Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Kesepian Dalam Islam Bersama Allah SWT

Kompas.com - 27/03/2023, 09:30 WIB
cara mengatasi kesepian dalam islam Photo by Pavel Danilyuk on Pexels cara mengatasi kesepian dalam islam
Rujukan artikel ini:
Tuhan Maha Menghibur, Maha Menghapus…
Pengarang: Arum Faiza
|
Editor Rahmad

Apakah kamu merasa kesepian dalam hidupmu? Prakteknya, ada cara mengatasi kesepian dalam Islam.

Dalam pandangan Islam, rasa kesepian diartikan sebagai ketidakmampuan seseorang untuk merasakan kehadiran Allah SWT dan rasa kebersamaan dengan-Nya.

Rasa kesepian juga dapat terjadi ketika seseorang merasa terpisah dari masyarakat atau tidak memiliki hubungan yang kuat dengan orang lain.

Namun, dalam Islam, kesepian juga bisa diartikan sebagai waktu untuk berkomunikasi dengan Allah SWT dan merenungkan kehadiran-Nya dalam hidup kita.

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman bahwa Dia selalu dekat dengan hamba-Nya yang berdoa dan berzikir kepada-Nya.

Oleh karena itu, rasa kesepian dapat diatasi dengan menjalin hubungan yang baik dengan Allah SWT melalui ibadah.

Seperti shalat, membaca Al-Qur'an, dan berdoa.

Selain itu, Islam juga mendorong umatnya untuk saling menolong dan membantu satu sama lain dalam mengatasi kesepian dan masalah lainnya.

Cara Mengatasi Kesepian dalam Islam

Dalam Islam, kesepian juga dapat menjadi ujian bagi seseorang untuk meningkatkan keimanan dan keteguhan hati dalam menghadapi kesulitan hidup.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an bahwa Dia tidak akan memberikan cobaan yang melebihi batas kemampuan manusia untuk menghadapinya.

Dengan demikian, dalam pandangan Islam, rasa kesepian dapat diatasi dengan mempererat hubungan dengan Allah SWT dan memperbanyak amalan baik, serta dengan saling membantu dan mendukung satu sama lain dalam mengatasi masalah kehidupan.

Lali, bagaimana cara mengatasi kesepian dalam Islam bersama Allah SWT berdasarkan Al-Quran dan Hadist?

Menghadapinya dengan memperkuat hubungan dengan Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kesepian dalam Islam bersama Allah SWT berdasarkan Al-Quran dan Hadist:

1. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT dengan Beribadah

Menjalin hubungan yang kuat dengan Allah SWT melalui beribadah seperti shalat, membaca Al-Quran, zikir, dan doa. Hal ini dapat membantu kita merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan merasakan kehadiran-Nya dengan mendekatkan diri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

"Allahumma inni a'udzu bika min al-hammi wal-huzni, wa a'udzu bika min al-'ajzi wal-kasali, wa a'udzu bika min al-jubni wal-bukhli, wa a'udzu bika min ghalabatid-daini wa qahrir-rijaal." (Muslim)

2. Bergaul dengan Orang-orang yang Baik

Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang baik dan beriman dapat membantu mengurangi rasa kesepian dan memperkuat iman kita.

"Dan janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi jika kamu orang-orang yang beriman." (QS. Ali Imran: 139)

3. Berbuat Kebajikan dan Bersedekah

Membantu orang lain dan berbuat kebajikan dapat memberikan rasa kebahagiaan dan memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT.

Cara ini sebenarnya dipraktekkan juga secara sosial berkomunikasi dengan orang lain. Jadi, mulailah dengan orang terdekat.

"Allah tidak akan mengurangi rizki karena sedekah yang kamu berikan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Baqarah: 271)

4. Memohon Perlindungan dan Pertolongan Allah SWT

Memohon perlindungan dan pertolongan Allah SWT dalam doa dapat membantu mengatasi kesepian dan menguatkan iman kita.

Ini adalah cara meyakini diri bahwa kamu tidak sendirian, termasuk dalam terpuruk sekalipun dengan mengadu pada Allah SWT.

"Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina-dina." (QS. Ghafir: 60)

5. Meningkatkan Rasa Syukur Kepada Allah SWT

Meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan dapat membantu kita merasa lebih bahagia dan mengurangi rasa kesepian.

"Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim: 7)

Dengan cara-cara di atas, kita dapat mengatasi kesepian dalam Islam bersama Allah SWT. Dalam setiap langkah kita, hendaknya selalu mengingat bahwa Allah SWT selalu bersama kita dan siap memberikan pertolongan kepada hambaNya yang beriman dan bertakwa.

Kata-kata sedih Islami yang menggambarkan kesepian akan terus berhubungan dengan Allah SWT.

Hal ini karena saat kamu sedang benar-benar sendirian, namun Allah ada bersamamu.

Buku Tuhan Maha Menghibur, Maha Menghapus Kesedihan yang ditulis Arum Faiza bisa kamu jadikan referensi mengetahui cara mengatasi kesepian dalam Islam bersama Allah SWT. Buku ini membantu kita memahami cobaan dan menghadapi masalah dari Allah.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com