Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil Lebih Langsing, Berikut 5 Makanan untuk Diet Sehat

Kompas.com - 18/02/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Food Combining
Pengarang: Andang W. Gunawan
|
Editor Ratih Widiastuty

Memiliki tubuh yang sehat dan ideal adalah harapan semua orang agar bisa tampil lebih bugar dan menarik di mata orang lain, sehingga diperlukan berbagai kerja keras untuk mewujudkan itu semua.

Selain berolahraga, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal kamu juga dapat melakukan diet sehat dengan mengatur pola makan dan memilih asupan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

Agar tidak merasa jenuh saat mengonsumsi makanan sehat selama proses diet, dibutuhkan beberapa jenis makanan yang variatif agar bisa menghindarkan kamu dari rasa bosan saat menjalankan diet sehat.

Diperlukan ketelitian untuk tahu lebih lanjut akan kandungan beberapa makanan yang cocok dalam mendukung program diet sehat yang kamu lakukan, seperti lemak tak jenuh, kalori rendah, dan karbohidrat yang minim.

Selain olahraga dan mengonsumsi makanan sehat, kamu juga perlu menghindari beberapa jenis makanan yang akan memicu bertambahnya berat badan, seperti makanan yang mengandung gula, daging, coklat, hingga fast food.

Namun, jangan khawatir dan bingung karena lima makanan untuk diet sehat berikut ini bisa menjadi opsi bagi kamu dalam menentukan daftar menu harian saat melakukan program diet sehat.

5 Makanan untuk Diet Sehat

1. Buah-buahan

Kandungan gula alami yang terdapat dalam buah-buahan bisa menjadi sumber energi yang membantu mencegah konsumsi gula berlebihan yang memicu berat badan bertambah dan risiko terkena penyakit diabetes.

Buah-buahan juga kaya akan serat dan vitamin yang akan semakin mendukung program diet sehat yang kamu jalankan, sehingga selain menyehatkan tubuh, buah-buahan pun akan membantu mempercepat mengurangi berat badan.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau memang terkenal akan kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah, serta memiliki banyak serat yang akan sangat baik untuk tubuh dan membantu mempercepat mengurangi berat badan.

Jenis sayuran berdaun hijau yang bisa menjadi pilihan makanan diet sehat di antaranya adalah pakcoy, bayam, dan kangkung yang semuanya dapat dengan mudah diolah dan ditemukan di mana pun.

3. Tempe

Tempe merupakan sumber protein yang selain terkenal lezat juga memiliki harga yang murah meriah, sehingga bisa kamu masukkan ke dalam menu makanan diet sehat sehari-hari.

Kabar baiknya, tempe ini dapat kamu olah menjadi berbagai jenis masakan yang menyehatkan tubuh dengan resep yang variatif untuk menambah jumlah pilihan menu diet sehat yang akan dikonsumsi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Telur Rebus

Telur rebus merupakan salah satu pilihan makanan sehat yang cocok untuk dikonsumsi saat melakukan program diet karena memiliki kandungan vitamin dan protein yang mendukung untuk membantu menurunkan berat badan.

Telur rebus mempunyai nutrisi yang kaya seperti vitamin D serta kolin yang ada di dalam kuning telurnya sebagai sumber energi yang pas bagi kamu yang akan menjalankan program diet sehat.

5. Dada Ayam

Kandungan zat besi dan protein yang tinggi pada dada ayam akan membantu dalam proses penurunan berat badan yang memudahkan kamu dalam memilih menu diet sehat yang tepat bagi tubuh.

Dada ayam bisa kamu olah tanpa menyertakan kulitnya agar lemak yang ada di dalamnya bisa berkurang dan hanya dengan merebusnya saja kamu sudah dapat mengonsumsinya sebagai menu pilihan makanan diet sehat.

Selain memang dibutuhkan konsistensi jika ingin mencapai bobot tubuh yang ideal, kamu juga perlu lebih selektif dan cermat dalam menentukan makanan apa saja yang akan masuk ke dalam tubuh.

Kelima jenis makanan ini bisa menjadi alternatif pilihan dalam menu makanan diet sehat yang kamu jalankan, tapi jika kamu membutuhkan kombinasi makanan yang sehat, rekomendasi buku yang satu ini bisa kamu baca.

Buku Food Combining yang ditulis oleh Andang W. Gunawan adalah cara yang praktis untuk kamu dalam menentukan kombinasi makanan apa saja yang menyehatkan dan membuat tubuh menjadi langsing.

Buku ini menyesuaikan pola makan dan gaya hidup masyarakat Indonesia sehingga bisa memberikan informasi yang tepat mengenai pola makanan yang benar selaras dengan siklus pencernaan tubuh.

Informasi lengkap yang akan kamu temukan di dalam buku ini antara lain contoh menu sehat sehari-hari, detoksifikasi dan puasa, kombinasi makanan yang serasi, hingga pedoman belanja.

Buku Food Combining bisa kamu beli dan pesan di Gramedia.com dan selamat menjalankan program diet sehat.

Dapatkan gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com