Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hukum Menuntut Ilmu Dalam Islam yang Perlu Kamu ketahui

Kompas.com - 21/02/2023, 14:30 WIB
Hukum Menuntut Ilmu Dalam Islam Sumber: pexels Hukum Menuntut Ilmu Dalam Islam
Rujukan artikel ini:
Agar Menuntut Ilmu Jadi Mudah
Pengarang: Abdul Hamid M Djamil,…
|
Editor Rahmad

Perinta dalam menuntut ilmu bagi seorang muslim, telah dijelaskan secara gamblang di dalam al-quran serta hadits. Hukum menuntut ilmu adalah wajib bagi muslim laki-laki maupun perempuan, sebagaimana telah disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadits menuntut ilmu yang berbunyi:

"Mencari ilmu adalah kewajiban setiap muslim, dan siapa yang menanamkan ilmu kepada yang tidak layak seperti yang meletakkan kalung permata, mutiara, dan emas di sekitar leher hewan." (HR Ibnu Majah).

Ilmu dalam pandangan agama Islam, dianggap sebagai sebuah kebutuhan yang berfungsi untuk mengetahui kebenaran dan juga ditempatkan di posisi yang tinggi. Bahkan dalam sebuah hadits Imam Bukhari pernah menyebutkan bahwa:

"Berilmulah sebelum kamu berbicara, beramal, atau beraktivitas." (HR Imam Bukhari).

Dalam menuntut ilmu, para ulama membagi kategori wajib dalam menuntut ilmu menjadi dua, yaitu wajib ‘ain dan wajib kifayah. Apa maksud dari wajib ‘ain dan wajib kifayah dalam menuntut ilmu? Simak penjelasannya berikut ini.

Hukum Dalam Menuntut Ilmu

Hukum Menuntut Ilmu Dalam Islam Hukum Menuntut Ilmu Dalam Islam

1. Wajib ‘Ain

Wajib ‘ain adalah kewajiban dalam menuntut ilmu yang ditujukan kepada setiap individu. Hal tersebut menandakan bahwa tidak akan gugur suatu kewajiban bagi setiap individu jika tidak dilaksanakan.

Maka, terdapat tiga ilmu yang dimaksud dalam hukum menuntut ilmu adalah wajib ‘ain. Berikut ini adalah ilmu-ilmu yang wajib dipelajari dan akan menjadi dosa apabila seseorang meninggalkannya, yaitu:

  • Ilmu tauhid atau ilmu yang membahas mengenai eksistensi dari ketuhanan, kenabian, serta alam ghaib.
  • Ilmu fikih, yaitu ilmu yang mengupas tuntas semua hal yang berkaitan dengan tata cara ibadah.
  • Ilmu tasawuf atau ilmu yang menjelaskan mengenai cara menjaga amal ibadah supaya tidak sirna.

2. Wajib Kifayah

Maksud dari wajib kifayah pada saat menuntut ilmu adalah sebuah perintah yang wajib untuk dilakukan, yang ditujukan kepada sebuah kelompok, bukanlah untuk individu saja. Itu artinya, terdapat kewajiban dari sebuah kelompok yang dianggap gugur, jika salah satu dari kelompok tersebut telah mengerjakannya.

Dapat juga dikatakan, dengan perintah menuntut ilmu berupa wajib kifayah dipelajari oleh seluruh umat muslim akan menjadi gugur. Jika Sebagian dari umat muslim tersebut sudah mempelajarinya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ilmu yang dimaksud dalam menuntut ilmu yang wajib kifayah adalah sebuah ilmu yang berfungsi untuk kesejahteraan umat manusia. Misalnya saja ilmu tafsir, ilmu hadits, ilmu ushul fiqh, ilmu Bahasa Arab, ilmu kedokteran, ilmu hitung, ilmu biologi, ilmu arsitek, ilmu pertanian, dan banyak ilmu lainnya.

Itulah penjelasan mengenai hukum dalam menuntut ilmu. Menuntut ilmu dalam Islam memang menjadi suatu kewajiban. Rasulullah SAW bersabda: “Menuntut ilmu itu hukumnya wajib, bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan.”

Kewajiban dalam menuntut ilmu itu bisa dijadikan setiap muslim untuk senantiasa bersemangat dan juga bersungguh-sungguh dalam mempelajari suatu ilmu atau menuntut ilmu.

Sebab, diwajibkan kepada setiap muslim untuk mempelajari ilmu yang mereka butuhkan untuk dirinya saat ini. Selain itu, ilmu juga bisa diamalkan kapan saja dan di mana saja. Dengan begitu, kita juga bisa memperoleh pahala yang berlimpah.

Untuk memahami perintah dalam Islam mengenai kewajiban dalam menuntut ilmu beserta hukum-hukumnya, kamu juga bisa mempelajarinya melalui buku yang berjudul Agar Menuntut Ilmu Jadi Mudah. Kamu akan menemukan berbagai metode dasar yang berfungsi untuk menuntut ilmu. Baik itu pada saat sebelum menimba ilmu ataupun pada saat sedang menuntut ilmu.

Buku ini dilengkapi juga dengan berbagai kisah yang menarik dari para ulama Islam dalam mengkaji ilmu, sampai akhirnya nama mereka berhasil terukir alam sejarah.

Tidak hanya itu, buku ini juga memuat modal dalam menuntut ilmu, pentingnya niat dalam belajar, bagaimana cara memilih tempat belajar, guru, bahkan memilih kawan, hingga tips dalam mengoptimalkan waktu juga lengkap dibahas dalam buku ini.

Lantas, seperti apa saja metode belajar yang seharusnya digunakan oleh setiap muslim yang tengah menuntut ilmu? Serta cara agar bisa meraih kesuksesan dan tidak membuat umat muslim yang menuntut ilmu berhenti di tengah jalan.

Nah, buku yang ditulis oleh Abdul Hamid M Djamil, Lc ini dikemas untuk menguak berbagai macam trik yang mudah untuk mengenali metode dasar apa saja yang bisa digunakan untuk mengkaji ilmu. Selain itu, bahasa yang digunakan dalam buku ini sangatlah lugas dan mudah untuk dimengerti oleh para pembacanya.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com