Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab Munculnya Jerawat di Rahang dan Cara Mudah untuk Mengatasinya

Kompas.com - 26/06/2023, 16:00 WIB
 Jerawat di Rahang  Sumber Gambar: Freepik.com Jerawat di Rahang 
Rujukan artikel ini:
All About Skincare
Pengarang: Nada A.
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami para remaja, atau bahkan orang-orang yang berusia 30-an lebih.

Memiliki kulit yang berjerawat biasanya akan sedikit mengganggu penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri,

Meski pada umumnya tumbuh di area t-zone seperti dahi, pipi, dan hidung, jerawat juga bisa muncul di tempat lain seperti di area rahang.

Sayangnya, jerawat yang muncul di bagian dagu dan rahang biasanya akan berbentuk seperti benjolan padat dan tidak berisi nanah.

Sama seperti jerawat yang ada di area lain, jerawat yang tumbuh di bagian rahang juga memiliki penyebab yang sama, salah satunya adalah karena penyumbatan pori-pori karena adanya debu, bakteri, atau sel kulit mati.

Selain itu, masih ada beberapa masalah lain yang menjadi penyebab munculnya jerawat pada rahang, kamu bisa simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab Munculnya Jerawat di Rahang

1. Perubahan Hormon

Salah satu penyebab utama munculnya jerawat pada rahang adalah karena adanya perubahan hormon, pada perempuan, siklus ini terjadi saat menstruasi, masa kehamilan, dan menjelang menopause.

Hormon yang tidak seimbang inilah yang kemudian menyebabkan kulit menjadi jauh lebih berminyak dan memicu tumbuhnya jerawat terutama pada bagian rahang serta leher.

2. Tidak Cocok dengan Produk Make Up atau Skincare Tertentu

Make up dan skincare bisa dikatakan sebagai 2 hal yang sangat penting dalam keseharian terutama bagi para perempuan.

Oleh karena itu, pemilihan make up dan skincare harus diperhatikan secara teliti agar nantinya tidak menyebabkan masalah pada kulit.

Menggunakan produk make up dan skincare yang tidak cocok bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan tumbuhnya jerawat, terutama di area sekitar rahang.

Bagi pemilik kulit berjerawat, usahakan untuk tidak menggunakan skincare yang mengandung vitamin C dan vitamin E karena bisa menyebabkan semakin memperburuk kondisi kulit.

Sebaliknya, kamu bisa gunakan skincare yang mengandung AHA, BHA, Niacinamide, Tea tree, retinol, dan centella asiatica untuk mengobati jerawat yang membandel.

3. Terlalu Stres dan Banyak Pikiran

Terlalu banyak pikiran dan stres bisa menimbulkan ketidakseimbangan pada hormon dan memicu munculnya jerawat di kulit, terutama di area rahang.

Hormon stres nantinya dapat melepaskan senyawa kimia yang bisa meningkatkan aliran darah ke kulit sehingga memicu munculnya ruam dan kemerahan pada kulit.

4. Sering Memegang Area Wajah

Jerawat di rahang juga bisa muncul saat kamu terlalu sering memegang area wajah, hal ini tentunya disebabkan oleh adanya kuman dan bakteri yang menempel.

Usahakan untuk mencuci tangan sebelum memegang wajah atau saat menggunakan skincare agar kamu tetap terlindungi dari kotoran yang akan menyumbat pori-pori dan memicu tumbuhnya jerawat.

5. Efek Samping Penggunaan Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan jerawat, misalnya obat steroid, obat penenang, antidepresan, dan kortikosteroid.

Jika kamu pernah mengonsumsi obat-obatan tersebut akhir-akhir ini dan muncul jerawat di area wajah, itu berarti kamu harus mulai mengurangi penggunaannya karena bisa memicu pertumbuhan jerawat di area lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

6. Pola Makan yang Tidak Sehat

Selain kebiasaan yang buruk, jerawat di rahang juga bisa muncul dari apa yang kita konsumsi sehari-hari.

Kulit yang sehat bisa didapatkan dari gaya hidup dan pola makan yang sehat, jadi saat kamu sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, jerawat bisa dengan mudah muncul di area kulit wajah kamu.

Makanan yang tidak sehat nantinya bisa memicu produksi minyak berlebih yang akan menyumbat pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat pada rahang.

Cara Mudah untuk Mengatasi Jerawat di Rahang

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Membersihkan wajah secara rutin menggunakan face wash bisa membantu mengangkat produksi minyak berlebih pada kulit.

Pastikan untuk memilih sabun wajah yang berbahan ringan dan memiliki kandungan salicylic acid untuk mengeringkan jerawat membandel di area rahang.

Lakukan cara ini setidaknya dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dan pastikan untuk memilih kandungan face wash yang cocok dengan kulit wajahmu.

2. Hindari Memencet Jerawat

Kesalahan paling umum yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah memencet jerawat.

Bukannya menghilangkan jerawat pada rahang, kebiasaan memencet jerawat ini justru akan membuat jerawat semakin meradang dan meninggalkan noda hitam yang sulit untuk dihilangkan.

3. Coba Oleskan Krim atau Salep Jerawat

Salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan jerawat pada rahang adalah dengan mengoleskan krim atau salep jerawat.

Kamu bisa gunakan salep jerawat yang memiliki kandungan benzoil peroksida atau salicylic acid ke bagian jerawat yang membandel.

Krim atau salep jerawat ini biasanya akan membantu menghilangkan jerawat dalam waktu 6 sampai 8 minggu.

Tapi sebelum menggunakannya, akan lebih baik kalau kamu berkonsultasi dulu dengan dokter ahli untuk mendapatkan rekomendasi salep jerawat yang tepat.

4. Gunakan Skincare Berbahan Alami

Menggunakan skincare berbahan alami juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi jerawat yang tumbuh di rahang.

Kamu bisa coba gunakan lidah buaya, ekstrak teh hijau, tea tree oil, perasan lemon, dan masih banyak lagi.

Tapi cobalah untuk melakukan tester terlebih dahulu, agar kamu mengetahui bahan alami apa saja yang cocok pada kulitmu, cara ini juga sekaligus bisa membuatmu terhindar dari iritasi kulit.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai beberapa faktor penyebab munculnya jerawat pada wajah sekaligus cara mudah untuk mengatasinya.

Untuk semakin mendalami dunia skincare, buku All About Skincare bisa kamu jadikan sebagai pilihan bacaan yang tepat.

Buku ini akan membahas hal-hal yang penting untuk kamu pahami mulai dari cara mengenali tipe kulit wajah, cara mengenal berbagai kandungan skincare, serta cara menggunakan produk-produk skincare dengan benar.

Tak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan rekomendasi makanan yang bagus untuk menutrisi kulit wajah sehingga bisa kamu jadikan sebagai referensi tambahan.

Untuk memiliki buku ini, kamu bisa segera beli melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com