Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kreasi Bakso Terenak, Cocok Jadi Lauk atau Cemilan Simple

Kompas.com - 15/05/2023, 08:30 WIB
kreasi bakso Photo by TJENA on Pixabay kreasi bakso
Rujukan artikel ini:
LOVE BASO 82 Resep Baso…
Pengarang: Team Dapur Lezat
|
Editor Rahmad

Apakah kamu penggemar kuliner bakso?Yap,bakso jadi salah satu makanan favorit orang Indonesia yang sangat mudah ditemukan keberadaannya.

Termasuk banyak kreasi bakso yang bisa kamu temukan jika bosan dengan bakso kuah seperti biasanya.

Bahkan, beberapa kreasi bakso ini bisa kamu buat sendiri di rumah karena resepnya yang simple.

Bakso cocok jadi lauk yang simple dan juga bisa jadi cemilan sehat di rumah. Jadi, kreasi bakso ini bisa kamu jadikan inspirasi agar tidak bosan dengan lauk yang itu-itu saja.

Kreasi Bakso

Bakso adalah makanan dari bola daging yang populer di Indonesia dan dapat dijumpai di seluruh wilayah Indonesia.

Ada banyak cara untuk membuat bakso, tetapi umumnya bakso terbuat dari daging sapi giling atau campuran daging sapi dan babi.

Gilingan daging ini kemudian dicampur dengan bahan tambahan seperti tepung tapioka, telur, bawang putih, garam, dan bumbu lainnya.

Kemudian, adonan daging diuleni dan dipukul-pukul hingga adonan daging menjadi kenyal dan elastis.

Setelah itu adonan bakso ini dibentuk bulat-bulat dan direbus hingga matang. Lalu, bola-bola bakso ini siap dikreasikan dengan berbagai resep.

Bakso jojok dihidangkan dengan kuah atau tanpa kuah sekalipun sebagai lauk.

Berikut ini beberapa kumpulan kreasi bakso yang bisa kamu jadikan kreasi lauk atau cemilan simple di rumah:

1. Bakso Goreng

Bakso goreng adalah varian bakso yang digoreng hingga kering dan renyah di luar, tetapi tetap lembut di dalamnya.

Bakso goreng biasanya disajikan sebagai makanan pembuka atau sebagai camilan. Pendamping paling cocok bakso goreng adalah saos cocol yang bisa kamu sesuaikan dengan selera.

2. Bakso Kuah

Bakso kuah adalah jenis bakso yang disajikan dalam kuah kaldu yang gurih. Bakso kuah biasanya disajikan sebagai hidangan utama dan dilengkapi dengan mie, bihun, atau nasi. Bumbu kuah bakso juga simpel dan bisa kamu sesuaikan dengan selera.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Bakso Urat

Bakso urat adalah bakso yang terbuat dari campuran daging sapi dan urat sapi, sehingga memiliki tekstur yang kenyal. Bakso urat biasanya disajikan dengan kuah yang gurih dan ditambahkan bumbu seperti kecap manis, sambal, dan saus cabe.

4. Bakso Sapi Pedas

Bakso sapi pedas adalah varian bakso yang dibumbui dengan cabai dan bumbu pedas lainnya. Bakso sapi pedas biasanya disajikan dalam kuah yang pedas dan dilengkapi dengan mie atau nasi.

5. Bakso Sapi Telur Puyuh

Bakso sapi telur puyuh adalah bakso yang diisi dengan telur puyuh di dalamnya. Bakso ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu dan dilengkapi dengan mie atau nasi.

6. Bakso Super

Bakso super adalah jenis bakso yang terbuat dari daging sapi murni dan diolah dengan teknologi modern untuk menciptakan tekstur yang lebih kenyal dan empuk. Bakso super biasanya disajikan dalam kuah yang kaya rasa.

7. Bakso Malang

Bakso Malang adalah varian bakso yang berasal dari kota Malang. Bakso ini terbuat dari campuran daging sapi dan tepung tapioka, sehingga teksturnya sangat kenyal.

Bakso Malang biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang kaya rasa dan dilengkapi dengan mie atau nasi.

8. Bakso Ikan

Bakso ikan adalah jenis bakso yang terbuat dari daging ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung sagu atau tepung kanji. Bakso ikan biasanya disajikan dalam kuah yang segar dan dilengkapi dengan mie atau nasi.

9. Bakso Udang

Bakso udang adalah varian bakso yang terbuat dari daging udang yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung sagu atau tepung kanji. Bakso udang biasanya disajikan dalam kuah yang segar dan dilengkapi dengan mie atau nasi.

10. Bakso Bakar

Bakso bakar adalah bakso yang dibakar diatas arang atau panggangan hingga matang dan berwarna kecoklatan. Bakso bakar disajikan dengan saus sambal atau saus tomat.

Itulah beberapa variasi kreasi bakso yang dapat dijumpai di Indonesia. Namun, kreasi bakso tidak terbatas pada variasi di atas saja, dan dapat dikembangkan lebih lanjut dengan variasi bahan dan bumbu yang berbeda-beda.

Tunggu dulu, apakah kamu ingin mencoba beberapa resep bakso yang telah disebutkan?

Jika kamu tertarik recook kreasi bakso di atas, kamu bisa baca buku LOVE BASO 82 Resep Baso Andalan untuk mengetahui lebih lengkap resep kreasi bakso yang enak dan simple.

Buku ini juga memberi tips bagi kamu yang ingin berbisnis kuliner sejuta umat ini yang sudah teruji kelezatannya.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com