Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efektif dan Mudah Dilakukan, Ini 5 Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Bisa Kamu Coba

Kompas.com - 04/05/2023, 18:13 WIB
 Cara Mengecilkan Paha dan Betis  Sumber Gambar: Freepik.com Cara Mengecilkan Paha dan Betis 
Rujukan artikel ini:
Ini Buku Diet: Sehat &…
Pengarang: Desyana Erruka
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Pada sebagian besar orang, paha dan betis merupakan bagian tubuh yang sering kali bermasalah, salah satunya adalah kegemukan.

Sudah bukan rahasia lagi kalau kedua bagian tubuh ini sangat mudah menimbun lemak yang nantinya dapat mengganggu penampilan.

Masalah ini pada umumnya lebih rentan terjadi pada wanita, yang disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen yang memicu pembentukan lemak dan menghambat proses pembakarannya.

Selain itu, ada juga beberapa faktor yang bisa mempengaruhi keberadaan lemak pada paha dan betis, misalnya karena faktor metabolisme tubuh dan faktor keturunan.

Hal ini tidak jarang membuat banyak orang mencoba berbagai cara untuk bisa mendapatkan paha dan betis yang ramping.

Sayangnya, usaha tersebut bukanlah hal yang mudah sebab olahraga dan diet saja belum tentu bisa mengurangi lemak di tempat yang diinginkan.

Tapi daripada bingung dan tidak tahu harus melakukan apa, berikut adalah 5 cara mudah yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengecilkan paha dan betis.

5 Cara Mengecilkan Paha dan Betis

1. Bersepeda

Gerakan mengayuh saat bersepeda dapat membuat otot-otot paha depan (quadriceps) bekerja lebih keras, sekaligus membuat otot paha belakang (hamstring) lebih mengencang.

Jika dijalankan secara teratur dan efektif, cara ini bisa membuat tampilan paha dan betis menjadi lebih ramping.

Tak hanya itu saja, ada sebuah studi yang mengatakan bahwa bersepeda secara rutin juga bisa menurunkan berat badan dan mengurangi jumlah lemak yang berlebihan pada tubuh perempuan.

2. Naik Turun Tangga

Bagi sebagian orang, naik dan turun tangga adalah hal yang melelahkan, padahal kegiatan ini bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mengecilkan paha dan betis.

Setiap anak tangga yang dinaiki akan membuat otot paha dan betis bekerja keras, hal ini bisa membantu membakar lemak dan membentuk otot,

Jika kamu mau melakukannya secara rutin, bagian paha dan betis kamu akan jadi lebih ramping ditambah juga dengan bagian bokong yang mengencang.

3. Lunges with Dumbbell

Lunges adalah jenis latihan dasar yang gerakannya bertumpu pada kedua kaki sehingga bisa membantu membentuk otot paha, perut, dan bokong secara bersamaan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain membakar lemak, gerakan ini juga bisa membantu menjaga keseimbangan dan koordinasi gerak tubuh.

Caranya pun mudah, kamu tinggal berdiri dengan kaki yang dibuka selebar pinggul, kemudian pegang dumbbell seberat 2 sampai 5 kilogram di kedua tangan (berat dumbbell menyesuaikan kemampuan).

Coba posisikan kaki kiri selangkah lebih di depan dan turunkan tubuh, kemudian turunkan kaki kanan secara perlahan sampai sekitar 1 inchi mendekati lantai, ulangi gerakan ini selama beberapa menit.

4. Side Lunges

Side lunges merupakan variasi yang ada pada gerakan lunges, dan diklaim ampuh untuk mengecilkan bagian paha dan betis.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Coba berdiri tegak dengan kaki yang sudah dibuka selebar pinggul.
  • Langkahkan kaki kanan ke arah kanan, sehingga kaki akan terbuka lebih lebar.
  • Tekuk bagian lutut kanan agar posisi tubuhmu lebih rendah, lakukan sampai kaki kirimu sejajar dengan lantai (Pastikan kalau telapak kaki kiri tetap menapak di lantai).
  • Luruskan kembali kaki kanan dan kembalilah ke posisi awal.
  • Ulangi gerakan tersebut setidaknya 15 sampai 20 kali, dengan begitu kamu akan jauh lebih terbiasa.

5. Squat

Squat merupakan salah satu jenis latihan fisik yang sangat baik untuk mengecilkan paha, serta dianggap sebagai olahraga yang aman karena tidak perlu mengangkat beban yang berat di bagian punggung.

Untuk membuat paha dan betis menjadi ramping, kamu tinggal berdiri dengan kaki yang dibuka selebar bahu, letakkan tangan di sisi tubuh, tahan bagian perut dan coba busungkan dada (posisi punggung harus tetap lurus).

Dorong pinggul dan tekuk bagian lutut, pastikan lutut kamu kuat saat menopangnya, saat paha sudah agak sejajar dengan lantai, tahan posisi ini selama beberapa detik dan ulangi gerakan ini setidaknya 15 atau 20 kali.

Itulah dia beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan tubuh bagian paha dan betis.

Untuk melengkapinya, kamu juga bisa padukan dengan pola hidup yang sehat dengan cara menjalani diet.

Buku Ini Buku Diet: Sehat & Langsing dengan Diet Kekinian akan menunjukkan bagaimana caranya menjalani diet yang sehat tanpa harus menyiksa tubuh.

Buku ini akan memberikan pemahaman dasar mengenai berbagai jenis diet yang dikenal di seluruh dunia sehingga kamu bisa menentukan metode diet mana yang sesuai dengan kondisi dan keinginanmu.

Berbagai metode diet yang ada dalam buku ini juga dilengkapi dengan penjelasan mengenai asal muasal metode diet, jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, dan masih banyak lagi.

Dengan menjalankan pola hidup yang sehat, tidak hanya paha dan betis saja yang akan ramping, tapi tubuhmu juga akan lebih sehat dan bugar.

Buku ini bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com