Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Khasiat Madu yang Ampuh Untuk Kesehatan Tubuh

Kompas.com - 09/01/2023, 14:30 WIB
Khasiat Madu Photo by fancycrave1 on Pixabay Khasiat Madu
Rujukan artikel ini:
Khasiat Madu untuk Kesehatan dan…
Pengarang: Nurheti Yuliarti
|
Editor Rahmad

Kamu pasti sudah tidak asing dengan madu yang sudah terkenal berkhasiat. Terutama khasiat madu bagi kesehatan tubuh jika mengkonsumsinya. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat madu. Simak khasiat mujarabnya berikut ini bagi tubuh.

Khasiat Madu

Berikut ini khasiat madu yang perlu kamu ketahui agar mengkonsumsinya secara rutin karena sangat baik untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Madu mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin yang baik untuk membantu menjaga imunitas tubuh. Madu murni dipercaya dapat meningkatkan produksi sel imun.

Tubuh kamu akan bugar dan terhindar dari berbagai resiko penyakit dengan mengkonsumsi madu secara rutin.

2. Penurunan Berat Badan

Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa mengkonsumsi madu sebelum tidur dapat meningkatkan berat badan.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengkonsumsi madu sebelum tidur untuk menurunkan berat badan. Mengkonsumsi madu sebelum tidur diyakini dapat membakar lemak dengan cepat dan meningkatkan fungsi hati.

Fakta menarik lainnya adalah mengkonsumsi madu sebelum tidur dikatakan dapat menekan keinginan untuk makan. Dengan begitu, tidak merasa lapar di malam hari dan berat badan tetap sama.

3. Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Batuk dan sakit tenggorokan adalah masalah kesehatan umum yang diderita banyak orang. Pola makan yang tidak sehat bisa menjadi salah satu penyebab batuk dan sakit tenggorokan.

Kamu dapat menggunakan madu murni untuk menyembuhkan penyakit pernapasan. Madu murni telah ditunjukkan dalam berbagai penelitian untuk menyembuhkan batuk dan infeksi saluran pernapasan.

4. Meningkatkan Energi

Mengkonsumsi madu sebelum tidur dapat membantu meningkatkan energi tubuh. kamu bisa mendapatkan manfaat ini karena madu mengandung sekitar 80% karbohidrat yang meningkatkan energi.

Konsumsi madu secara rutin sebelum tidur memberi energi ekstra saat bangun di pagi hari. Mengonsumsinya membuat badan terasa jauh lebih segar, sehingga aktivitas berjalan lancar.

5. Membantu Proses Penyembuhan Diabetes

Madu hitam adalah jenis madu yang terkenal dan banyak digunakan, seperti madu murni lainnya, madu hitam memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Meski madu memiliki rasa manis alami, madu hitam terbukti menjadi salah satu obat terbaik untuk diabetes. Madu memiliki kandungan alkaloid yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk pengobatan.

Kemudian, kandungan gula pada madu relatif rendah, sehingga tidak ada resiko gula darah cepat naik. Sekali lagi, manfaat madu harus diimbangi dengan gaya hidup sehat agar penderita diabetes bisa sembuh total.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

6. Pengobatan Penyakit Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Gout terjadi karena kadar uric acid atau asam urat Anda terlalu tinggi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini. Mengkonsumsi madu hitam bisa menjadi cara mengobati asam urat.

7. Mengurangi Gejala Maag

Beberapa orang menderita gangguan saluran cerna, atau yang sering disebut sakit maag. Penyakit ini sering kali menyebabkan nyeri perut yang berkisar dari mual hingga nyeri yang tidak nyaman.

Ada banyak obat untuk penyakit ini. Namun, kamu harus mewaspadai perlakuan kimia berlebihan yang dapat menimbulkan efek samping. Jadi, madu bisa jadi alternatif alami yang lebih aman untuk dikonsumsi sehari-hari sebagai pereda maag.

8. Baik untuk kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang perlu dijaga kesehatannya. Jika fungsi jantung sebagai organ vital tubuh terganggu, hal ini juga mempengaruhi fungsi organ lainnya.

Dengan mengkonsumsi madu hitam secara rutin ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung dengan baik. Selain itu, madu hitam juga dipercaya memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

9. Mengurangi Resiko Kanker

Salah satu penyakit mematikan yang membutuhkan waktu lama untuk diobati adalah kanker. Beberapa penyebab kanker, seperti sering terpapar radikal bebas juga sangat berbahaya. Itulah sebabnya mengkonsumsi madu bisa mengurangi resiko tersebut.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat madu hitam dapat mengurangi risiko kanker. Madu hitam mengandung antioksidan, atau flavonoid, yang dapat mengurangi risiko kanker payudara dan perut.

10. Mencegah Penyakit Alzheimer

Madu memiliki manfaat kesehatan dalam mencegah penyakit Alzheimer yang umum terjadi pada orang tua. Ini adalah kondisi dimana kemampuan berpikir menurun disebut penyakit Alzheimer.

Jenis penyakit seperti ini biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia sekitar 65 tahun ke atas. Makanan atau minuman yang kaya akan flavonoid atau antioksidan diyakini dapat mencegah penyakit Alzheimer.

Buku Khasiat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan (Fc) yang ditulis Nurheti Yuliarti bisa kamu jadikan referensi untuk mengetahui banyak hal tentang manfaat madu. Termasuk khasiatnya yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi rutin.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com