Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Menyenangkan, Ini 6 Manfaat Membacakan Buku Cerita Dongeng Kepada Anak

Kompas.com - 09/02/2023, 11:30 WIB
manfaat membacakan dongeng kepada anak Sumber: pixabay manfaat membacakan dongeng kepada anak
Rujukan artikel ini:
Seni Mendidik Anak Di Era…
Pengarang: Asti Musman
|
Editor Rahmad

Apakah kamu termasuk orang tua yang sering membacakan buku cerita dongeng kepada anak?

Ternyata, membacakan buku cerita dongeng untuk anak merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk bisa membangun koneksi saraf “Bahasa” pada otak anak yang sedang tumbuh.

Membacakan cerita dongeng untuk anak juga menjadi sebuah kebiasaan yang sehat untuk bisa mendukung perkembangan kognitif dari anak.

American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa membaca untuk anak-anak dan bersama anak-anak merupakan sebuah acara yang sangat menggembirakan sekaligus menjadi cara untuk membina sebuah hubungan dengan anak, juga membantu dalam perkembangan bahasa.

Lalu, yang paling penting untuk diketahui, yaitu tidak perlu menunggu anak masuk sekolah untuk melakukannya, karena ini bisa menjadi bagian dari rutinitasnya.

Lantas, apa saja manfaat yang akan didapatkan jika orang tua sering membacakan buku cerita dongeng kepada anak? Berikut ulasannya.

Manfaat Membacakan Cerita Dongeng Kepada Anak

manfaat membacakan dongeng kepada anak manfaat membacakan dongeng kepada anak

1. Mengembangkan Imajinasi Anak

Dunia anak-anak adalah dunia bermain yang diwarnai dengan beragam imajinasi serta kreativitas. Namun, setiap anak tidak mengalami tingkat perkembangan imajinasinya yang sama.

Nah, setiap orang tua bisa mengasah daya imajinasi sang anak dengan membacakan cerita dongeng untuk anak secara rutin, sehingga anak bisa tumbuh menjadi anak yang lebih kreatif.

Bacakan juga cerita dongeng dengan intonasi yang tidak monoton serta gerakan tangan, sehingga anak bisa membayangkan gambaran dari isi cerita.

2. Melatih Daya Ingat

Pada saat membacakan cerita dongeng, orang tua bisa secara tiba-tiba bertanya kepada anak “Tadi siapa yan ama Kakek yang memahat Pinokio?” Hal tersebut berfungsi untuk melatih daya ingat dari anak.

3. Membangkitkan Minat Membaca Pada Anak

Dengan orang tua sering membacakan buku cerita dongeng kepada anak sejak kecil, maka secara tidak langsung hal ini bisa membangktkan minat embaca pada anak.

Anak bisa menjadi ketagihan untuk mendengarkan cerita-cerita yang menarik lainnya dan nantinya, dengan sendirinya si anak akan tertarik untuk membaca buku.

4. Terdapat Pesan Moral yang Dapat Disampaikan

Seperti halnya menonton film kartun saja, sebuah cerita dongeng juga memiliki pesan moral yang disampaikan di dalam cerita dongeng tersebut. Dengan membacakan buku cerita dongeng untuk anak, maka bisa membuat anak mengerti dan belajar dari pesan moral pada cerita dongeng.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Misalnya saja, cerita dongeng Malin Kundang yang mempunyai pesan moral supaya tidak menjadi seorang anak yang durhaka kepada orang tuanya. Dengan membacakan buku cerita dongeng yang menarik, maka anak akan mudah memahaminya.

5. Bonding Time

Ketika sedang membacakan buku cerita dongeng kepada anak, orang tua bisa membacakannya sambal memangkunya, memeluk, bercanda, atau sambal bermanja-manja. Hal inilah yang akan membuat hubungan orang tua dan anak menjadi lebih erat.

6. Melatih Keberanian Dalam Bertanya

Apakah si kecil sedang berada di fase asik untuk bertanya akan berbagai hal yang ada di sekitarnya? Ini merupakan sebuah hal yang sangat wajar dan perlu untuk dipahami.

Anak yang sering bertanya, tandanya mempunyai rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang baru.

Hal ini juga bisa dilatih dengan membacakan buku cerita dongeng. Sebab, manfaat membaca buku cerita dongeng untuk anak bisa melatih untuk menyampaikan keberanian dalam bertanya.

Pada saat melihat ada berbagai bentuk pada buku cerita, maka bisa memancing anak untuk bertanya.

Banyak sekali manfaat membaca buku cerita dongeng yang akan didapatkan. Dengan begitu, jangan segan untuk membacakan buku cerita dongeng untuk anak.

Dari pada anak terus menerus bermain gadget, lebih baik diisi dengan membaca buku cerita dongeng bersama.

Hal ini juga berkaitan dengan cara pola asuh orang tua kepada anak, sebab, setiap orang tua memiliki pola asuh tersendiri dalam mendidik anaknya.

Bahkan, di setiap negara memiliki pola asuh yang berbeda-beda. Pola asuh orang tua menentukan tumbuh kembang dari anak itu sendiri.

Trik-trik parenting setiap orang tua dari berbagai negara juga perlu untuk dipelajari para orang tua untuk bisa diterapkan. Rangkuman tentang trik parenting terbaik dari seluruh dunia bisa didapatkan melalui buku Seni Mendidik Anak Di Era 4.0.

Buku ini berisi tentang bagaimana orang tua yang ada di seluruh dunia memperlakukan anak-anak mereka. Disebutkan di dalam buku ini terdapat pola asuh dengan gaya yang kaku, lunak, atau bahkan menanamkan kemandirian sejak anak masih kecil.

Semua teknik pola asuh tidak ada yang salah, makanya buku ini menawarkan beragam pilihan yang cocok untuk diterapkan.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com