Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu SEO? Ini Penjelasan Pengertian dan Memanfaatkannya

Kompas.com - 20/01/2023, 09:30 WIB
apa itu seo Photo by Geralt on Pixabay apa itu seo
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar SEO
Pengarang: Su Rahman
|
Editor Rahmad

Apa itu SEO? Ini mungkin jadi pertanyaan dasar bagi kamu yang ingin mulai belajar digital marketing. Dalam praktiknya, SEO memang memiliki manfaat yang ampuh untuk mendongkrak digital marketing, terutama dalam promosi secara online.

Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari "Search Engine Optimization" yang merupakan teknik yang bertujuan untuk mengoptimasi website agar mendapatkan ranking terbaik di hasil pencarian Google.

Bagaimana cara optimasi SEO ini memudahkan orang menemukan situs website di Google. Lalu, dari sekian banyak search engine (Yahoo!, Bing, Amazon, dan lain-lain), mengapa Google harus mengutamakan SEO?

Jawabannya sederhana karena Google adalah mesin pencari paling populer bagi sebagian besar pengguna internet. Buktinya, sekitar 3,5 miliar pencarian dilakukan di Google setiap hari.

Jadi, tak heran jika Google menguasai 90 persen pangsa pasar mesin pencari atau statistika. Oleh karena itu, Google SEO cukup menentukan kesuksesan web.

Dengan pengoptimalan mesin telusur yang baik, situs web mengumpulkan lebih banyak lalu lintas potensial. Faktanya, 53% lalu lintas situs web berasal dari pencarian organik (SEO).

Pencarian organik mencari informasi dengan mengetikkan kata kunci tertentu ke Google. Selain itu, tidak hanya soal trafik, jangkauan audiens juga alias tepat untuk tujuan website (meningkatkan brand, event, resource informasi, dan lain-lain).

Memanfaatkan SEO

Berdasarkan pengertian Apa itu SEO di atas, berikut ini manfaat jika kamu mengoptimasi SEO.

1. Permudah Audiens Menemukan Situs Website

Strategi optimasi mesin pencari adalah cara yang efektif untuk memudahkan audiens target Anda menemukan situs web. Pasalnya dengan bantuan search engine optimization, website akan berada di halaman pertama Google.

Posisi ini jelas mempengaruhi lalu lintas website kamu. Ingatlah bahwa 75% orang terlalu malas untuk menggeser ke halaman lain dan seterusnya.

2. Tangkap Audiens yang Tepat

Google SEO tidak hanya membantu audiens menemukan situs web, tetapi juga memungkinkan kamu bisa menargetkan audiens yang tepat. Pasalnya, saat mencari kata kunci tertentu, bisa menargetkan kata kunci berdasarkan maksud pencarian atau audiens.

Misalnya, maksud pencarian situs web adalah untuk mengedukasi audiens tentang informasi. Sebagai pengusaha perawatan kulit yang telah melakukan penelitian, kamu tahu target audiens penasaran dengan niacinamide.

Hasilnya, kamu membuat konten blog tentang manfaat niacinamide dan menyatakan bahwa merek kamu mengandung zat tersebut. Dengan menerapkan teknik SEO, audiens target Anda dapat menemukan konten ini melalui Google.

SEO menangkap audience yang tepat selain itu juga algoritma Google memprioritaskan pengalaman penelusuran yang unik.

Dengan kata lain, algoritma Google menentukan rekomendasi konten yang ditampilkan di halaman pencarian, dengan mempertimbangkan karakteristik audiens.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Membangun Kesadaran Merek

Cara termudah bagi orang untuk menemukan produk yang mereka inginkan adalah cari informasi di Google. Statistik orang mencari informasi di Google, jadi SEO pasti diperlukan.

Faktanya, menurut Review Trackers, 63% orang lebih suka mencari produk di Google dibandingkan situs review lainnya. Artinya, Google memang tempat yang strategis untuk meluncurkan produk atau membangun brand awareness.

4. Sebagai Investasi Jangka Panjang

Optimisasi mesin pencari adalah investasi jangka panjang. Karena Google SEO dapat meningkatkan peluang bisnis. Selain itu, hasil pencarian yang relevan dapat memengaruhi 39 persen keputusan pembelian calon pembeli.

Optimisasi mesin pencari sebagai investasi jangka panjang. Menghasilkan lalu lintas secara alami meningkatkan posisi situs di Google dan dapat bertahan lama.

5. Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan

Selain keempat hal tersebut, manfaat SEO meningkatkan penjualan dan konversi online. Faktanya, 75% pemilik bisnis percaya bahwa SEO menghasilkan lebih banyak pelanggan daripada trik pemasaran lainnya. Bahkan, tingkat konversinya adalah 14,6%.

Alasannya adalah karena SEO dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan lebih efektif. Tidak seperti tipu muslihat pemasaran lainnya. Misalnya, social media marketing yang hanya bisa menargetkan pengguna program terkait (Instagram, YouTube, dan lain-lain).

Atau metode pemasaran lain seperti email yang hanya menjangkau pengguna email yang telah berlangganan buletin.

6. Membangun Top-of-Mind Brand

Istilah Top-of-Mind Brand adalah merek pertama yang dipikirkan pelanggan ketika mereka memikirkan kategori produk. Misalnya kalau bicara air mineral, kebanyakan orang menyebut Aqua. Nah, salah satu manfaat SEO adalah membangun Top-of-Mind Brand tersebut.

Seperti yang kamu ketahui, cara optimasi SEO di mesin pencari Google adalah investasi jangka panjang. Setelah website kamu berhasil merajai halaman pertama Google, website akan memiliki akar yang lebih kuat dan tidak akan mudah tergeser.

Buku Pintar SEO yang ditulis Su Rahman bisa kamu jadikan referensi untuk mempelajari apa itu SEO?

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis yang sudah ahli dalam bidang SEO. Sehingga pembaca bisa mempelajari banyak hal tentang SEO dalam buku ini yang bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com