Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Supaya DIlirik Oleh HRD Perusahaan

Kompas.com - 02/02/2023, 11:30 WIB
tips menulis surat lamaran kerja Sumber: pixabay tips menulis surat lamaran kerja
Rujukan artikel ini:
Pedoman Lengkap Soft Skills: Kunci…
Pengarang: Brian Aprianto, SPHR
|
Editor Rahmad

Sama halnya dengan memulai sebuah usaha, membuat lamaran pekerjaan juga tidak bisa sembarangan. Terlebih lagi, kalau kamu ingin diterima sebagai calon pegawai dari sebuah perusahan terkenal atau perusahaan yang sudah kamu idamkan.

Jika kamu adalah seseorang yang sedang sibuk mencari pekerjaan di berbagai lembaga atau perusahaan, maka kamu harus rajin untuk belajar dalam membuat surat lamaran kerja dengan baik.

Kesalahan banyak orang pada saat melamar pekerjaan adalah kurang pahamnya mereka atas potensi diri, sehingga tidak sesuai dengan potensi yang dimiliki, akibatnya banyak yang tidak maksimal.

Nah, potensi diri yang kamu miliki ini bisa kamu buktikan dengan beberapa sertifikat yang bisa menguntungkan untuk kamu tambahkan pada lampiran surat lamaran kerja kamu.

Dengan perkembangan teknologi dan internet saat ini, kamu bisa melihat berbagai contoh surat lamaran kerja dengan mudah.

Maka dari itu, kamu bisa mengetahui seperti apa contoh surat lamaran kerja yang benar yang bisa diterapkan pada surat lamaran kerja milikmu.

Jika kamu masih bingung dalam membuat surat lamaran kerja, karena terlalu banyak contoh surat lamaran kerja yang kamu lihat, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut agar surat lamaran kerja kamu bisa dilirik oleh HRD dari perusahaan yang kamu inginkan.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

tips menulis surat lamaran kerja tips menulis surat lamaran kerja

1. Perhatikan format penulisan

Banyak sekali kesalahan yang dilakukan para pelamar pada saat menulis surat lamaran kerja, di mana format penulisannya salah dan tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Sebab, hal ini harus dilakukan dengan baik pada saat menulis surat lamaran kerja dengan menggunakan komputer atau e-mail. Terkadang, ada pula beberapa perusahaan yang menentukan format tersendiri dalam membuat surat lamaran kerja.

Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan juga aturan dan syarat yang diterbitkan perusahaan pada saat mengumumkan lowongan pekerjaan.

Pada umumnya, dalam format penulisan surat lamaran kerja, sebaiknya ditulis dengan menggunakan spasi single, lalu dibuat rata kiri, jangan lupa juga menuliskan kop surat.

2. Hindari typo

Kesalahan terpenting yang harus kamu perhatikan pada saat menulis kalimat pada surat lamaran kerja adalah typo. Faktor ini menjadi salah satu yang sangat mempengaruhi perusahaan dalam menilai karakter kamu, terutama dalam hal ketelitian dan kehati-hatian.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika ditemukan typo pada surat lamaran kerja yang kamu buat, kamu bisa saja dinilai sebagai pribadi yang kurang teliti, tidak rapi, atau tidak disiplin.

Maka dari itu, setelah kamu membuat surat lamaran kerja, ada baiknya kamu membacanya berulang kali untuk memeriksa kalimat yang kamu buat, sehingga jika terjadi kesalahan, bisa segera kamu perbaiki.

3. Menggunakan bahasa yang jelas dan simpel

Ketika kamu menceritakan minat kam pada surat lamaran kerja, sebaiknya jangan terlalu menunjukkan sisi ambisius kamu, kamu hanya perlu menunjukkan sisi elegan kamu pada tulisan surat lamaran kerja yang kamu buat.

Jadi, gunakanlah bahasa atau kalimat yang jelas, tidak bertele-tele, dan mudah untuk dipahami oleh pembacanya dengan mudah. Jelaskan saja secara singkat diri kamu sendiri sesuai dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

4. Tulis dari mana kamu mendapatkan lowongan pekerjaan

Pastikan untuk kamu menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi lowongan pekerjaan perusahaan tersebut di surat lamaran kerja kamu.

Selain itu, sebutkan juga pihak siapa yang kamu tuju secara jelas pada jabatan atau kepala divisi bagian apa.

Jika kamu mendapatkan informasi lowongan pekerjaan suatu perusahaan dari internet, kamu bisa menuliskan websitenya atau akun sosial media yang menerbitkan lowongan pekerjaan tersebut.

5. Jangan asal “comot” tulisan dari internet

Satu hal yang sangat berbahaya adalah kalau kamu melakukan copy paste tulisan dari contoh surat lamaran kerja yang ada di internet.

Contoh surat lamaran kerja di internet, hanya menjadi pedoman kamu dalam menulis surat lamaran kerja saja dan bukan untuk kamu tiru semua termasuk isinya.

Sebab, surat lamaran kerja merupakan dokumen tentang representasi diri kamu sendiri. Tulislah surat lamaran kerja sesuai dengan diri kamu sendiri.

Dalam menuliskan surat lamaran kerja, memang harus sesuai dengan diri kamu, contoh surat lamaran kerja yang kamu lihat di internet, hanya kamu jadikan sebagai pedoman saja. Jangan lupa untuk menuliskan kelebihan diri yang kamu miliki, misalnya soft skill kamu.

Soft skill memang sangat penting dimiliki oleh seseorang, seperti yang diungkapkan pada buku Pedoman Lengkap Soft Skills: Kunci Sukses dalam Karier, Bisnis, dan Kehidupan Pribadi. Menurut buku ini, soft skill menjadi sebuah kecakapan yang dibutuhkan oleh para profesional untuk mencapai keberhasilan dalam karier.

Nilai profesional ini meliputi kerendahan hati, integritas, serta pelayanan. Buku ini secara mendalam akan membahas tentang pemetaan soft skill, pengembangan soft skill itu sendiri, nilai utama dalam membangun sikap profesional, sampai prinsip utama dalam membangun sikap profesional.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com