Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Masalah Kesehatan yang Sering Diabaikan Pria

Kompas.com - 06/03/2023, 10:30 WIB
Masalah Kesehatan yang Sering Diabaikan Pria Photo by Andrea Piacquadio on Pexels Masalah Kesehatan yang Sering Diabaikan Pria
Rujukan artikel ini:
Rahasia Sehat Pria, 145 Q&A…
Pengarang: Gmedia
|
Editor Rahmad

Pria sering dianggap cuek, termasuk dalam hal kesehatan. Ada beberapa masalah kesehatan yang sering diabaikan pria padahal hal tersebut dapat menimbulkan gejala buruk jika terus dibiarkan.

Itulah sebabnya, para pria harus lebih memperhatikan beberapa masalah ini. Masalah kesehatan ini mungkin sering dianggap masalah sepele yang tidak berbahaya.

Faktanya, jika terus diabaikan justru akan berdampak buruk pada kesehatan dalam jangka panjang.

Masalah Kesehatan yang Sering Diabaikan Pria

Berikut ini masalah kesehatan yang sering diabaikan pria beserta dampak buruknya jika terus dibiarkan:

1. Nyeri Dada

Kebanyakan nyeri dada pada pria berhubungan dengan penyakit jantung, namun ada juga beberapa kondisi kesehatan lain yang diawali dengan nyeri dada yaitu masalah paru-paru.

Masalah paru-paru tertentu, seperti pneumonia, emboli paru, atau asma, juga berhubungan dengan nyeri dada yang menetap.

Dengan meningkatnya stres dan kebiasaan makan yang tidak sehat, pria mengembangkan penyakit pada saluran pencernaan seperti refluks atau tukak lambung. Kondisi ini menyebabkan nyeri dada yang parah dan tidak boleh diabaikan.

2. Sesak Napas

Sesak napas merupakan salah satu keluhan yang paling sering dialami pria. Biasanya kondisi ini terjadi karena adanya masalah pada sistem kardiovaskular.

Selain itu, sesak napas juga bisa disebabkan oleh masalah paru-paru seperti kanker paru, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), bronkitis kronis, emfisema, asma, atau hipertensi paru.

3. Kelelahan

Pria sering mengalami kelelahan yang luar biasa dan terkesan tidak berdaya? Mungkin ada insomnia. Namun, jika kondisi ini terus berlanjut, kemungkinan kelelahan tersebut disebabkan oleh diabetes atau infeksi di beberapa bagian tubuh.

Kelelahan yang terlalu sering tidak boleh diabaikan. Kondisi ini juga dapat menunjukkan disfungsi tiroid. Jika terus dibiarkan, tubuh yang terlalu kelelahan akan memicu banyak masalah kesehatan lainnya.

4. Depresi

Statistik menunjukkan bahwa pria lebih rentan terhadap depresi. Pasalnya, secara moral lebih banyak harapan dan tuntutan yang diberikan kepada laki-laki, apalagi jika sudah bersuami. Ini pasti akan menyebabkan kecemasan, stres dan depresi.

Ketika stres dan depresi didiamkan dan diperlakukan sebagai hal yang sepele, hal itu dapat menimbulkan kemarahan bahkan pikiran untuk bunuh diri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Mudah Lupa dan Tidak Fokus

Kelupaan bukan hanya tentang lupa menyimpan barang atau mengingat janji penting, tetapi juga bisa menjadi gejala sejumlah masalah serius lainnya, termasuk penyakit Alzheimer, tumor otak, dan kerusakan atau peradangan otak.

Kekurangan vitamin juga sering membuat seseorang menjadi pelupa. Rasa lupa sering jadi masalah yang sering diabaikan pria, padahal ini bisa jadi masalah serius dalam tubuh.

6. Masalah Buang Air Kecil

Seperti wanita, pria juga sering mengalami masalah dengan kencingnya, seperti kencing berdarah atau sulit buang air kecil. Masalah ini tidak boleh diabaikan, itu bisa menjadi tanda disfungsi ginjal dan hati. Urin dengan darah juga bisa menjadi gejala kanker prostat dan batu ginjal.

Jika diabaikan, itu dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut. Pembesaran prostat atau kanker prostat sangat umum terjadi pada pria, namun pria mengabaikan tanda-tanda awalnya, yang kemudian dapat memperburuk kondisinya.

Sering buang air kecil bisa menjadi hal yang baik. Ini karena Anda sudah cukup minum untuk berhasil mengedarkan sel-sel jahat juga. Namun, jika Anda buang air kecil secara berlebihan atau bahkan 8 kali sehari dan lebih dari 2 kali dalam semalam.

Ini merupakan tanda adanya gangguan medis. Ini termasuk pembesaran prostat, kandung kemih terlalu aktif (OAB), atau bahkan beberapa bentuk kanker.

7. Serangan Jantung

Banyak pria dewasa berpikir bahwa serangan jantung biasanya terjadi pada orang tua seperti ayah atau kakek.

Namun, ancaman seringkali muncul pada pria yang jauh lebih muda. Jika memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga, kamu dapat mengalami ini bahkan di usia 30-an.

8. Masalah Rambut

Masalah rambut juga sering diabaikan pria seperti rambut rontok dan rambut menipis. Jika terus dibiarkan ini bisa mengalami kebotakan. Kamu mungkin bisa mengakalinya dengan beberapa style potongan rambut.

Seperti model rambut comma hair atau style poni korea lainnya untuk menutupi kebotakan di bagian depan. Namun jika terus dibiarkan kebotakan akan semakin parah.

Buku Rahasia Sehat Pria, 145 Q&A (Question & Answer) bisa kamu jadikan referensi mengetahui tips sehat untuk pria. Pembaca akan menemukan masalah kesehatan yang sering diabaikan pria ternyata penting untuk diperhatikan.

Buku ini juga tidak hanya menjelaskan masalah kesehatan fisik saja, namun juga menjelaskan masalah pria terkait finansial, emosional hingga sosial.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com