Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenang Masa Lalu Jakarta Lewat Buku Jendela Batavia

Kompas.com - 02/09/2023, 09:00 WIB
Jendela Batavia  Sumber Gambar: Dok. Bhuana Ilmu Populer Jendela Batavia 
Rujukan artikel ini:
Nederland Indie - Jendela Batavia
Pengarang: Ridwan Sutardio
|
Editor Ratih Widiastuty

Sejarah Kota Batavia

Di balik megahnya Jakarta sebagai kota metropolitan, ternyata Ibu Kota Indonesia ini memiliki banyak tempat bersejarah yang masih bisa dijejaki hingga saat ini.

Ya, dulu bernama Batavia, Jakarta memang dikenal sebagai pusat perindustrian di masa lalu.

Maka tak heran, hingga kini banyak peninggalan sejarah yang masih bisa kamu temukan di Jakarta.

Nah, bagi kamu yang ingin mengenang masa lalu Jakarta, bisa kamu temukan dalam buku Jendela Batavia karya Alm. Ridwan Sutardio.

Jendela Batavia, buku terbitan Penerbit Bhuana Ilmu Populer yang mengisahkan berbagai kejadian dari berbagai rentang waktu di Batavia.

Kejadian-kejadian yang berbentuk pembangunan satu wilayah, aktivitas yang dilakukan penduduk maupun pemerintahan, dan sebagainya.

Tujuan adanya buku ini adalah untuk membagikan informasi, berupa pendidikan sejarah untuk memperkaya khazanah pengetahuan kepada generasi yang hidup di masa kini.

Selain itu, buku ini mengandung banyak pengetahuan sejarah kota Jakarta di masa lalu yang juga dilengkapi gambar-gambar kejadian dari berbagai waktu di Batavia dan disertai penjelasan yang lengkap.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bukan hanya sebagai media untuk mengenang sejarah Batavia, tetapi buku ini menjadi karya terakhir dari mendiang penulis.

Sinopsis Jendela Batavia

Jendela Batavia merupakan penelahan dari berbagai kejadian maupun aspek kehidupan, baik pemerintahan maupun masyarakatnya yang terjadi di Batavia pada masa penjajahan kolonial Belanda yang menguasai wilayah ini (Nederland Indie).

Penulis menuliskan informasi atas ke­jadian-kejadian maupun aktivitas yang ter­jadi pada masa itu tidak secara berurutan berdasarkan waktu, melainkan secara acak.

Kejadian-kejadian yang disampaikan, di­ser­tai pula dengan gambar-gambar dan foto-foto, agar menjadi lebih informatif.

Melalui buku ini, semoga segala informasi pendidikan sejarah yang dibagikan dapat memperkaya khasanah pengetahuan tentang sejarah kota Jakarta pada masa yang silam kepada generasi yang ada di masa kini.

Penasaran dengan masa lalu Jakarta?

Baca selengkapnya sejarah Jakarta dalam Ebook Jendela Batavia di aplikasi Gramedia Digital dan dapatkan diskon untuk berbagai e-book pilihan yang bisa kamu gunakan selama periode promo masih berlaku.

Selamat membaca!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com