Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ciri-Ciri Orang yang Percaya Diri, Apakah Kamu Salah Satunya?

Kompas.com - 05/12/2021, 17:00 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Gratitude
Pengarang: Greatmind
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Bicara tentang rasa percaya diri, setiap individu memiliki level yang berbeda-beda tergantung dari situasi dan pengalaman yang ia dapat sepanjang perjalanan hidupnya.

Ada banyak hal positif yang akan kamu dapatkan ketika kamu memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Kamu akan jadi individu yang tidak takut menghadapi segala jenis tantangan dalam hidup sehingga banyak peluang besar yang terbuka untuk kamu.

Dengan kata lain, percaya diri merupakan salah satu modal utama untuk bisa mencapai kesuksesan.

Memiliki kepercayaan diri yang rendah akan membuat kamu tidak leluasa melakukan banyak hal, misalnya dalam karir, pendidikan, atau bahkan dalam hubungan pertemanan.

Kepercayaan diri ini sebenarnya berangkat dari bagaimana cara kita memandang diri sendiri.

Rasa tidak percaya diri yang didiamkan terus menerus akan membuat kamu menjadi individu yang rendah diri.

Selain itu, rasa percaya diri yang rendah juga akan membuat kamu kesulitan mengambil berbagai peluang karena kamu mudah menyerah dan bahkan menganggap bahwa diri kamu tidak mampu.

Tapi gambaran orang yang percaya diri ini masih simpang siur, mereka kadang dianggap sebagai orang yang arogan dan agresif, dan bahkan bisa melebar ke dunia karir. Di mana orang yang punya kepercayaan diri sering sekali disebut sebagai orang yang sombong, banyak bicara, sering membual, dan selalu menjadikan orang lain sebagai saingan.

Padahal itu sama sekali bukan termasuk ciri orang yang memiliki kepercayaan diri, karena sifat percaya diri sebenarnya lebih mengacu pada karakter seseorang yang selalu mengusahakan yang terbaik untuk mencapai segala sesuatu.

Sebenarnya apa saja yang termasuk ciri-ciri orang percaya diri? Simak beberapa ciri-cirinya dibawah ini.

7 Ciri Orang yang Percaya Diri

1. Berani Mencoba Sesuatu yang Baru

Orang yang memiliki kepercayaan diri biasanya akan selalu penasaran dan ingin mencoba hal-hal yang baru.

Mereka tidak mudah dikalahkan oleh rasa takut akan kesalahan atau kegagalan, karena mereka sendiri menganggapnya sebagai sebuah proses untuk bisa tumbuh dan berkembang.

2. Tidak Takut dan Dengki dengan Keberhasilan Orang Lain

Orang yang percaya diri tidak akan mudah panas dengan keberhasilan orang lain, mereka akan lebih puas dengan keberhasilan yang sudah mereka dapatkan sendiri.

Mereka justru menjadikan keberhasilan milik orang lain sebagai sebuah pembelajaran, motivasi, dan bahan evaluasi untuk bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Mereka meyakini bahwa untuk menggapai tempat yang tinggi, mereka tidak perlu merendahkan orang lain karena hal itu sangat tidak baik bagi kesehatan jiwa.

3. Berani Mengutarakan Pendapat

Memiliki keberanian dalam mengutarakan pendapat menjadi salah satu ciri-ciri orang yang punya kepercayaan diri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Mereka tidak takut salah atau malu selama pendapat yang mereka utarakan adalah hasil pemikirannya sendiri.

Mereka juga siap menerima jika pendapat yang mereka sampaikan disanggah atau dikritik oleh orang lain, karena biasanya mereka juga mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk bisa menangani kritikan tersebut.

4. Tidak Suka Bergosip dan Berbicara Omong Kosong

Jika kamu memiliki kepercayaan diri yang baik, kamu jadi tidak akan punya waktu untuk bergosip atau bahkan membicarakan omong kosong tentang kehidupan orang lain, karena mereka merasa bahwa apa yang ada dalam diri mereka itu sudah cukup dan tidak perlu lagi membual tentang hidup orang lain.

Biasanya, orang-orang yang suka membual dan membicarakan orang lain adalah orang yang suka mendapat sorotan dan perhatian, sementara orang yang percaya diri tidak terlalu mementingkan hal tersebut.

5. Berdamai dengan Kelemahan yang Dimiliki

Memiliki rasa percaya diri membuat seorang individu bisa berdamai dengan kelemahan yang ada dalam dirinya dan fokus mencari solusi, bukan hanya mengutuk nasib dan tenggelam dalam kesedihan.

Selain itu, memiliki kepercayaan diri juga membuat seseorang tidak akan merasa segan atau malu jika ingin meminta bantuan dari orang lain saat dia berada dalam kesulitan.

6. Tidak Bergantung pada Pujian dan Tidak Tumbang karena Cacian

Orang yang percaya diri tidak akan mudah lupa daratan dan merasa tinggi hati saat menerima pujian dari orang lain.

Mereka akan lebih fokus pada tujuannya dalam mengejar impian.

Ditambah lagi, kepercayaan diri yang mereka miliki tidak akan mudah dipatahkan hanya karena cacian yang mereka dapatkan dari orang lain.

Daripada memikirkan pujian atau cacian dari orang lain, mereka akan lebih fokus pada tujuan mereka sendiri.

7. Menganggap Diri Sendiri Berharga

Ketika kamu menganggap diri kamu berharga dan spesial, maka rasa percaya diri kamu akan muncul dengan sendirinya, karena dengan menghargai diri sendiri, kamu akan memiliki keyakinan bahwa diri kamu tidak lebih rendah dari orang lain.

Seseorang yang punya kepercayaan diri akan punya keberanian yang lebih untuk berjuang dalam mewujudkan impiannya sendiri.

Untuk belajar bagaimana caranya menghargai dan mensyukuri apa yang sudah kamu miliki, kamu bisa membaca buku Gratitude yang ditulis oleh Greatmind.

Buku ini akan membuat kamu menyadari bahwa sebagai manusia kita tidak boleh lupa untuk selalu menghargai diri sendiri dan mensyukuri apa yang sudah kamu miliki dalam kehidupan, karena mungkin masih banyak orang lain yang memimpikan berada dalam posisi yang sama denganmu.

Para tokoh publik seperti Desi Anwar, Henry Manamping, Daniel Mananta juga turut melengkapi isi dalam buku ini.

Mereka ikut menyumbangkan pandangan dan pemikiran mengenai cara-cara yang tepat untuk bisa menghargai serta mensyukuri hal-hal kecil yang ada dalam hidup ini.

Jika kamu tertarik, kamu bisa dengan mudah membeli buku ini melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com