Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Tahu Arti Bunga Mawar Putih Sebelum Menjadikannya Hadiah

Kompas.com - 04/01/2023, 10:00 WIB
Arti Bunga Mawar Putih  Sumber Gambar: Pixabay.com Arti Bunga Mawar Putih 
Rujukan artikel ini:
Balada Burung Penyanyi dan Ular…
Pengarang: Suzanne Collins
|
Editor Puteri

Bunga mawar putih memang terkenal mempunyai bentuk fisik yang cantik dan aroma yang memanjakan indra penciuman, sehingga kerap dijadikan simbol romantisme bagi pasangan atau orang-orang yang kita sayangi.

Aroma bunga mawar putih yang harum juga sering dijadikan bahan baku parfum atau minyak wangi yang sangat dicari dan disukai oleh banyak orang.

Namun, eksistensi bunga mawar putih juga sering kita jumpai di momen-momen sakral, seperti pernikahan atau pemakaman sebagai simbol cinta, kasih, dan kedamaian.

Bunga mawar putih dianggap bisa mewakili kehormatan, penyatuan, keutamaan, dan kesucian cinta.

Akan tetapi, bunga mawar putih juga kerap dihubungkan dengan perlambang kehormatan terakhir untuk sosok terkasih yang sudah tiada.

Namun sejalan dengan perkembangan zaman, bunga mawar putih kini banyak ditanam sebagai tanaman hias yang mempercantik halaman rumah.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bunga mawar juga digunakan sebagai bahan baku kosmetik dan parfum yang memang menjadi aroma favorit, khususnya bagi kaum hawa.

Lalu, apa saja arti dari bunga mawar putih itu sendiri? Simak penuturannya berikut ini.

Arti Bunga Mawar Putih

1. Kesucian Cinta

Bunga mawar putih adalah bunga klasik yang paling banyak kita jumpai di pesta pernikahan yang sering disebut oleh banyak orang sebagai mawar pengantin.

Ini tidak terlepas dari bunga mawar putih yang mempunyai makna sebagai lambang kesucian dan kesetiaan cinta.

Maka untuk merayakan hari dan momen paling berharga tersebut, bunga mawar putih pun dipilih sebagai bunga yang menghiasi pesta pernikahan.

Tidak hanya itu, bunga mawar putih juga dapat dijadikan sebagai hadiah ucapan pernikahan untuk teman sebagai harapan agar mahligai rumah tangga yang dibangun bisa awet dan langgeng.

2. Penghormatan

Tidak hanya bunga anyelir dan krisan, mawar putih juga ternyata sangat umum ditemukan pada acara pemakaman.

Kehadiran bunga mawar putih dalam prosesi pemakaman memberikan makna perasaan duka cita dan penghormatan kepada keluarga yang telah ditinggalkan.

Bunga mawar putih juga dapat menjadi perlambang kenangan, kedamaian, cinta, dan doa baik supaya mereka yang telah meninggal bisa ditempatkan di sisi yang Maha Kuasa.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tanaman cantik yang satu ini memang mewakili kemurnian sebagai cara untuk berbelasungkawa.

3. Memulai Pengalaman Baru

Bunga mawar putih juga kerap dijumpai di momen-momen kelulusan, seperti wisuda yang memang biasanya selalu menghadirkan bunga sebagai ucapan selamat.

Bunga mawar putih dapat dijadikan lambang turut berbahagia atas pencapaian mereka yang baru saja lulus sekolah atau kuliah karena akan memulai petualangan baru dalam kehidupan.

Tidak sama seperti di prosesi pemakaman, bunga mawar putih dalam pesta kelulusan bisa menjadi harapan dan energi positif.

Membawa bunga mawar putih dalam pesta kelulusan merupakan cara yang tepat untuk menunjukkan perasaan gembira atas pencapaian orang terdekat kita.

4. Kesehatan

Ketika mendapati orang terdekat kita jatuh sakit dan harus dirawat di rumah sakit, selain buah-buahan, hantaran yang dapat kita berikan adalah bunga mawar putih.

Dengan memberikan bunga mawar putih bagi kerabat yang tengah sakit memberikan harapan agar mereka bisa lekas pulih dan mendapatkan kesehatan yang jauh lebih baik.

Warna putih pada bunga menandakan kesucian yang bisa membawa aura positif bagi orang yang sakit.

Diharapkan dengan memberikan bunga mawar putih pada orang yang sakit, penyakit mereka bisa segera sembuh dan pulih kembali.

Itulah beberapa arti dari bunga mawar putih yang mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk dijadikan hadiah bagi orang-orang terdekat sesuai dengan momen dan kondisinya.

Bagi penggemar The Hunger Games tentunya sudah tidak asing lagi dengan sosok Presiden Snow yang memang sangat menyukai bunga mawar putih.

Kabar baiknya adalah buku prekuel dari The Hunger Games, The Ballad of Songbirds and Snakes, yang menceritakan latar belakang kehidupan Presiden Snow kini sudah terbit di Indonesia.

Menceritakan tentang kehidupan Presiden Snow yang masih belia, di mana ia harus bertahan hidup di Capitol dengan kondisi ekonomi yang cukup memprihatinkan bersama nenek dan sepupunya.

Beragam lika-liku kehidupan harus Snow lalui, salah satunya ialah saat menjadi mentor dalam ajang The Hunger Games yang mempertemukannya dengan seorang gadis yang mampu mencuri hatinya.

Daripada penasaran dengan kelanjutan kisahnya, langsung order saja bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com