Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah yang Sehat

Kompas.com - 24/08/2023, 16:00 WIB
 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Sumber Gambar: Freepik.com Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah
Rujukan artikel ini:
The Natural Beauty Solution
Pengarang: Ade Aprilia
|
Editor Puteri

Banyak wanita yang menginginkan kulit wajah yang cantik dan sehat setiap saat.

Namun, tidak semua produk kecantikan aman dan efektif untuk digunakan.

Oleh karena itu, kita juga perlu mencari alternatif dari alam yang lebih aman dan terbukti sangat membantu dan lebih efektif.

Salah satu bahan alami yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit wajah adalah jeruk nipis.

Buah yang satu ini dipercaya dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas karena kandungan antioksidan serta vitamin di dalamnya.

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai manfaat jeruk nipis yang baik untuk kesehatan kulit, cara penggunaannya, serta tips praktis untuk memanfaatkan jeruk untuk perawatan kecantikan serta mengatasi masalah kulit.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

1. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan.

Antioksidan tersebut dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sedangkan vitamin C yang ada di jeruk nipis dapat membantu merangsang produksi kolagen pada kulit.

Dari dua kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan kulit, terutama dalam menjaga kecerahan dan kelembaban pada wajah.

Selain itu, jeruk nipis juga kaya akan asam sitrat yang berfungsi untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit, serta membantu meratakan warna kulit yang tidak merata.

Dengan mengatur pemakaian jeruk nipis secara teratur, maka kita dapat memperoleh kulit wajah yang lebih segar, cerah, dan sehat tanpa bekas jerawat ataupun noda hitam.

2. Dapat Mengatasi Jerawat dan Mencerahkan Kulit

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

Hal ini membuat jeruk nipis menjadi bahan alami yang efektif untuk mengatasi jerawat.

Selain itu, kandungan vitamin C pada jeruk nipis juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit wajah secara alami.

Cara Menggunakan Jeruk Nipis untuk Kecantikan Wajah

Jeruk nipis dikenal bukan hanya sebagai bahan masakan biasa, namun juga memiliki kebaikan luar biasa bagi kesehatan kulit wajah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu dapat merasakan manfaatnya dengan membuat masker wajah dari jeruk nipis yang dapat membantu mencerahkan warna kulit, mengecilkan garis halus, serta meningkatkan tekstur kulit yang tampak lebih sehat dan bercahaya.

Langkah awal membuat masker jeruk ini adalah dengan memeras jeruk nipis segar dan campurkan dengan bahan alami seperti madu atau putih telur.

Setelah bahan-bahan tercampur secara merata, oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dengan lembut.

Setelah dioleskan, biarkan campuran masker wajah tersebut selama kurang lebih 10-15 menit supaya nutrisi dari jeruk nipis dan bahan alami yang terkandung dapat meresap secara maksimal ke dalam kulit wajah.

Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.

Kemudian, cara lain untuk merawat kulit menggunakan jeruk nipis adalah dengan memotong jeruk nipis menjadi iris-iris dan mengoleskannya pada area yang terdapat jerawat dan bekasnya.

Tetapkan dalam waktu selama kurang lebih 10-15 menit sebelum membersihkannya dengan menggunakkan air bersih.

Dalam proses ini, jeruk nipis akan membantu memberikan perawatan pada kulit dan membantu mengurangi bekas jerawat dengan efektif.

Untuk hasil yang lebih baik, lakukan perawatan ini secara rutin satu atau dua kali dalam seminggu.

Pastikan juga untuk menggunakan bahan-bahan alami yang berkualitas agar kulit wajah anda bisa tetap sehat dan terawat secara optimal.

Nah, itu dia ulasan mengenai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan wajah yang harus kamu ketahui.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan jeruk nipis harus dilakukan dengan hati-hati karena kandungan asam yang terdapat di dalam jeruk nipis dapat merusak lapisan pelindung kulit.

Gunakan jeruk nipis sebagai bahan tambahan dalam masker atau campuran alami lainnya dan jangan biarkan terlalu lama di kulit.

Kamu bisa membaca buku The Natural Beauty Solution yang ditulis oleh Ade Aprilia untuk menambah referensi kamu mengenai perawatan kecantikan kulit dengan bahan-bahan yang alami.

Buku ini akan memberikan beberapa alternatif bahan-bahan alami apa saja yang dapat digunakan untuk perawatan kecantikan daripada menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan kimia.

Dalam bukunya, penulis memberikan 75 tips dan resep yang dapat diikuti para pembaca untuk perawatan kulit dan juga rambut menggunakan bahan-bahan yang sudah tersedia di rumah sehingga tidak butuh waktu lama untuk menyiapkannya.

Untuk membaca isi lengkapnya kamu bisa membeli buku The Natural Beauty Solution di Gramedia.com atau membaca buku digitalnya melalui Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com