mekar akan terlihat sangat cantik dan cerah sehingga bisa dibilang jika bunga matahari adalah salah satu bunga tercantik yang ada di muka Bumi.

Bunga yang mempunyai nama latin Helianthus annuus ini tidak hanya indah secara fisik, tapi juga mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan yang sepertinya belum diketahui oleh banyak orang.

Terdapat beberapa bagian dari bunga matahari yang ternyata bisa dikonsumsi untuk memperoleh manfaatnya, seperti kelopak, kuncup, biji, daun, bahkan hingga akar bunganya.

Namun, nutrisi paling banyak memang terdapat pada bijinya.

Lalu, apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari bunga matahari untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut lima manfaat bunga matahari yang harus kamu tahu.

Manfaat Bunga Matahari

1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit jantung ialah akibat tekanan darah tinggi.

Bunga matahari bisa mengurangi risiko terkena penyakit menakutkan yang satu ini karena kandungan senyawa dalam biji bunga matahari dapat menghadang enzim yang membuat pembuluh darah mengerut.

Oleh karena itu, ini bisa membuat pembuluh darah menjadi rileks yang dapat menurunkan tekanan darah.

Proses ini juga dibantu oleh asupan magnesium dan asam lemak tak jenuh atau linoleat.

2. Menjaga Berat Badan

Kandungan serat dan protein yang ada pada bunga matahari terbukti mampu membantu menurunkan atau menjaga berat badan tetap ideal.

Kedua asupan nutrisi tersebut mampu membuat perut merasa kenyang lebih lama dan meningkatkan proses pencernaan serta gula darah.

Maka dengan mengonsumsi biji bunga matahari, kita bisa menjadikannya menu diet yang tepat untuk membantu menekan nafsu makan yang berlebihan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Namun, patut diingat pula jika konsumsi bunga matahari pun tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan kesemutan, cepat lelah, hingga sesak napas.

3. Meredakan Peradangan

Manfaat biji bunga matahari yang lainnya ialah dapat membantu meredakan peradangan yang sedang diderita.

Dengan menambahkan biji bunga matahari alias kuaci ini sebagai campuran makanan ke dalam semangkuk sereal atau salad bisa menjadi opsi yang tepat.

Kandungan sifat anti-inflamasi yang ada pada flavonoid, vitamin E, dan senyawa lainnya dalam biji bunga matahari mampu membantu mengurangi peradangan.

Jadi, dengan mengonsumsi biji bunga matahari kita bisa mengurangi peradangan yang sedang diderita.

4. Bahan Dasar Kosmetik

Minyak bunga matahari ternyata memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan kulit sehingga sering digunakan sebagai bahan dasar produk kosmetik untuk kecantikan.

Terdapat kandungan asam oleat, vitamin E, asam linoleat, dan sesamol yang mampu menyehatkan kulit.

Selain dapat langsung diaplikasikan pada kulit, minyak bunga matahari juga dapat dijadikan campuran beberapa produk kosmetik, seperti lotion, pembersih wajah, sabun mandi, hingga deodoran.

Minyak bunga matahari berkhasiat untuk meminimalisir iritasi kulit sebagai pelembut.

5. Meningkatkan Metabolisme Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat lainnya dari bunga matahari adalah untuk membantu menjaga imunitas tubuh.

Kandungan vitamin E dan selenium di dalamnya bisa meningkatkan respons metabolisme tubuh dan melindunginya dari berbagai penyakit menular.

Tak hanya itu, kandungan yang terdapat pada bunga matahari juga bisa menjadi antioksidan yang mencegah masuknya radikal bebas.

Kandungan seng juga turut membantu imunitas tubuh menjadi semakin kuat.

Supaya kamu bisa lebih memahami dan mendalami bunga matahari secara lebih menyeluruh, maka buku Daur Hidup Bunga Matahari bisa menjadi sumber bacaan yang tepat.

Selain bentuk fisik dan warnanya yang cantik, ternyata bunga matahari juga mempunyai banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh.

Buku ini dilengkapi dengan fakta-fakta menakjubkan dari bunga matahari, penjelasan mengenai daur hidupnya, serta gambar-gambar dari bunga matahari yang akan membuat siapa saja dapat memahami isi bukunya.

Segera pesan dan order bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com