Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga supaya Tidak Cedera

Kompas.com - 21/02/2023, 10:00 WIB
Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga Sumber Gambar: Freepik.com Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga
Rujukan artikel ini:
Yuk, Stretching Sekarang! Panduan Peregangan…
Pengarang: dr. Adrian Setiaji
|
Editor Puteri

Manfaat pemanasan sebelum olahraga tentunya akan meminimalisir terjadinya cedera otot dan sendi tubuh yang harus bergerak secara intens saat sedang berolahraga.

Meskipun sangat penting untuk dilakukan tapi nyatanya masih banyak orang yang mengabaikan pemanasan sebelum olahraga karena menganggap tubuh mampu melakukan gerakan yang berat ketika berolahraga.

Namun, meskipun sudah sering dan rajin berolahraga, mengabaikan pemanasan tetaplah tidak dianjurkan karena mau bagaimanapun tubuh harus terlebih dahulu menyesuaikan diri sebelum menerima gerakan yang intens dan berat dari aktivitas olahraga.

Pemanasan dilakukan supaya tubuh tidak merasa kaget saat menerima gerakan yang berat dari olahraga yang menuntut pergerakan dan fleksibilitas yang tentunya cukup menguras tenaga.

Bayangkan saja kondisi otot dan sendi yang tengah rileks, secara mendadak harus dihadapkan dengan aktivitas yang intens tanpa adanya adaptasi terlebih dahulu justru akan membuatnya menjadi tegang dan rentan cedera.

Pemanasan hadir untuk membuat otot dan sendi untuk membiasakan diri dalam melakukan pergerakan yang jauh lebih intens dari aktivitas biasanya.

Banyak manfaat yang bisa diberikan dari melakukan pemanasan atau stretching sebelum olahraga daripada hanya sekedar meminimalisir terjadinya cedera.

Maka, jangan mengabaikan pemanasan sebelum berolahraga jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat tanpa adanya permasalahan ketika akan melakukannya.

Apa saja manfaat pemanasan sebelum olahraga? Berikut 5 manfaat pemain sebelum olahraga yang harus kamu ketahui.

5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

1. Meminimalisir Terjadi Cedera

Pemanasan akan membuat otot menjadi lebih rileks dan lentur sehingga saat melakukan gerakan-gerakan olahraga yang berat, seperti meloncat, berlari, hingga mengangkat beban yang berat, maka otot pun tidak akan menjadi kram, cedera, atau hingga sobek.

Pasalnya, jika mengalami otot yang sobek, proses penyembuhannya pun akan membutuhkan waktu yang lama.

Oleh karena itu, dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga akan membuat aliran darah menjadi jauh lebih lancar yang akan membuat otot tidak tegang.

Otot pun akan menjadi jauh lebih siap dan kuat saat harus melakukan pergerakan yang berat dari olahraga.

2. Memperlancar Peredaran Darah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemanasan sebelum olahraga mampu meningkatkan sistem kardiovaskular dengan memperlancar peredaran darah ke otot-otot.

Saat aliran darah menjadi jauh lebih lancar, suplai oksigen pun akan tersebar dengan baik ke seluruh tubuh.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Aliran darah yang jauh lebih lancar akibat pemanasan akan membuat tubuh memberikan performa yang baik saat berolahraga.

Nutrisi yang mengalir melalui peredaran darah akan mencegah rasa nyeri saat berolahraga dan mampu membantu proses penyembuhan pasca cedera menjadi jauh lebih cepat.

3. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Pemanasan yang dilakukan sebelum olahraga bisa membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Pemanasan akan membuat sirkulasi darah ke otot dan seluruh bagian tubuh menjadi meningkat yang membuat otot lebih lentur sehingga memengaruhi kelenturan tubuh.

Saat kelenturan tubuh meningkat, tubuh jadi dapat melakukan berbagai macam gerakan olahraga secara lebih efektif dan efisien.

Menjadi lebih lentur mampu membuat tubuh lebih gampang bergerak dan olahraga pun terasa lebih ringan.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Selain otot, tulang dan sendi adalah anggota tubuh yang mendapatkan pengaruh dari pemanasan sebelum olahraga.

Sendi adalah bagian tubuh yang menghubungkan dua tulang atau lebih yang mempunyai fungsi dalam pergerakan tubuh.

Olahraga sendiri tentunya tidak lepas dari pergerakan tubuh sehingga pemanasan mutlak diperlukan agar sendi dan tulang dapat memberikan pergerakan yang jauh lebih ringan.

5. Meningkatkan Fokus dan Mental

Pemanasan juga dapat melatih kesiapan mental dan fokus agar olahraga bisa berjalan dengan lebih efektif serta efisien lagi.

Pemanasan dapat menjadi transisi kondisi perasaan sebelum melakukan latihan fisik.

Bahwasanya, latihan fisik yang menguras tenaga dapat membuat tubuh menjadi lelah.

Maka dengan melakukan pemanasan kondisi mental akan jauh lebih siap sehingga fokus ketika berolahraga pun jauh lebih meningkat.

Nah, daripada bingung harus melakukan pemanasan atau stretching seperti apa dan bagaimana, maka buku Yuk, Stretching Sekarang! Panduan Peregangan untuk Kesehatan Anda akan membahas tentang masalah struktur otot dan stretching.

Pentingnya melakukan stretching mampu mengatasi otot yang kaku, mencegah risiko cedera otot, serta memperbaiki posisi dan postur yang salah.

Segera miliki dan order bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com