Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Bacaan Dzikir Penenang Hati Lengkap dengan Penjelasannya

Kompas.com - 24/06/2023, 09:00 WIB
Dzikir Penenang Hati Sumber Gambar: Freepik.com Dzikir Penenang Hati
Rujukan artikel ini:
Panduan Praktis Doa & Dzikir…
Pengarang: Aba Mehmed Agha
|
Editor Ratih Widiastuty

Setiap manusia pasti memiliki banyak masalah di hidupnya, entah itu masalah pekerjaan, sekolah, keluarga, dan lain sebagainya.

Ketika masalah-masalah tersebut datang bertubi-tubi pasti suasana hati juga ikut murung dan galau, namun semua itu wajar dialami oleh manusia karena dalam hidup Allah pasti memberikan cobaan kepada hambanya.

Nah, ketika hati sedang diselimuti dengan beragam masalah, salah satu obat yang diajarkan Nabi Muhammad SAW adalah berdzikir kepada Allah SWT.

Nabi Muhammad selalu mengajarkan kepada umatnya untuk berserah diri kepada Allah SWT karena jika kamu berserah diri semua masalah akan dihilangkan.

Sesungguhnya Allah yang memberikan cobaan kepada umatnya, dan Allah juga yang akan mengangkat semua permasalahan yang ada.

Apa Itu Dzikir?

Dzikir adalah mengingat Allah dengan menyebut nama-nama-Nya atau membaca kalimat-kalimat yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dzikir merupakan salah satu ibadah yang sangat penting dalam Islam karena dapat membantu kita untuk selalu mengingat Allah dan menguatkan iman kita.

Pentingnya dzikir dalam agama Islam bisa terlihat dari banyaknya ayat-ayat dalam Al-Quran dan hadis-hadis yang menganjurkan umat Islam untuk berdzikir.

Dzikir dapat membantu kita membangun kedekatan dengan Allah karena saat kita berdzikir kita akan merasa lebih dekat dengan-Nya.

Dengan selalu mengingat Allah dalam setiap aktivitas yang kita lakukan, kita akan merasa lebih tenang dan percaya diri dalam menghadapi segala macam ujian hidup.

Contoh pasti dari bagaimana dzikir dapat membantu kita membangun kedekatan dengan Allah adalah ketika kita sedang mengalami kesulitan atau kegagalan, kita bisa melakukan dzikir untuk meminta pertolongan dan kekuatan dari Allah.

Dzikir juga dianggap sebagai salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan rahmat-Nya, serta sebagai penenang hati dan pikiran kita.

Selain itu, dzikir juga dapat membantu kita untuk lebih sabar dalam menghadapi ujian hidup dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah.

Adapun cara untuk mengamalkan dzikir dalam kehidupan sehari-hari sangatlah mudah, yaitu ketika sedang berjalan, bekerja, atau bahkan saat sedang menunggu di tempat umum.

Dzikir Penenang Hati

Ada banyak jenis dzikir yang dianjurkan dalam Islam, seperti dzikir pagi dan petang, dzikir sebelum tidur, dan lain-lain.

Setiap jenis dzikir memiliki keutamaan dan manfaat tersendiri bagi yang melakukannya.

Dzikir pagi dan petang misalnya, dapat membantu kita untuk memulai hari dengan penuh semangat dan mendapatkan perlindungan dari Allah serta diangkatnya prasangka-prasangka gelisah.

Sedangkan dzikir sebelum tidur dapat membantu kita untuk merelaksasi pikiran dan mendapatkan tidur yang nyenyak dan dihindarkan dari mimpi buruk yang membuat hati menjadi gelisah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Berikut ini kami akan membagikan beberapa dzikir sebagai penenang hati beserta artinya.

1. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, ingatlah (menyebut nama Allah), ingatlah sebanyak-banyaknya. Dan memuliakan Dia pagi dan petang. (QS. Al-Ahzab:42).

2. حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ, وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Artinya: Cukuplah Allah menjadi tempat kita sendiri bagi kita, sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

3. لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَۚ

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Engkaulah, Maha Suci, aku adalah bagian dari orang-orang yang zalim. (QS. Al Anbiya:87).

4. وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesedihan dan kesusahan, dari kelemahan dan kemalasan, dari rasa takut dan kesusahan, dari mengatasi hutang dan menguasai orang lain. (HR Abu Dawud No.1330).

Nah, itulah ulasan mengenai keutamaan dzikir dan beberapa bacaan dzikir sebagai penenang hati yang gelisah.

Dzikir merupakan salah satu ibadah yang sangat penting dalam Islam karena dapat membantu kita untuk selalu mengingat Allah dan menguatkan iman kita.

Dzikir juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, terutama sebagai penenang hati.

Mari kita sama-sama untuk selalu mengingatkan agar tetap mengingat Allah SWT agar hidup ini terasa tentram dan damai.

Kamu juga bisa membaca buku Panduan Praktis Doa dan Zikir - Penenang Hati, Penyejuk Jiwa yang ditulis oleh Aba Mehmed Agha.

Buku ini menyajikan semua doa yang bisa kita panjatkan saat menghadapi persoalan hidup.

Selain itu, dalam buku ini juga memberikan penjelasan tentang doa dan zikir, serta rahasia bagaimana agar doa kita terkabul.

Insya Allah kita paham betul arti doa dan dzikir, bagaimana cara mengabulkan doa dan bagaimana doa yang benar.

Dapatkan segera buku Panduan Praktis Doa dan Zikir - Penenang Hati, Penyejuk Jiwa hanya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com