5 Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Tipis

Kompas.com - 24/11/2021, 10:00 WIB
Sumber Foto : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Mompreneursip: 50 Usaha Ibu Rumah…
Pengarang: Shinta Kusuma
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Banyak orang bilang bahwa menjadi ibu rumah tangga berarti hanya bisa mengerjakan pekerjaan rumah saja tanpa bisa melakukan aktifitas lain.

Padahal itu adalah mindset yang salah, karena sebenarnya ibu rumah tangga juga memiliki banyak peluang untuk bisa menjadi seorang wirausaha.

Dengan pengelolaan manajemen waktu yang baik, banyak sekali usaha yang bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga untuk mengisi waktu sekaligus sebagai alternatif dalam mendapatkan penghasilan tambahan selain dari suami.

Tapi yang sering menjadi beban pikiran dan akhirnya membuat para ibu rumah tangga enggan untuk memulai suatu usaha adalah tidak adanya modal awal.

Padahal tidak semua usaha memerlukan modal yang besar sampai berjuta-juta, ada beberapa usaha yang bisa dengan mudah dijalankan hanya dengan modal yang kecil.

Berikut adalah 5 peluang usaha yang bisa dilakukan ibu rumah tangga dengan modal tipis

5 Ide Peluang Usaha

1. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha ini bisa dibilang cukup mudah dan murah, karena bisa menggunakan bahan-bahan yang biasa ditemukan di lingkungan sekitar rumah.

Ada banyak barang kerajinan yang bisa dibuat seperti tempat tisu, taplak meja, pot bunga, gelang, tas belanja, boneka, dan masih banyak lagi.

Dalam usaha kerajinan tangan ini, modal utama yang harus dimiliki adalah kreatifitas untuk bisa menyulap barang-barang yang awalnya terlihat biasa, menjadi lebih unik dan bermanfaat.

2. Membuka Usaha Katering

Bagi para ibu rumah tangga, memasak merupakan salah satu rutinitas yang paling sering dilakukan setiap hari.

Saking seringnya memasak, kemampuan para ibu rumah tangga ini biasanya jadi semakin meningkat dan bisa membuka peluang usaha yang menguntungkan seperti usaha kuliner.

Dalam usaha kuliner, para ibu bisa memulainya dengan membuka jasa catering, mulai dari makanan berat khusus prasmanan, kue kering atau kue basah, paket nasi kotak, dan masih banyak lagi, yang penting disesuaikan dengan waktu dan kemampuan.

Usaha katering ini tidak membutuhkan biaya yang besar untuk menyewa dapur restoran atau menyewa tempat usaha, karena bisa dilakukan dirumah dan menggunakan dapur pribadi.

Untuk mempromosikannya, cukup dengan menggunakan media sosial seperti Whatsapp, Facebook, dan Instagram, jika pelanggan merasa senang dengan hasil masakanmu, mereka juga pasti akan bantu mempromosikan usahamu ke banyak orang.

3. Laundry Baju

Selain memasak, mencuci baju juga merupakan aktivitas yang sudah akrab dengan para ibu rumah tangga, dan sebenarnya mencuci ini bisa dijadikan ladang usaha seperti usaha laundry baju.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Usaha laundry ini tidak memerlukan banyak modal karena hanya butuh beberapa perlengkapan seperti mesin cuci, alat setrika baju, air bersih, sabun cuci, yang semuanya sudah tersedia di rumah.

Kamu harus bisa menjaga pakaian pelanggan untuk selalu berada dalam keadaan baik, cuci pakaian dengan bersih dan wangi, kemudian setrika dengan rapi, ini merupakan kunci kesuksesan seseorang dalam usaha laundry.

Prospek usaha laundry ini bisa menjadi berkembang karena target pasarnya cukup luas dan banyak yang membutuhkan jasa ini seperti mahasiswa, pekerja kantoran, dan pasangan suami istri yang sibuk dan tidak sempat mencuci pakaian kotornya sendiri.

4. Menjadi Admin Sosial Media

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan kecil yang melakukan branding dan pemasaran produknya melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Menjadi admin ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi ibu rumah tangga, karena pekerjaannya tidak terlalu rumit dan bisa dilakukan sambil mengerjakan pekerjaan lain seperti mengurus anak.

Seorang admin media sosial biasanya diminta untuk mengunggah foto-foto produk, membuat caption, menjawab komentar atau pesan dari calon pembeli dengan cepat.

Semua aktifitas pekerjaan ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan satu perangkat handphone saja.

5. Bisnis Menjahit

Menjahit adalah bisnis yang tidak membutuhkan modal awal yang besar, tapi membutuhkan keahlian yang tidak semua orang bisa melakukannya, karena butuh kesabaran dan ketelitian dalam mengukur dan menjahit bahan sampai menjadi pakaian yang diinginkan.

Jasa menjahit pakaian ini masih banyak dicari oleh sebagian orang yang sering salah ukuran saat membeli baju, atau ingin merombak ulang baju-baju yang sudah lama tidak dipakai.

Cara pemasarannya pun mudah karena bisa melalui orang-orang di sekitar rumah, apabila hasil jahitanmu terkenal rapi, bagus, dan harganya terjangkau maka bisa dipastikan usahamu akan dikenal masyarakat dan ramai didatangi pelanggan.

Ditambah lagi jika kamu bisa meningkatkan kemampuanmu seperti menjahit kebaya dalam berbagai model, membordir, menambah hiasan pada pakaian menggunakan payet dan manik-manik, tentunya akan menjadi nilai tambah yang semakin menaikkan prospek usahamu.

Untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai usaha-usaha yang bisa dilakukan para ibu rumah tangga dengan modal yang tipis, kamu bisa baca buku Mompreneursip: 50 Usaha Ibu Rumah Tangga Zaman Now karya Shinta Kusuma.

Selain memberikan ide bisnis yang menguntungkan bagi ibu-ibu rumah tangga, buku ini juga berisi panduan bagaimana cara mengelola usaha secara online maupun offline supaya berjalan dengan baik dan mendatangkan banyak keuntungan.

Buku ini juga disertai dengan beberapa perhitungan awal yang bisa dijadikan patokan dalam menjalankan bisnis, agar para ibu bisa memperkirakan modal awal yang akan mereka gunakan.

Jika kamu tertarik untuk membaca dan mengetahui isi buku ini, kamu bisa membelinya melalui online di laman Gramedia.com.

Selamat membaca!


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.