6 Ide Bisnis untuk Mahasiswa, Alternatif Cari Uang dan Pengalaman

Kompas.com - 25/11/2021, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik
Rujukan artikel ini:
Ledakan Ide Bisnismu (Dalam Sembilan…
Pengarang: Adi Putera Widjaja
|
Editor Almira Rahma Natasya

Tidak bisa dipungkiri, kebutuhan sebagai seorang mahasiswa nyatanya cukup menguras kantong, mulai dari membayar sewa kos, uang semester, hingga biaya makan dan lain sebagainya.

Usia yang sudah memasuki tahap dewasa pun rasanya segan untuk terus meminta uang kepada orang tua, karena selain merasa iba, rasanya akan lebih etis jika kita mampu mencari penghasilan tambahan.

Namun, kegiatan yang biasanya menuntut waktu tidak memungkinkan kita untuk bekerja full time, sehingga menjalankan bisnis bisa menjadi peluang dan ide yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini.

Dengan berbisnis atau berwirausaha, mahasiswa mampu membagi waktu antara belajar dan mencari uang, sehingga di saat yang bersamaan mereka mampu memenuhi kewajiban dan tambahan finansial.

Namun, ide bisnis apa yang cocok dijalankan oleh mahasiswa? Berikut enam ide bisnis untuk mahasiswa sebagai alternatif mencari uang sekaligus pengalaman.

6 Ide Bisnis untuk Mahasiswa

1. Instruktur Online

Di era digital dan kondisi seperti ini, kegiatan yang dilakukan secara daring sudah menjadi hal yang lumrah dan biasa, sehingga saat ini semakin banyak kelas-kelas online yang menawarkan berbagai les belajar dan seminar.

Sebagai mahasiswa, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk menyalurkan ilmu atau pengetahuan yang kamu miliki dengan membuka kelas sebagai instruktur online, baik sebagai guru les, motivator, hingga kelas daring keterampilan.

Jaring sebanyak mungkin koneksi atau relasi terdekat, agar kredibilitas yang kamu miliki tidak akan diragukan saat kamu membuka usaha sebagai instruktur daring.

Cara ini juga ampuh sebagai media promosi dari mulut ke mulut sehingga bisnis yang baru kamu rintis dapat dikenal banyak orang.

2. Bisnis Thrifting

Saat ini bisnis thrifting sedang menggeliat dan banyak diminati oleh banyak orang, khususnya anak muda dan selera mereka bisa dipahami oleh mahasiswa yang ingin masuk ke bisnis ini.

Thrifting sendiri adalah bisnis menjual baju bekas, tapi dengan kualitas dan merek populer dengan harga yang tergolong miring, sehingga banyak dicari oleh anak muda yang ingin tampil gaya tapi memiliki kocek yang terbatas.

Apalagi jika kamu memiliki selera yang tinggi dalam hal fashion, prospek bisnis ini bisa menjadi solusi yang pas untuk menambah penghasilan.

Kamu tinggal tingkatkan kesabaran dan ketelitian saat mencari barang-barang thrifting untuk dijual kembali.

3. Freelance Writer

Menjadi freelance writer atau penulis lepas adalah pilihan yang tepat untuk mencari pundi-pundi rezeki sebagai mahasiswa, apalagi kemampuan menulis seorang mahasiswa biasanya sudah terasah dengan baik.

Saat ini banyak media online yang membutuhkan freelance writer untuk mengisi dan membuat konten untuk website, maka tidak mengherankan jika prospek atau peluang menjadi seorang penulis lepas begitu amat menjanjikan.

Selain bisa menghasilkan pendapatan, mahasiswa pun akan mendapatkan pengalaman yang akan membantu mereka untuk masuk dalam dunia kerja karena memiliki portofolio saat menjadi penulis lepas.

4. Jual Beli Buku Second

Kebutuhan mahasiswa untuk mencari referensi melalui buku teks amat tinggi, namun kantong yang tidak sejalan dengan kebutuhan itu memaksa mereka untuk mencari solusi lain, yaitu dengan membeli buku bekas.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis, karena mahasiswa sangat membutuhkan buku.

Dengan harga yang miring, para mahasiswa pun akan lebih tertarik, sehingga bisnis ini pasarnya pun sudah jelas dan pasti.

Kamu bisa memanfaatkan teman satu kampus sebagai media promosi, sehingga tidak perlu membutuhkan modal yang besar untuk menjaring pelanggan.

Usahakan untuk mencari dan menemukan buku second dengan kualitas yang masih baik dan orisinal sebelum kamu menjualnya.

5. Jasa Foto Produk

Semakin menjamurnya usaha-usaha berbasis daring membuat permintaan akan jasa foto produk semakin meningkat dan banyak dicari oleh berbagai pihak.

Oleh karenanya, jika kamu memiliki kemampuan yang lihai dalam dunia fotografi, tidak ada salahnya untuk mencoba ide bisnis yang satu ini, karena hanya dengan bermodalkan kamera smart phone, kamu sudah dapat melakukannya.

Jika ingin jasa foto produk yang kamu lakukan terlihat lebih menarik, beli beberapa properti untuk mendukung itu semua, seperti lampu, alas foto, tripod, hingga beragam aksesoris yang dapat mempercantik hasil foto.

6. Jasa Joki Game Online

Salah satu peluang bisnis yang tidak perlu mengeluarkan modal besar lainnya adalah menjadi joki game online, di mana kamu hanya perlu duduk manis di depan smart phone untuk melakukannya.

Semakin banyak peminat game online yang ingin menaikkan level tapi tidak memiliki waktu dan kemampuan, membuat jasa joki game online semakin banyak dicari dan dibutuhkan.

Jika kamu mempunyai talenta dalam bermain game online, tidak ada salahnya untuk membuka jasa ini, karena selain waktunya yang fleksibel, hasil yang didapatkan pun sangat menggiurkan.

Keenam peluang bisnis ini dapat membantu mahasiswa untuk menghasilkan pendapatan sekaligus tidak mengganggu kegiatan mereka di kampus.

Sebelum kamu mempraktikkan beberapa ide bisnis ini, alangkah baiknya jika kamu membaca buku Ledakan Ide Bisnismu (Dalam Sembilan Minggu).

Buku ini dapat membantu mengembangkan ide bisnis yang kamu pilih dengan teori yang mudah untuk dipraktikkan.

Di sini penulis menekankan jika bisnis dapat berkembang saat kamu menemukan cara dalam bekerja dengan kekuatan terbesarmu lewat hal-hal yang kamu sukai dan nikmati (passion).

Buku ini bisa dibaca dalam sekali duduk sehingga tidak akan memakan waktu yang lama untuk menyerap semua isinya.

Pembahasan yang ditulis pun dibahas dengan cara yang ringan dan sederhana agar mampu dipahami dengan mudah.

Tidak hanya berisi teori saja, buku ini juga memiliki tugas yang harus kamu kerjakan di setiap akhir bab, sehingga dapat mendorong kamu untuk mempraktikkan isi dari buku ini.

Tertarik untuk membacanya? Buku ini bisa kamu beli di Gramedia.com. Tidak lupa, buku ini juga bisa kamu baca secara digital di Gramedia Digital.


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.