Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulan Quotes Sunda Lucu yang Bikin Ngakak Pisan

Kompas.com - 24/02/2023, 13:00 WIB
Quotes Sunda Lucu Sumber Gambar: Pexels.com Quotes Sunda Lucu
Rujukan artikel ini:
Kamus Lengkap Bahasa Sunda: Sunda…
Pengarang: Candra T Munawar
|
Editor Puteri

Bahasa Sunda memang mempunyai intonasi dan artikulasi yang terkadang bisa bikin orang-orang tertawa.

Tidak jarang banyak sekali yang tertarik untuk mempelajari bahasa dari daerah Jawa Barat ini saking khasnya.

Bahasa Sunda digunakan di hampir seluruh provinsi Jawa Barat, Banten, dan sebagian Jawa Tengah sehingga menjadi bahasa daerah yang paling banyak digunakan setelah bahasa Jawa.

Bahasa Sunda sendiri bisa dikategorikan sebagai bahasa ibu yang membuatnya kerap digunakan dalam kegiatan sehari-hari untuk berinteraksi dengan dialek dan intonasi yang khas.

Maka tidak mengherankan jika banyak orang dari daerah lain yang ingin mempelajari bahasa Sunda karena mempunyai daya tariknya tersendiri.

Cara paling mudah dan menyenangkan untuk mempelajari bahasa daerah yang satu ini adalah dengan membaca kata-kata atau quotes Sunda lucu yang bisa bikin ngakak.

Kata-kata lucu dalam bahasa Sunda yang khas mampu membuat siapa saja yang membacanya ingin tertawa terbahak-bahak.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Maka tidak ada salahnya untuk mulai mencari dan membaca quotes Sunda lucu karena selain bisa menghibur sampai ngakak, kumpulan kata-kata ini juga dapat menjadi media belajar bahasa Sunda yang tepat.

Mulai dari kata, makna, cara membaca, hingga logat yang diucapkan mampu menjadikan quotes Sunda lucu sebagai pelipur dan bacaan yang menghibur.

Berikut beberapa quotes Sunda lucu yang bisa bikin ngakak sampai terbahak-bahak.

Quotes Sunda Lucu

  • “Anggeur we seuseurian sanajan hate nalangsa mangrupakeun ciri-ciri jalma anu kuat, hebat, jeung loba jarawat.” Tetap tertawa meskipun hati sengsara merupakan ciri-ciri orang yang kuat, hebat, dan banyak jerawat.
  • “Tadina mah rek mandi, eh pas ngaca epek teh kasep keneh, jadina sibeunget weh.” Niatnya mau mandi, tapi waktu menengok cermin ternyata masih ganteng, jadinya cuci muka aja deh.”
  • Rek sakumaha beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu digawekeun.” Mau seberat apa pun pekerjaan, akan jauh lebih ringan jika tidak dikerjakan.
  • Engke lamun di sakola guru naros kunaon kabeurangan, jawab weh bodalakon mah datangna paneuri.” Kalau nanti di sekolah guru bertanya kenapa kesiangan, jawab aja pahlawan memang selalu datang belakangan.
  • Babaturan teh nyaeta jalma anu sok nginjeuman duit, bari tara daek mayar.” Sahabat itu adalah orang yang sering meminjam uang, tapi tidak mau membayar.
  • Entong sok ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tempo bulan, anjeuna oge sorangan nanging anggeur ketempo masihan cahaya.” Jangan merasa sengsara karena merasa sendirian. Lihatlah bulan, ia pun sendirian namun tetap memberikan cahaya.
  • Anjeun mah leweh lamun maca novel, urang mah ceurik lamun maca buku tabungan.” Kamu menangis jika baca novel, aku menangis kalau baca buku tabungan.
  • Ceuk ambu kudu loba sabar, ulah loba koprol.” Kata ibu harus banyak sabar, jangam banyak koprol.
  • Jauhan piomongeun, deuketan piduiteun.” Jauhi gosip, dekati sumber uang.
  • Anu ngaranna kahirupan mah pastina loba cobaan, lamun loba saweran mah dangdutan.” Yang namanya kehidupan pastinya banyak cobaan, jika banyak saweran namanya dangdutan.
  • Da aku mah apa atuh, tuang emih goreng oge disanguan deui.” Aku mah apa, makan mi goreng aja ditambah nasi lagi.
  • Tiasa teu nya nutupan kanyeri ku turub panci?” Bisa nggak ya menutupi rasa sakit dengan tutup panci?
  • Nu dagang teh teu baleg, menta es susu ngadon teu dibere es, jadi we uu.” Yang jualan nggak bener, minta es susu malah nggak dikasih es, jadinya uu.
  • Boga lanceuk teh meuni rajin, keur hujan kie ngadon nyebor kembang bari dipapayung.” Punya kakak kok rajin banget, lagi hujan begini malah menyiram bunga sambil pegang payung.
  • Nempo batur asa ku bagja ulin healing-healing, naha ari abdi di bumi we hulang-huleng.” Enak ya lihat orang-orang pada senang healing, sementara aku di rumah melamun.

Semoga 15 quotes Sunda lucu ini bisa menjadi hiburan yang membawa kebahagiaan ketika dibaca.

Namun, jika ingin belajar bahasa Sunda secara lebih mendalam, maka Kamus Lengkap Bahasa Sunda: Sunda – Indonesia, Indonesia – Sunda bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempelajari bahasa dari daerah Jawa Barat ini.

Kamus ini diperuntukkan bagi pelajar atau mahasiswa khususnya serta masyarakat pada umumnya yang tertarik dan berminat untuk belajar bahasa Sunda yang penyusunannya diusahakan selengkap mungkin, yakni meliputi kosakata yang frekuensi penggunaannya cukup tinggi.

Kamus ini disusun oleh Candra T. Munawar, seorang alumni Jurusan Sastra Sunda Universitas Padjadjaran sehingga isinya tidak perlu diragukan lagi.

Yuk, segera order kamusnya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com