Trik Psikologi Membaca Pikiran Seseorang 

Kompas.com - 24/11/2022, 18:00 WIB
Trik Psikologi Membaca Pikiran Sumber Gambar: Freepik.com Trik Psikologi Membaca Pikiran
Rujukan artikel ini:
2 Menit Membaca Pikiran Orang
Pengarang: Bayu W.A
|
Editor Ratih Widiastuty

Membaca pikiran orang lain tentu akan sangat berguna terutama saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicara.

Komunikasi merupakan kunci utama dalam melakukan interaksi antar sesama manusia.

Dengan adanya proses komunikasi inilah, manusia bisa hidup harmonis karena dapat memahami satu sama lain.

Namun, tidak jarang proses komunikasi tidak berjalan baik lantaran kesulitan dalam memahami pesan yang hendak disampaikan.

Maka jika komunikasi ingin berjalan lancar dan pesan yang hendak disampaikan tercapai maksudnya, diperlukan keahlian dalam memahami dan membaca pikiran orang lain.

Ketika bisa membaca pikiran seseorang akan ada banyak keuntungan yang diperoleh, seperti bisa mengenal orang lain jadi lebih dekat, dapat memahami jalan pikiran dan kepribadian orang tersebut, hingga kamu juga bisa bertindak atau memposisikan diri seperti apa.

Banyak sekali orang ingin tahu dan mempelajari cara membaca pikiran seseorang karena keuntungan yang didapat tersebut.

Sampai banyak yang beranggapan untuk bisa memahami pikiran orang lain diperlukan kekuatan super agar bisa melakukannya.

Padahal tidak demikian.

Beberapa individu bisa dengan mudahnya membaca pikiran orang lain, tetapi itu bukan lantaran dia memiliki kekuatan.

Jika ingin memiliki keahlian atau kemampuan membaca pikiran orang lain bisa dipelajari dengan memahami ilmu psikologi.

Terdapat tiga teknik yang dapat dilakukan dalam membaca pikiran orang lain, yakni memahami isyarat bahasa tubuh, mendengarkan intuisi, dan merasakan energi emosional.

Mengingat pentingnya memahami lawan bicara kamu, berikut adalah trik psikologi membaca pikiran seseorang yang bersumber dari psychologytoday.com.

Trik Psikologi Membaca Pikiran

1. Memperhatikan Gerakan Fisik

Trik psikologi untuk tahu isi pikiran seseorang di hadapan kamu adalah dengan memperhatikan setiap gerak-gerik tubuh atau fisiknya.

Secara sadar atau tidak ketika sedang berbicara orang cenderung memberikan sinyal tertentu dengan memiliki maksud, seperti:

  • Menyilangkan lengan dan kaki, gerakan ini memiliki arti untuk menunjukan sikap defensif, kemarahan, atau perlindungan diri.
  • Menggigit bibir atau kuku, pertanda sedang menenangkan diri di bawah tekanan atau dalam situasi yang canggung saat sedang bicara.
  • Jarak dan posisi berdiri, perhatikan ketika orang sedang berdiri, secara umum jika orang lain merasa nyaman dengan kamu saat berkomunikasi ketika berdiri maka posisi berdirinya akan condong ke arahmu dengan jarak cukup dekat, begitu pula sebaliknya.

2. Perhatikan Empati Intuisi

Tanpa kamu sadari terkadang juga bisa membaca pikiran orang lain padahal belum mengetahui trik psikologi ini.

Hal ini lantaran di dalam diri manusia memiliki bentuk empati yang kuat untuk memahami orang lain, hanya saja tiap-tiap orang berbeda ada yang sudah biasa dilatih dan ada yang belum.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Untuk dapat membiasakan diri membaca pikiran seseorang mulailah melatih kemampuan intuisi atau kemampuan untuk memahami bisikan hati tanpa dipikirkan.

Ketika kamu sedang berkomunikasi dengan orang lain, perhatikan tanda-tanda atau bisikan suara hati yang ada pada dirimu.

Firasat yang kamu miliki bisa muncul dengan cepat dan menjadi respon pertama saat berkomunikasi dengan orang lain.

3. Cobalah Membaca Energi Emosi

Emosi merupakan bentuk ekspresi dari energi di dalam tubuh yang akan terpancar ke luar, sebenarnya hampir sama dengan intuisi.

Mungkin pernah mengalami secara sadar atau tidak, ketika berada dekat seseorang kamu akan merasa senang dan nyaman didekatnya.

Atau beda lagi, terkadang jika bertemu dengan orang lain kamu cenderung merasa lemas seolah semangatmu terkuras dan ingin cepat-cepat mengakhiri pertemuan.

Inilah yang disebut sebagai energi yang dipancarkan di dalam diri, berupa respon atau sinyal yang diberikan.

Trik psikologi membaca pikiran, kamu juga bisa membuat strategi untuk memahami energi emosi dengan melakukan beberapa langkah ini, merasakan kehadiran orang yang menjadi lawan bicaramu dan perhatikan tatapan matanya.

Kamu juga dapat merasakan sentuhan fisik lewat jabat tangan, pelukan, atau sentuhan-sentuhan kecil.

Membaca pikiran seseorang lewat energi emosi bisa dilakukan dengan mendengarkan nada suara saat berbicara atau bagaimana cara mereka tertawa.

Agar dapat memahami apa yang ada di benak seseorang memang tidak bisa instan untuk dilakukan, intinya adalah sering berlatih membiasakan diri menggunakan trik psikologi membaca pikiran orang lain.

Bagi kamu yang memang ingin serius dapat membaca pikiran orang lain agar bisa bermanfaat di kemudian hari, kamu dapat mempelajarinya dari buku 2 Menit Membaca Pikiran Orang yang ditulis oleh Bayu W.A.

Buku ini mencoba menyampaikan bahwa ternyata pesan yang disampaikan oleh bahasa nonverbal justru juga dapat mengisyaratkan makna atau maksud sebenarnya dari pembicaraan.

Maka untuk membaca pikiran seseorang tentunya diawali dengan kemampuan untuk berempati atau meresapi diri dalam posisi seperti lawan bicara.

Nah, tertarik untuk memulai membaca pikiran orang lain.

Kamu bisa mencari tahunya di buku ini dengan cara memesan langsung di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.