Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Organ Dalam Tubuh yang Menjadi Bagian Anatomi Tubuh Manusia yang Perlu Dijaga Kesehatannya

Kompas.com - 09/09/2022, 10:30 WIB
cara merawat organ vital tubuh agar tetap sehat Sumber: vecteezy cara merawat organ vital tubuh agar tetap sehat
Rujukan artikel ini:
Anatomi Dan Fisiologi Pada Tubuh…
Pengarang: Suarnianti
|
Editor Rahmad

Anatomi tubuh manusia tersusun atas jaringan, sel, organ, serta sistem organ. Sistem organ adalah bagian yang menyusun tubuh manusia itu sendiri.

Sistem ini terdiri dari beragam jenis organ, yang mempunyai struktur dan fungsi yang khusus. Pelajari lebih mendalam terkait bahasan tentang anatomi tubuh manusia melalui buku Sobotta Atlas Anatomi Manusia Edisi 24 (4 Volume).

Aktivitas yang padat kerap membuat seseorang melupakan satu hal, yaitu menjaga kesehatan organ tubuhnya. Padahal, ini adalah suatu hal yang krusial untuk dilakukan.

Misalnya saja, organ vital pada anatomi tubuh manusia seperti hati, pankreas, serta ginjal yang memiliki peranan vital dalam menyingkirkan racun dan mengontrol hormon alami pada tubuh. Tidak bisa dipungkiri, kalau kebiasaan yang kita lakukan turut berkontribusi dalam membuat kinerja organ dalam anatomi tubuh manusia ini jadi terhambat.

Apakah kamu bisa membayangkan kalau ketiga organ vital tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik di dalam anatomi tubuh manusia? Tentu akan memunculkan berbagai masalah kesehatan yang nantinya akan mengganggu aktivitasmu.

Oleh karena itu, ada baiknya kita melakukan beberapa upaya untuk melindungi kesehatan organ dalam tubuh kita. Yuk, lakukan cara berikut agar kesehatan organ tubuh kamu tetap terjaga.

Cara Menjaga Kesehatan Organ Dalam Tubuh

1. Otak

Kemampuan otak mulai mengalami penurunan dimulai sebelum menjelang usia 40 tahun, makanya ini harus menjadi perhatian utama bagi kita. Untuk menjaga supaya otak kita bisa tetap sehat, caranya adalah bisa dengan mengasah kemampuannya dengan melakukan berbagai kegiatan baru, misalnya dengan rajin membaca.

Air merupakan salah satu bahan bakar otak. Tubuh juga memerlukan makan setiap 2-3 jam sekali, bisa disela-sela itu kamu ngemil kacang-kacangan atau biji-bijian. Fungsi otak bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi itu atau bisa dengan mengkonsumsi suplemen minyak ikan.

2. Paru-paru

Supaya paru-paru kamu bisa tetap sehat sampai usia tua, hindarilah asap tembakau, asap mobil, serta polusi udara. Bahkan, memakai pakaian ketat juga bisa melemahkan fungsi paru, lho. Hal itu disebabkan karena mengganggu pergerakannya untuk mengembang dengan bebas.

Tidak lupa, perbanyak konsumsi buah dan sayur dalam makanan. Kamu bisa rajin mengkonsumsi apel karena apel memiliki banyak kandungan vitamin E. Vitamin E ini berkaitan dengan fungsi paru yang optimal.

3. Hati

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan bukan satu-satunya musuh bagi organ hati atau liver. Minum pil pereda nyeri dengan kandungan dosis yang berlebih juga bisa menyebabkan gagal hati akut yang sering terjadi.

Kelebihan dalam mengkonsumsi vitamin A juga bisa membebani organ yang berfungsi untuk menyaring racun keluar dari dalam tubuh.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu bisa mencoba untuk meminum minuman lemon di pagi hari atau teh dandelion. Hal itu berfungsi untuk merangsang sekresi pada empedu hati yang bisa membuang racun.

Kerusakan pada organ vital yang satu ini yang paling banyak ditakuti oleh banyak orang. Kolesterol, diabetes, serta gaya hidup yang tidak sehat bisa merusak jantung. Tekanan darah tinggi adalah pembunuh yang sangat sulit untuk dideteksi, karena yang paling sering terjadi adalah tidak adanya gejala.

Kamu bisa menjalani latihan kardiovaskular secara rutin untuk mempertahankan fungsi jantung kamu. Jantung yang tidak berfungsi dengan baik, tidak akan mampu memompa darah dengan benar.

4. Ginjal

Banyak mengkonsumsi air akan sangat membantu ginjal kamu dalam membilas racun. Pasalnya, ada beberapa hal yang bisa membuat kerusakan organ ginjal seperti gagal ginjal. Hal ini biasanya disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi berbagai obat seperti aspirin, obat penurun kolesterol, jenis ramuan cina.

Ketika kamu mengonsumsi obat-obatan, harus bisa dipastikan jika kamu mengkonsumsinya dengan benar sesuai dengan dosis yang diberikan, dan gunakan obat yang sudah mendapat izin edar.

5. Pankreas

Pankreas memiliki fungsi untuk melepas enzim untuk memecah makanan. Namun, jika terus menerus makan makanan dengan kadar gula yang tinggi, kamu juga bisa membuat organ dalam yang satu ini kewalahan karena bekerja terlalu keras. Selain itu, juga bisa memperbesar risiko diabetes.

Agar organ pankreas kamu tetap sehat, maka kamu harus menjaga pola makan secara teratur, sehingga organ ini tidak bekerja terlalu keras. Dan pastikan untuk tidak makan secara berlebihan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan organ dalam yang menjadi bagian dari anatomi tubuh manusia. Untuk mempelajari anatomi tubuh lainnya beserta fungsi-fungsinya, kamu bisa membaca buku Anatomi Dan Fisiologi Pada Tubuh Manusia.

Buku Anatomi Dan Fisiologi Pada Tubuh Manusia membahas materi pokok mulai dari pengantar anatomi tubuh manusia, sel, jaringan, sistem saraf, sistem pencernaan, cairan tubuh, hingga keseimbangan energi dan regulasi suhu.

Buku ini juga dilengkapi dengan soal latihan yang bisa langsung kamu pelajari.

Buku ini bisa langsung segera kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com