Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Cara Aktivasi Windows 10 Berikut Ini

Kompas.com - 19/06/2023, 12:00 WIB
 Cara Aktivasi Windows 10 Sumber Gambar: Freepik.com Cara Aktivasi Windows 10
Rujukan artikel ini:
MS Windows 10 dan MS…
Pengarang: Jubilee Enterprise
Penulis Krisna
|
Editor Ratih Widiastuty

Sistem Operasi atau operating system adalah hal yang mendasar yang menjadi kebutuhan setiap komputer untuk menjalankan perangkat keras pada komputer tersebut.

Saat ini sistem operasi berkembang di setiap tahunnya mengikuti tren dari aktivitas penggunanya sehingga terus dilakukan pembaruan agar selalu sesuai dengan tipe pengguna dan juga tipe kegiatan yang dilakukan oleh pengguna.

Banyak sekali sistem operasi yang dapat menjadi pilihan para pengguna mengikuti kebutuhan yang diperlukan, namun kini yang paling banyak digunakan adalah sistem operasi Windows, IOS, dan Linux.

Sistem operasi Windows yang paling banyak digunakan saat ini adalah Windows 10 dan Windows 1 karena sifatnya yang cocok dengan berbagai hardware.

Oleh karena itu, banyak pengembang aplikasi yang membuat banyak sekali aplikasi yang bisa dijalankan di sistem operasi Windows, dan sering kali aplikasi itu tidak bisa dijalankan di sistem operasi lain sehingga membuat pengguna semakin ketergantungan dengan sistem operasi Windows.

Windows sendiri merupakan sistem operasi closed source yang artinya tidak semua orang dapat memiliki akses penuh dan bisa mengembangkannya, tentunya ciri khas dari sifatnya closed source yaitu berbayar sehingga memerlukan aktivasi untuk bisa mendapatkan akses penuh.

Cara Aktivasi Windows 10

Dari website resmi Microsoft ada dua cara untuk melakukan aktivasi yaitu:

1. Melalui Lisensi Digital

Aktivasi melalui lisensi digital adalah saat pertama melakukan instalasi Windows.

Kamu tidak perlu memasukan kode produk terlebih dahulu karena jika melalui lisensi digital maka aktivasi Windows dilakukan ketika kamu login akun Microsoft kamu.

Untuk mengaktivasi setelah login akun Microsoft, kamu bisa buka setting lalu masuk ke menu pembaruan dan keamanan lalu konfirmasi bahwa kamu telah mempunyai lisensi digital.

Apakah lisensi hilang ketika melakukan update atau instal ulang? Dalam kasus ini karena lisensi melalui akun Microsoft maka ketika instal ulang kamu tidak perlu lagi membeli lisensi karena cukup dengan login kembali lalu konfirmasi kembali seperti cara yang sudah disebutkan.

Lisensi digital pada Windows 10 hanya berlaku untuk Windows 10 dengan versi 1511.

2. Melalui Product Key

Selain melalui lisensi digital, aktivasi Microsoft juga dapat dilakukan dengan product key atau kode produk yang berisi 25 karakter kode.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika pembelian kode lisensi ketika Windows belum terinstal, maka ketika proses instalasi kamu dapat memasukan kode produk tersebut sehingga ketika selesai proses instalasi maka Windows kamu sudah berlisensi.

Sementara itu untuk pembelian lisensi ketika Windows sudah terinstal maka kamu cukup membuka menu setting lalu pilih menu pembaruan dan keamanan, pilih aktivasi di mana terdapat menu perbarui kunci produk yaitu tempat kamu memasukkan kode produk yang sudah kamu punya.

Ketika kamu melakukan instal ulang pada Windows 10 kamu, maka lakukan cara yang sama untuk mengaktivasi kembali sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika terjadi sesuatu dengan komputer kamu yang mengharuskan kamu melakukan instal ulang.

Untuk pembelian lisensi Windows sendiri dapat langsung kita akses di menu setting, lalu pilih pembaruan dan keamanan, pilih aktivasi dan masuk ke bursa yang nantinya akan mengarahkan kamu ke tempat pembelian lisensi resmi dari Microsoft.

Kelebihan dari Windows yang berlisensi yaitu kamu dapat berpindah perangkat tanpa harus membeli lagi lisensi ketika kamu mengalami hal yang tidak diinginkan yang mengharuskan kamu untuk berganti perangkat.

Selain itu Windows berlisensi dapat melindungi dari perbaikan sistem operasi yang biasanya membutuhkan waktu lama dan juga biaya.

Personalisasi komputer kamu juga akan dibuat lebih advanced sehingga tampilan Windows dapat dibuat senyaman mungkin, selain itu juga Windows berlisensi memiliki dukungan penuh dari customer support dari Microsoft.

Untuk penggunaan yang lebih efektif dan efisien kamu bisa mempelajari dulu penggunaan dari sistem operasi Windows 10 seperti melakukan troubleshoot, mengatasi sebuah isu hardware seperti disk yang berjalan 100% sehingga menjadikan komputer lambat.

Dalam buku MS Windows 10 dan MS Office untuk Pemula yang ditulis oleh Jubilee Enterprise akan membahas serba-serbi Windows 10 bagi pemula yang juga dilengkapi dengan sejumlah video tutorial agar dapat mengikuti langkah-langkah secara visual.

Buku ini akan sangat membantu bagi para pemula agar bisa menggunakan peranti lunak tanpa merasa kesulitan karena dalam buku ini sudah mencakup Ms Windows 10, Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point.

Selain buku MS Windows 10 dan MS Office untuk Pemula kamu juga dapat membaca buku 100 Tips & Trik Windows 10.

Dalam buku ini akan mengupas tuntas 100 tips dan trik menggunakan Windows 10 yang dapat dipraktikkan oleh siapapun.

Pembahasan dalam buku ini meliputi tips dan trik seputar dekstop dan sistem pada Windows 10, penggunaan File Explorer, penggunaan MS Office dan masih banyak lainnya yang diharapkan dapat membantu pemula agar bisa lancar menggunakan Windows 10 untuk pekerjaan atau tugas.

Dapatkan kedua buku di atas hanya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com