Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Buku Kesehatan Jasmani untuk Memulai Pola Hidup Sehat

Kompas.com - 04/03/2022, 11:08 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Sehat Dan Bugar Di Usia…
Pengarang: Samekto Budi Pramono
|
Editor Ratih Widiastuty

Memiliki tubuh sehat dan bugar merupakan impian bagi setiap orang.

Namun sayangnya, tidak banyak orang yang benar-benar berusaha untuk bisa mewujudkan impian tersebut.

Rasa malas, kesibukan sehari-hari, tekad yang kurang kuat, sering menjadi faktor yang menghambat banyak orang untuk berolahraga.

Padahal terdapat berbagai macam jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan mudah dan tidak memakan waktu yang lama, sehingga bisa dilakukan di sela-sela aktivitas sehari-hari.

Selain untuk memiliki tubuh yang sehat secara jasmani dan memungkinkan kamu untuk beraktivitas dengan badan yang segar, olahraga juga memiliki banyak manfaat lain, seperti mencegah terserang dari berbagai macam penyakit, bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kualitas tidur, dan lain-lain.

Dengan banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga, rasanya tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk tidak memulai pola hidup sehat ini.

Terdapat berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari panduan mengenai olahraga dan kesehatan jasmani, salah satunya adalah dengan membaca buku.

Berikut beberapa rekomendasi buku kesehatan jasmani yang bisa menjadi pilihan bacaan kamu sebagai investasi untuk mewujudkan kualitas hidup yang lebih sehat.

Rekomendasi Buku Kesehatan Jasmani

1. Sehat dan Bugar di Usia Emas – Samekto Budi Pramono

Berdasarkan riset statistik yang pernah dilakukan, menunjukkan hasil bahwa umur rata-rata masyarakat Indonesia adalah sekitar 60 tahun, yang sekaligus juga memberikan sinyal bahwa usia sekitar 50-an merupakan titik usia kritis masyarakat.

Mengetahui fakta ini, penulis kemudian belajar dan melakukan penelitian pribadi untuk mengajak para pembaca memahami serta mempraktikkan fitness agar bisa memperbaiki kondisi ini.

Meskipun buku ini banyak membahas mengenai latihan fisik yang ringan dan mudah untuk dilakukan oleh orang-orang yang berusia 50 tahun, namun panduan yang dibagikan di dalamnya juga penting bagi para pembaca berusia muda yang ingin mencapai usia 50 tahun dengan tubuh yang sehat dan bugar.

Pembahasan terkait fitness yang dipaparkan secara lengkap dan mendetail membuat buku ini cocok digunakan sebagai pedoman untuk latihan gerak dan berpikir bagi pemula yang baru ingin memulai berolahraga.

Teknik-teknik latihan fisik yang dibagikan di dalam buku ini memiliki banyak fungsi, di antaranya untuk memperbaiki peredaran darah, pernafasan, jantung, penyebaran nutrisi, dan juga fungsi organ lain.

Setelah mengikuti panduan yang diberikan secara rutin dan konsisten, kamu akan merasakan berbagai dampak positif, seperti tubuh yang terasa sehat dan bugar, otot semakin mengencang, serta memudarnya kerutan-kerutan halus pada kulit.

2. Food Combining & Yoga – Erikar Lebang

Salah satu cara untuk bisa memperoleh kesehatan jasmani selain dengan melakukan latihan fisik adalah menjaga pola makan dan juga mempraktikkan yoga.

Erikar Lebang sebagai penulis merupakan seorang guru yoga yang pernah berguru langsung pada B. K. S. Iyengar di Pune, India dan telah mempraktikkan food combining selama lebih dari 15 tahun.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Melalui buku ini, penulis ingin membagikan pengalamannya tersebut kepada para pembaca untuk bisa meningkatkan kualitas hidup dengan memiliki tubuh yang sehat dan juga mengelola stres.

Kedua tujuan ini bisa dicapai melalui tips-tips yang dibagikan terkait pola makan yang sehat dan bisa menghalau stres, jenis bahan makanan serta pengaruhnya terhadap kondisi fisik dan mental, juga dengan asana yoga yang bisa dilakukan sendiri sehari-hari.

3. The Power of Yoga – Sandra Shanty dan Kenuk Yuliani

Melalui buku ini, kedua penulis yang merupakan instruktur yoga di Gajah Mada Medical Centre akan membedah olahraga yoga dari segi praktis.

Yoga sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti bisa menurunkan stres, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan keseimbangan, memperbaiki postur, menurunkan berat badan, serta masih banyak lagi.

Selain memperoleh kesehatan secara jasmani, kamu pun akan merasakan kekuatan di dalam jiwa dan juga pikiran dengan melakukan yoga secara rutin.

Buku ini membagikan terkait dasar-dasar gerakan yoga, gerakan yoga untuk berbagai macam penyakit, gerakan yoga untuk ibu yang sedang hamil, serta gerakan yoga setelah melahirkan.

Pembahasan yang mendetail namun tetap mudah untuk dipahami membuat buku ini cocok untuk dibaca bagi para pemula yang ingin belajar dan mempraktikkan yoga di rumah.

4. Eating Clean – Inge Tumiwa dan Bachrens

Menjaga pola makan merupakan salah satu kunci penting untuk bisa memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Semakin banyaknya makanan serta minuman kemasan, fast food, dan makanan serba goreng saat ini, tanpa disadari banyak mengandung zat-zat jahat bagi tubuh, seperti MSG, pengawet, gula, lemak jahat, dan lain-lain.

Jika tidak pandai menjaga asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, zat-zat jahat tersebut bisa tertimbun di dalam tubuh, dan di kemudian hari berpotensi untuk menimbulkan berbagai macam penyakit.

Melalui buku ini, penulis ingin membagikan mengenai 20 langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk membiasakan pola makan yang sehat dan murah di era modern seperti saat ini.

Kamu akan dipandu untuk bisa melepaskan diri dari kebiasaan makan sebagian besar orang yang sering kali tidak memperhatikan kandungan dan nilai kesehatan dari makanan yang dikonsumsi.

Nah, itulah keempat rekomendasi buku kesehatan jasmani yang cocok untuk kamu baca sebagai panduan untuk menjaga kesehatan tubuh, agar selalu sehat dan dijauhkan dari berbagai macam penyakit.

Kamu bisa mendapatkan buku-buku kesehatan jasmani ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat!

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com