Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Samping AstraZeneca

Kompas.com - 08/03/2023, 18:00 WIB
 Efek Samping AstraZeneca Sumber Gambar: Freepik.com Efek Samping AstraZeneca
Rujukan artikel ini:
Buku Wajib yang Perlu Kamu…
Pengarang: DR. RIZKI DINAR E.
|
Editor Ratih Widiastuty

Menjadi hal wajar sebelum memutuskan melakukan vaksinasi COVID-19 untuk mencari tahu dan mempelajari lebih lanjut tentang efek samping dari dosis vaksin yang akan diberikan.

Tujuan dilakukannya pemberian vaksinasi pada masyarakat memang menjadi suatu program dari pemerintah untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Namun, pelaksanaan vaksinasi untuk menangkal virus Corona memang menjadi perdebatan tersendiri, terutama menyangkut pada efek samping yang mungkin akan ditimbulkan dan dirasakan oleh tubuh.

Salah satu dari banyaknya jenis vaksin COVID-19 yang ingin diketahui adalah efek samping dari AstraZeneca.

Di Indonesia vaksin dari AstraZeneca merupakan vaksin jenis kedua yang masuk dan sudah mendapatkan izin penggunaan darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Meski begitu, tidak sedikit masyarakat khawatir terhadap efek yang mungkin akan ditimbulkan setelah penerimaan dosis tersebut.

Mengutip dari laman Badan Kesehatan Dunia (WHO) vaksin AstraZeneca sendiri merupakan vaksin yang hadir dari kerjasama antara Universitas Oxford dengan perusahaan farmasi asal Inggris, yakni AstraZeneca.

Vaksin ini mengandung hasil rekayasa genetika (viral vector) dari virus flu biasa yang tidak berbahaya dengan cara kerja merangsang tubuh membentuk antibodi untuk melawan virus SARS-CoV-2.

Bahkan, menurut WHO, vaksin AstraZeneca memiliki tingkat efikasi sebesar 72% melawan infeksi virus SARS-CoV-2 pada dosis setelah interval 4 hingga 12 minggu dari dosis pertama.

Meski sudah melewati masa uji coba yang dilakukan dan menunjukan hasil bahwa vaksin ini aman untuk digunakan, tentu tetap ada efek samping yang akan ditimbulkan.

Lantas seperti apakah efek samping AstraZeneca yang akan ditimbulkan, berikut penjelasan singkatnya yang dikutip dari Department of Health and Aged Care Australia (health.gov.au).

Efek Samping AstraZeneca

Sama halnya dengan jenis vaksin COVID-19 lainnya, tentu kamu akan mengalami efek samping setelah menerima dosis penyuntikan vaksin AstraZeneca yang tentunya masih tergolong aman.

Namun, tidak perlu khawatir, pasalnya efek samping yang kamu rasakan merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang bekerja.

Adapun efek samping AstraZeneca yang umum dialami bagi mereka yang menerima dosis suntikan dan hanya akan berlangsung sementara, yaitu:

  • Rasa nyeri atau sakit di area tempat penyuntikan
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Demam dan menggigil
  • Mual

Sementara itu, terdapat juga efek samping yang tidak umum terjadi setelah dilakukan pemberian dosis vaksin, seperti:

  • Pembesaran kelenjar getah bening
  • Nyeri di lengan atau kaki
  • Pusing
  • Nafsu makan menurun
  • Sakit perut

Sebagian besar dari efek samping AstraZeneca yang cukup ringan ini akan hilang dalam satu atau dua hari saja.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, efek samping ini juga umum terjadi pada saat pemberian dosis pertama.

Adapun efek samping yang langka dan jarang setelah AstraZeneca akan terjadi reaksi alergi yang parah (anafilaksis), jenis pembekuan darah tertentu yang disebut trombosis dengan sindrom trombositopenia (TTS), miokarditis, dan perikarditis.

Menyikapi Efek Samping AstraZeneca

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pemberian vaksin ke dalam tubuh akan berdampak pada munculnya efek samping yang akan dirasakan.

Apapun jenis vaksin yang diberikan, akan selalu ada yang namanya efek samping.

Namun, perlu diingat jenis efek samping pada masing-masing individu pun tentu akan berbeda, tergantung pada kondisi tubuh.

Jadi, efek samping yang mungkin orang lain alami dan rasakan belum tentu sama halnya dengan apa yang akan kamu rasakan nantinya, begitu pula sebaliknya.

Terpenting sebelum kamu menerima dosis vaksin, harus mengenali dan memahami betul mengenai kondisi tubuh kamu, apakah ada alergi, kondisi bawaan, atau dalam keadaan sehat dan bugar.

Baiknya memang sebelum menerima vaksin, kamu bisa terlebih dahulu berkonsultasi bersama dokter terutama jika ada kondisi khusus yang sedang kamu alami.

Pemeriksaan kesehatan atau medical check up memang penting dilakukan untuk melakukan observasi sebelum melakukan vaksin.

Lantas haruskah takut saat melakukan vaksinasi? Tentu tidak perlu, setiap dosis vaksin yang akan diberikan pada individu tentu sudah melewati serangkaian uji klinis yang tentunya perlu melewati penilaian yang aman untuk digunakan.

Salah satunya memang vaksin AstraZeneca yang digunakan untuk membantu tubuh membentuk antibodi terhadap virus Corona.

Tidak perlu panik bila kamu mendapati efek samping yang perlu dilakukan tentunya adalah segera berkonsultasi bersama dokter untuk mendapat pertolongan yang tepat.

Bagi kamu yang memang ingin mencari tahu lebih banyak dari sumber yang akurat mengenai efek vaksin, maka Buku Wajib yang Perlu Kamu Tahu: Vaksin Covid-19 Cara Melindungimu dan Keluargamu bisa menjadi referensi tepat.

Buku ini hadir untuk mengedukasi pembaca dengan memberikan pemaparan informasi yang lengkap dan akurat dari sumber yang terpercaya, mengenai apa itu Vaksin Covid-19.

Selain itu juga akan membahas berbagai macam polemik yang terjadi di sekitarnya dan juga tentu saja informasi yang sesungguhnya mengenai Vaksin Covid-19 dengan lebih mendalam.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com