Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Peluang Kerja Ilmu Komunikasi yang Dapat Menjadi Pilihan

Kompas.com - 07/12/2022, 09:00 WIB
Peluang Kerja Ilmu Komunikasi Sumber Gambar: Freepik.com Peluang Kerja Ilmu Komunikasi
Rujukan artikel ini:
Bicara Itu Ada Seninya
Pengarang: Oh Su Hyang
|
Editor Ratih Widiastuty

Peluang kerja ilmu komunikasi perlu dicari tahu oleh calon mahasiswa yang akan memilih jurusan kuliah yang satu ini sebagai bahan pertimbangan untuk jenjang karier setelah lulus nanti.

Profesi atau pekerjaan yang akan dipilih di masa depan tentunya akan sangat berpengaruh pada kehidupan kita nantinya, sehingga peluang kerja ilmu komunikasi pun harus dilihat terlebih dahulu apakah akan menjanjikan sebagai profesi ke depannya.

Banyak orang yang selalu mengaitkan jurusan ilmu komunikasi dengan pekerjaan di bidang media dan periklanan, tapi nyatanya ternyata masih banyak opsi pekerjaan lainnya yang ditawarkan.

Tidak hanya itu, peluang untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi juga terbuka lebar jika kita mampu mengasah pengalaman pada bidang yang dipilih.

Apalagi saat ini banyak sekali perusahaan yang mencari lulusan ilmu komunikasi sebagai bagian dari adaptasi akan perkembangan dunia digital dan teknologi.

Fleksibilitas yang dimiliki oleh jurusan ilmu komunikasi akan memudahkan mereka untuk bisa berganti profesi di beberapa bidang karena memang banyak ilmu yang dipelajari ketika kuliah.

Tidak mengherankan jika jurusan ilmu komunikasi menjadi program studi yang hingga saat ini masih banyak dipilih oleh banyak orang mengingat prospek kerjanya yang menjanjikan.

Jenjang karier yang menjanjikan tentunya menjadi salah satu alasan mengapa setiap tahunnya jurusan ilmu komunikasi selalu penuh diisi oleh para calon mahasiswa baru.

Lalu, apa saja prospek kerja jurusan ilmu komunikasi? Berikut 5 pekerjaan yang bisa digeluti oleh lulusan jurusan ilmu komunikasi.

5 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

1. Public Relations

Public relations atau yang lebih dikenal sebagai hubungan masyarakat merupakan profesi yang bertugas sebagai penghubung antara masyarakat luas dengan instansi atau perusahaan tempatnya bekerja.

Eksistensi seorang public relations terbilang krusial untuk menjaga kredibilitas serta reputasi sebuah perusahaan atau brand tertentu.

Public relations akan banyak mengerjakan tugas seperti mengadakan konferensi pers, siaran pers, hingga bekerja sama dengan media untuk keperluan pemberitaan.

Hubungan masyarakat atau public relations biasanya diperlukan untuk bagian marketing, perusahaan, instansi pemerintah, biro iklan, hingga organisasi nirlaba.

2. Social Media Manager

Biasanya seorang social media manager memiliki tugas untuk mengembangkan rencana marketing dan perikanan melalui platform media sosial.

Tidak hanya itu, social media manager juga bertugas dalam membuat dan mengembangkan strategi untuk kampanye berbayar maupun pemasaran secara organik.

Social media manager juga bertanggung jawab untuk memastikan agar perusahaan atau klien sukses memperoleh tujuan marketing yang diinginkan.

Tanggung jawab yang segudang ini pun dibarengi dengan penghasilan yang sangat menjanjikan dengan jenjang karier yang terbuka lebar.

3. Reporter

Profesi seorang reporter bertugas untuk mencari berita dan menyampaikannya melalui beberapa media, seperti televisi, majalah, koran, atau radio.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Biasanya reporter juga akan melakukan live report di televisi atau media streaming lainnya ketika meliput berita di lapangan untuk melaporkannya pada masyarakat luas.

Reporter dapat menyampaikan berita yang mereka liput melalui bentuk tulisan untuk media cetak seperti koran, majalah, hingga media daring lainnya, atau dalam bentuk lisan untuk televisi, radio, serta media streaming yang ada.

Dibutuhkan dedikasi dan rasa ingin tahu yang tinggi jika ingin menjadi seorang reporter yang andal agar mampu mengerjakan tugasnya secara profesional.

4. Penyiar Radio

Siapa bilang menjadi penyiar radio sudah tidak lagi relevan karena faktanya profesi yang satu ini masih menjadi pilihan karier yang menarik bagi lulusan jurusan ilmu komunikasi.

Seorang penyiar radio harus mampu menyampaikan informasi kepada para pendengar dengan cara yang menyenangkan dan mudah dicerna.

Tidak cukup di situ saja, seorang penyiar radio pun harus bisa membawakan program acara dan berinteraksi dengan audiens secara aktif.

Jadi usahakan kemampuan soft skill kamu, khususnya public speaking, sudah sangat mumpuni karena kemampuan yang satu ini mutlak diperlukan untuk menjadi seorang penyiar radio.

5. MC (Master of Ceremonies)

Jika kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk tampil di depan umum, maka profesi MC alias pembawa acara bisa dijadikan pilihan.

MC bertugas untuk memandu jalannya sebuah acara, kegiatan, atau program tertentu.

Kemampuan public speaking harus bisa dikuasai jika ingin menjadikan MC sebagai profesi karena soft skill yang satu ini merupakan modal utamanya.

Kabar baiknya, MC sendiri tidak hanya bisa dijadikan pekerjaan utama, tapi juga dapat menjadi pekerjaan samping untuk memperoleh pendapatan lebih.

Nah, rata-rata pekerjaan lulusan ilmu komunikasi tampaknya memang memerlukan kemampuan berbicara yang mumpuni.

Maka dari itu, buku Bicara Itu Ada Seninya yang ditulis oleh Oh Su Hyang bisa dijadikan sumber wawasan yang tepat untuk dipelajari.

Buku ini akan membagikan rahasia cara menggunakan teknik komunikasi yang baik dan efektif agar dapat membuat lawan bicara merasa nyaman dan tidak bosan selama komunikasi berlangsung.

Buku ini mampu meningkatkan rasa percaya diri untuk berbicara dengan bermacam-macam orang yang mempunyai karakteristik berbeda.

Yuk, langsung order dan check out bukunya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.