Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Hasta yang Dapat Dimulai dari Sekarang!

Kompas.com - 16/02/2023, 13:30 WIB
Cara Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Hasta Sumber: pixabay Cara Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Hasta
Rujukan artikel ini:
Agar Tulang Sehat
Pengarang: Pangkalan Ide
|
Editor Rahmad

Tubuh manusia mempunyai lebih dari 200 tulang yang memiliki fungsi untuk mendukung serta melindungi banyak organ, menyimpan mineral dalam tubuh, dan juga memainkan peran yang sangat penting.

Salah satu jenis tulang yang ada pada tubuh manusia adalah tulang hasta. Fungsi tulang hasta ini adalah untuk membantu kita dalam menggerakkan lengan pada bagian atas sampai pergelangan tangan.

Tidak hanya itu, fungsi tulang hasta juga untuk menopang banyak sekali otot penting yang ada pada tangan, yaitu ligament, tendon, serta pembuluh darah.

Banyaknya fungsi tulang hasta ini, membuat kita semua perlu untuk menjaga kesehatan tulang hasta beserta tulang lain yang ada pada tubuh kita.

Sebab, jika kita tidak menjaga kesehatan tulang kita, maka akan mudah keropos. Jika tulang mengalami keropos, maka fungsi tulang hasta beserta tulang lain yang ada pada tubuh menjadi lebih mudah retak, bahkan patah jika terjadi cedera.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga tulang agar tetap sehat sedini mungkin. Seperti apa Langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga tulang, termasuk tulang hasta? Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Cara Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Hasta Cara Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Hasta

1. Melakukan olahraga secara rutin

Kebiasaan jarang olahraga atau bergerak bisa membuat otot serta tulang kita menjadi lemah.

Beberapa riset telah menyebutkan kalau orang yang jarang melakukan olahraga, akan lebih rentan terkena penyakit tulang seperti osteoporosis.

Maka dari itu, kalau kamu jarang olahraga, maka mulai dari sekarang cobalah untuk lebih aktif lagi dalam bergerak dan rutin berolahraga untuk menjaga kepadatan serta kesehatan tulang.

Olahraga yang bisa kamu lakukan seperti jogging, senam ritmik, yoga, dan jalan santai.

2. Jangan melewatkan sarapan

Mungkin banyak orang yang sering melewatkan sarapan. Padahal, sarapan pagi sangatlah penting supaya tubuh memperoleh nutrisi serta energi yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu bisa memilih sarapan yang banyak mengandung vitamin D. Sumber kalsium yang terbaik berasal dari keju, susu, kacang kedelai, yoghurt, sereal, telur dan juga minyak ikan.

3. Berjemur di bawah sinar matahari pagi

Fungsi tulang hasta memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh, maka perlu untuk dijaga. Salah satu cara mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi, setidaknya 2-3 kali seminggu, sebelum pukul 9 pagi, selama 5-15 menit.

Pasalnya, sinar matahari pagi adalah sumber vitamin D alami yang diperlukan oleh tubuh untuk bisa membantu menyerap kalsium. Kalau kekurangan vitamin D, maka tulang akan rentan dan lebih mudah keropos.

4. Menjaga berat badan

Berat badan yang ideal memang penting untuk dijaga karena untuk mempertahankan kekuatan serta kesehatan tulang. Beberapa studi menunjukkan kalau berat badan yang berlebih, obesitas, atau justru kekurangan berat badan memiliki peran dalam meningkatkan risiko terjadinya kerusakan dan cidera tulang.

Dikarenakan fungsi tulang hasta yang sangat penting beserta tulang lainnya dalam tubuh, maka disarankan untuk selalu menjaga berat badan supaya tetap ideal untuk melindungi kesehatan tulang.

5. Mengkonsumsi suplemen

Tidak hanya makanan yang bergizi saja, kamu juga bisa memenuhi asupan kalsium dan juga vitamin D dengan mengkonsumsi suplemen yang berfungsi menjaga kesehatan tubuh dan tulang.

Suplemen tersebut juga baik untuk dikonsumsi oleh wanita yang sudah mengalami menopause, karena perubahan hormon pada masa itu dapat menyebabkan jaringan tulang menjadi lebih lemah.

Untuk orang dewasa, asupan kalsium yang dibutuhkan adalah 1000-1200 miligram per hari, sedangkan asupan vitamin D sebanyak 15-20 mikrogram atau sekitar 600-800 IU setiap harinya. Namun, untuk dosis suplemen yang tepat, kamu bisa berkonsultasi ke dokter lebih dahulu.

Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tulang hasta dan tulang lainnya yang ada pada tubuh. Mengkonsumsi makanan yang bergizi diimbangi dengan pola hidup yang sehat menjadi kunci utama dalam menjaga kesehatan tulang terutama pada usia lanjut.

Tips dan trik lainnya dalam menjaga kesehatan tulang, bisa kamu temukan dalam buku Agar Tulang Sehat. Sesuai dengan judulnya, buku ini berisi beragam tips bagi setiap orang dalam menjalankan gaya hidup yang lebih baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, dipaparkan juga bahan pangan apa saja yang baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang kita.

Tidak hanya itu, buku ini dilengkapi juga dengan pengetahuan mengenai seluk beluk dari penyakit osteoporosis serta kanker tulang. Dengan mengetahui informasi di dalam buku ini, maka kamu dan keluarga bisa terlindung dari gangguan penyakit tulang.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com