Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Menjaga Imun Tubuh Agar Terhindar Dari Virus

Kompas.com - 05/04/2022, 12:00 WIB
Sumber Foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
Empon-empon Penangkal Virus & Penambah…
Pengarang: Gagas Ulung & Pusat…
|
Editor Ratih Widiastuty

Semakin kita dewasa, maka kita akan semakin sadar bahwa meningkatkan imun tubuh itu sangatlah penting karena bisa membuat diri kita sehat. Tidak hanya itu, dengan imun tubuh yang terus meningkat, tubuh kita akan menjadi lebih sehat. Dengan tubuh yang sehat, setiap aktivitas dapat dilakukan dengan maksimal.

Lebih pentingnya lagi, imun tubuh yang terjaga dengan baik, bisa mencegah diri kita terhindar dari berbagai macam virus yang hampir ada di sekitar kita. Apalagi saat ini, virus bisa menyebar dengan cepat, jika tidak berhati-hati tak menutup kemungkinan akan menjadi sakit.

Pada dasarnya, ada banyak sekali virus yang ada di dunia ini, ada yang berbahaya dan ada yang tidak begitu berbahaya. Oleh sebab iu, kamu perlu mengenal beberapa pengertian virus agar mengetahui cara mencegahnya dan mengetahui penanganannya.

Salah satu cara agar tidak mudah terserang oleh virus adalah meningkatkan imun tubuh. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah terserang virus.

Langkah-Langkah Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Untuk meningkatkan imun tubuh, sebaiknya jangan ditunda-tunda, di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk meningkatkan imun tubuh.

1. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Bagi kamu yang belum terbiasa berolahraga, sebaiknya segera melakukan olahraga secara rutin karena bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat, mengapa hal seperti itu bisa terjadi? Karena ketika berolahraga, aliran darah dalam tubuh akan mengalir dengan lancar, sehingga imun tubuh dapat mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

Olahraga yang paling mudah untuk dilakukan adalah lari. Jadi, sebelum bekerja, kamu bisa menyempatkan diri untuk melakukan lari pagi kurang lebih selama 15-30 menit. Jika, kamu memiliki kesibukan yang sulit untuk ditinggalkan, maka bisa berolahraga selama satu atau dua minggu sekali, bisa menggunakan sepeda, berenang, atau dengan berlari.

2. Makan Makanan Bergizi

Setelah ada langkah rutin berolahraga, kamu bisa meningkatkan imun tubuh dengan cara makan makanan bergizi seimbang. Dengan makanan seperti itu, tubuh kamu akan mendapatkan asupan protein, serat, lemak, dan lain-lain secara seimbang. Lebih baik lagi, kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi agar asupan makanan bisa meningkatkan imun tubuh lebih lama.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Tidur Tepat Waktu

Apakah kamu termasuk orang kalau tidur selalu begadang atau terlalu larut? Kebiasaan seperti itu harus dihilangkan karena bisa menurunkan imun tubuh, sehingga kamu rentan terkena virus dan menjadi sakit. Oleh sebab itu, kamu perlu mengatur jam tidur yang baik mulai saat ini. Dengan pola tidur yang teratur, badan kamu akan menjadi lebih bugar pada pagi hari dan lebih bersemangat dalam menjalankan rutinitas sehari-hari.

4. Mampu Mengelola Stres

Memang tak bisa dihindari bahwa setiap manusia pasti akan terus berpikir, tetapi segala sesuatu yang dipikirkan secara berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan, baik itu kesehatan fisik atau mental, sehingga bisa menyebabkan stres. Gejala ini memang terkadang tidak terlihat, tetapi perlahan-lahan bisa menurunkan imun tubuh.

Jadi, kamu harus pandai-pandai mengelola stres terutama pada saat menghadapi suatu hal. Dengan melakukan hal seperti itu, imun tubuh bisa terus mengalami peningkatan dan tubuh kamu pun tidak mudah dimasuki virus.

5. Selalu Menjaga Kebersihan Diri

Virus terkadang muncul dibeberapa ruangan yang tidak bersih dan terkadang menempel di orang lain. Oleh sebab itu, supaya imun tubuh tidak berubah menjadi lemah, kamu perlu membersihkan diri setelah sibuk melakukan pekerjaan dan bertemu dengan orang banyak. Hal membersihkan diri yang paling sederhana adalah mencuci tangan dengan sabun atau bisa juga menggunakan hand sanitizer.

6. Tidak Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol merupakan dua kegiatan yang tidak baik bagi kesehatan. Selain tidak baik bagi kesehatan, bisa menurunkan imun tubuh juga. Imun tubuh yang semakin berkurang, maka akan rentan terkena penyakit dan sulit untuk menjalankan aktivitas.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan demi meningkatkan imun tubuh. Nah, setelah membaca artikel ini sampai selesai, sebaiknya kamu segera meniatkan diri untuk meningkatkan imun tubuh. Lebih baik lagi, kalau niat itu tetap diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kamu akan lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Menjaga imunitas tubuh juga bisa didapat melalui minuman tradisional seperti empon-empon yang bisa dibuat sendiri di rumah. Simak resep aneka empon-empon melalui buku Empon-empon Penangkal Virus & Penambah Imunitas - 40 Resep Wedang Rimpang & Bumbu Dapur

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com