Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Pengertian Surat Izin Sekolah, Tujuan, dan Format Penulisannya

Kompas.com - 06/06/2023, 15:30 WIB
pengertian surat izin sekolah sumber: pixabay.com/OpenClipart-Vectors pengertian surat izin sekolah
Rujukan artikel ini:
Draft Surat Kontrak Segala Urusan
Pengarang: Abadi Sulaiman
|
Editor Rahmad

Apakah kamu sudah pernah membuat surat izin sekolah?

Bagi seorang siswa, sudah menjadi suatu kewajiban untuk selalu datang dan mengikuti proses belajar mengajar di sekolah. Jadwalnya juga telah diatur dalam kalender pendidikan.

Akan tetapi, karena suatu alasan tertentu, seorang siswa bisa saja harus absen dari kegiatan belajar di sekolah. Nah, di situlah peranan surat izin sekolah dibutuhkan.

Surat izin sekolah biasanya dibuat oleh orang tua. Biasanya, surat izin sekolah ini diberikan ke sekolah saat anak sedang sakit, sehingga tidak bisa datang ke sekolah.

Bagi yang sudah pernah membuat surat izin sekolah, tentunya sudah memahami cara membuatnya. Namun, buat yang belum pernah, pasti merasa kesulitan.

Tidak perlu khawatir, karena sekarang kita sudah bisa dengan mudah mencari referensi contoh surat izin sekolah. Lantas, apa sebetulnya arti dari surat izin sekolah? Berikut penjelasannya.

Pengertian Surat Izin Sekolah

Surat izin sekolah adalah surat resmi dari siswa, orang tua, atau wali untuk meminta izin kepada pihak guru dan juga sekolah atas ketidakhadirannya di sekolah karena suatu alasan tertentu.

Surat izin sekolah ini ditulis dan juga dibuat oleh perseorangan, tetapi digunakan untuk tujuan yang resmi, yaitu meminta izin.

Surat izin sekolah sendiri tidak selamanya ditulis dan ditandatangani oleh siswa yang bersangkutan.

Terdapat banyak siswa yang lebih memilih untuk meminta bantuan dari orang tua ataupun wali mereka untuk menulis serta menandatangani surat izin sekolah tersebut.

Hal ini juga memang jauh lebih baik, sebab jia ditulis oleh orang tua atau wali, maka bisa lebih meyakinkan pihak sekolah dan siswa tidak akan dicurigai.

Contoh surat izin sekolah karena alasan sakit, kamu bisa melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Hal tersebut bertujuan untuk lebih meyakinkan pihak sekolah mengenai kondisi dari siswa tersebut yang memang pada kenyataannya sedang sakit.

Tujuan Surat Izin Sekolah

Surat izin sekolah bertujuan untuk bisa memberitahukan kepada pihak sekolah bahwa terdapat siswa mereka yang tidak bisa mengikuti aktivitas di sekolahnya pada hari itu atau untuk beberapa hari ke depan.

Misalnya saja, karena alasan sakit, jadi harus beristirahat selama beberapa hari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Format Surat Izin Sekolah

Sebetulnya tidak ada format khusus untuk penulisan surat izin sekolah, tetapi ada beberapa hal yang harus kamu cantumkan.

Berikut ini format contoh surat izin sekolah yang bisa kamu jadikan referensi:

  • Nama kota dan tanda tangan

Tulislah nama kota di mana surat tersebut kamu terbitkan. Jangan lupa juga untuk menuliskan tanggal surat tersebut dibuat.

  • Perihal

Pada bagian ini, kamu bisa membuat perihalnya sebagai permohonan izin sekolah.

  • Lampiran

Lampiran bisa kamu isi bisa juga tidak. Jika kamu membuat surat izin sakit, maka kamu bisa mengisi lampiran tersebut dengan menambahkan surat keterangan sakit dari dokter.

  • Tujuan surat

Tujuan surat adalah pihak yang kamu tuju untuk surat tersebut. Misalnya saja guru wali kelas.

  • Salam pembukan

Ini menjadi bagian yang tidak boleh kamu lewatkan sebelum kamu masuk ke inti surat. Bagian ini juga bisa kamu isi dengan diawali kata “Dengan hormat”.

  • Isi surat

Ini adalah bagian terpenting. Pada bagian ini, kamu bisa menjelaskan secara rinci nama siswa yang bersangkutan, alasan dari ketidak hadirannya di sekolah, serta beberapa informasi lainnya yang berkaitan.

  • Salam penutup

Bagian ini adalah ucapan terima kasih serta harapan supaya dimaklumi atau diizinkan oleh pihak sekolah.

  • Nama dan tanda tangan

Bagian ini diisi dengan nama dan tanda tangan dari orang tua atau wali dari siswa yang bersangkutan.

Gimana, sekarang sudah lebih paham bukan tentang surat izin sekolah? Untuk contoh surat izin sekolah juga bisa kamu temukan di internet dengan referensi yang beragam.

Jika kamu memiliki kebutuhan untuk mempelajari berbagai jenis surat lainnya seperti penulisan surat untuk kepentingan pekerjaan dan bisnis, kamu juga bisa mempelajarinya sendiri dengan mudah melalui buku Draft Surat Kontrak Segala Urusan karya Abadi Sulaiman.

Buku ini identic dengan contoh dari penulisan surat kontrak dengan segala keperluan bisnis, jual-beli, surat izin, surat pernyataan, surat kuasa, dan lain sebagainya.

Di dalam buku ini, juga terdapat bonus video materi sehingga pembaca bisa lebih mudah memahaminya.

Segera pesan dan beli buku ini melalui gramedia.com.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com