Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Coba Cari Penghasilan Sendiri? Ini 5 Ide Bisnis untuk Pemula

Kompas.com - 03/12/2021, 19:00 WIB
Sumber Foto : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Tujuh Jurus Sukses Memulai Usaha
Pengarang: Eni Setiati
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Sebagian besar orang pasti punya keinginan untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses dan bisa membiayai kebutuhan hidupnya sendiri.

Tapi memulai sebuah usaha atau bisnis tidak semudah yang dibayangkan, banyak hal yang harus dipersiapkan seperti modal, strategi, kesiapan diri dalam menghadapi persaingan bisnis dan setiap resiko, serta masih banyak lagi.

Sebelum memulai usaha juga diperlukan sebuah perencanaan bisnis yang tepat, supaya usaha yang kita geluti bisa berjalan dengan baik kedepannya. Baca selengkapnya terkait Contoh usaha Modal Kecil.

Jika kamu tertarik untuk memulai sebuah usaha namun masih belum berani untuk mengambil banyak resiko, ini beberapa ide usaha rumahan yang sangat cocok untuk para pemula.

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pemula

1. Berjualan Pulsa dan Paket Internet

Dengan zaman yang semakin canggih, smartphone dan internet saat ini sudah menjadi sebuah komoditas utama yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Dalam situasi ini, ada satu peluang bisnis sederhana yang bisa kamu coba, yaitu usaha berjualan pulsa dan paket data internet.

Usaha rumahan yang satu ini juga tidak terlalu membutuhkan modal yang besar, kamu hanya perlu mendaftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa dan paket internet dengan menggunakan smartphone yang kamu punya.

Walaupun saat ini sudah banyak sekali orang yang menjalankan usaha ini, tapi jika kamu bisa menggunakan metode promosi yang menarik, maka akan membuat banyak pelanggan yang tertarik dan keuntungan yang kamu terima bisa semakin bertambah.

2. Membuka Jasa Reseller

Reseller adalah sebuah usaha untuk menjual kembali barang-barang dari produsen dengan selisih harga yang lebih menguntungkan. Temukan pula Perbedaan Dropship dan Reseller disini!

Ada dua cara untuk menjalankan usaha ini, kamu bisa lebih dulu membeli produk dari produsen untuk kemudian dijual kembali, atau kamu hanya mempromosikan berbagai produk yang dijual oleh produsen dan kamu akan dapat keuntungan jika ada yang tertarik membeli produknya melalui promosimu.

Selain mudah, kamu juga tidak memerlukan banyak produk dalam menjalankan usaha ini, kamu hanya perlu memiliki smartphone dan kuota internet untuk bisa mempromosikan dan memasarkan berbagai produknya, baik melalui offline maupun online.

Jika ada yang tertarik membeli, kamu hanya perlu mengirimkan rincian barang, jumlah yang dipesan, dan alamat pembeli kepada produsen atau supplier, dan dari sinilah kamu akan mendapatkan komisi.

3. Berjualan Kuliner Kekinian

Usaha kuliner adalah jenis usaha yang tidak akan pernah mati, karena setiap manusia pasti membutuhkan asupan ini untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sebagai pemula kamu pasti akan menggunakan sosial media sebagai tempat promosi, maka dari itu bisnis makanan yang kamu jalani juga harus sesuai dengan pasar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Saat ini pengguna media sosial mayoritas berasal dari kalangan anak muda yang lebih tertarik dengan menu-menu makanan yang kekinian.

Ada banyak sekali menu makanan kekinian yang bisa kamu jual, seperti nasi bento, rice bowl dengan berbagai lauk, keripik berbagai rasa, atau kamu juga bisa menjual makanan manis seperti kue kering dan dessert box.

Kalau kamu merasa memiliki kemampuan dalam membuat makanan yang enak, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan ini sebagai ladang bisnis yang menguntungkan.

4. Menjadi Penulis Lepas

Untuk kamu yang suka dengan kegiatan tulis menulis, kamu bisa menjadikan peluang ini untuk mendapatkan uang dari hasil tulisan-tulisanmu.

Kamu bisa membuat tulisan untuk mengulas atau review sebuah produk, menulis artikel atau berita, membuat script untuk suatu konten, dan masih banyak lagi.

Sebagai pemula, cobalah untuk mendaftarkan diri ke setiap forum yang sedang membutuhkan jasa seorang penulis, kamu juga bisa menunjukkan hasil tulisanmu untuk mereka jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Jenis usaha yang satu ini tidak memerlukan modal yang besar dan kamu juga tidak perlu repot untuk keluar rumah.

Selain usaha-usaha diatas, masih banyak sekali jenis usaha lain yang bisa kamu jalankan sebagai seorang pemula, kamu bisa menemukannya dalam buku Bisnis Rumahan Omzet Menggiurkan karya Aulia Fadhli.

Buku ini akan menunjukkan beberapa bisnis rumahan yang masih diminati banyak orang dan bisa dijalankan oleh para pemula yang ingin memulai sebuah usaha.

Tidak lupa juga, buku ini akan menjelaskan bagaimana peluang usaha yang harus dilakukan supaya bisnis yang kamu jalani bisa mendapatkan omset yang besar.

Setelah mengetahui usaha apa yang akan kamu jalani tapi kamu masih merasa takut dan cemas dengan banyak hal, kamu bisa membaca buku Tujuh Jurus Sukses Memulai Usaha karya Eni Setiati.

Buku ini membahas secara lengkap 7 jurus sukses dalam bisnis yang bisa kamu lakukan sebagai seorang pemula.

Selain itu, buku ini juga menyajikan banyak sekali cerita inspiratif dari para pengusaha yang akan membuat kamu menjadi tertantang untuk melangkah maju dan tidak lagi merasa takut maupun cemas dengan sebuah kegagalan.

Jika kamu tertarik membaca kedua buku ini, kamu bisa membelinya melalui online di Gramedia.com atau membeli versi e-booknya di Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com