Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Kerja SEO dan Langkah-Langkah untuk Menjadi Spesialis SEO

Kompas.com - 22/02/2022, 11:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Digital Marketing Di Era 4.0
Pengarang: RIADHUS SHOLIHIN
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Di era teknologi informasi yang semakin berkembang seperti sekarang, banyak sekali profesi unik yang hanya membutuhkan internet dan mesin pencarian Google saja dalam proses kerjanya, salah satunya adalah profesi SEO Specialist.

Profesi yang satu ini sebenarnya sudah cukup familiar bagi orang-orang yang bekerja di perusahaan startup, bahkan saat ini profesi SEO menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai sektor.

Apa Itu SEO Specialist?

SEO merupakan sebuah singkatan dari Search Engine Optimization, seorang SEO biasanya adalah orang-orang yang memiliki keahlian khusus dalam bidang internet marketing.

Tugas utama seorang SEO Specialist adalah untuk mengoptimalkan website perusahaan, supaya rangkingnya bisa naik dan muncul pada halaman pertama Google.

Hal ini akan sangat membantu untuk meningkatkan traffic dan jumlah pendapatan perusahaan.

Selain itu, seorang SEO Specialist juga bertugas dalam hal copywriting, membuat desain layout, dan membuat desain iklan supaya traffic website perusahaannya tetap bisa berjalan dengan baik setiap harinya.

Langkah-Langkah untuk Menjadi SEO Specialist

1. Memahami Cara Kerja Mesin Pencari

Mempelajari dan memahami konsep dasar mesin pencari Google memang sangat dibutuhkan, tapi langkah yang satu ini sebenarnya sangat mudah dilakukan, terutama bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari.

2. Memahami Konsep Kerja SEO

SEO ini termasuk ke dalam lingkup pekerjaan digital marketing yang bertujuan untuk menaikkan rating sebuah website.

Yang perlu diingat, SEO sebenarnya tidak hanya bertugas untuk meningkatkan pendapatan perusahaan, tapi juga membantu untuk merevisi apa yang menjadi keluhan customer sehingga mereka tetap mau bertahan dan tidak tertarik untuk pindah dan membeli produk di perusahaan lain.

3. Pastikan untuk Selalu Update Informasi Terbaru

Perlu diingat bahwa semakin hari, algoritma Google akan semakin beragam sehingga seorang SEO harus selalu update dan melihat perkembangan yang terjadi.

Selain itu, Google memang sering melakukan perubahan sistem algoritmanya sebanyak 200 kali dalam setahun, sehingga kamu sebagai SEO Specialist harus siap dengan perubahan yang terjadi.

Supaya tidak ketinggalan info-info terbaru, kamu bisa coba mengikuti beberapa berita atau website yang sering membahas topik mengenai SEO.

4. Memilih SEO Tools yang Tepat

Sebagai pemula, ada beberapa tools gratis yang sebenarnya bisa kamu gunakan, seperti misalnya Google Webmaster yang bisa digunakan untuk menganalisa SEO, selain itu kamu juga bisa mencari tahu berapa banyak traffic yang masuk ke sebuah website dengan menggunakan Google Analytics.

Walaupun terlihat mudah, profesi SEO sebenarnya tetap membutuhkan banyak tools yang bisa membantu memperlancar pekerjaan ini, bahkan membantu menghasilkan pendapatan serta traffic yang lebih banyak lagi.

5. Praktikkan Hasil Belajar Kamu

Setelah menyerap dan mempelajari banyak teori, kamu bisa coba mempraktekan ilmunya secara langsung.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tapi yang perlu kamu ingat bahwa setiap website memiliki perbedaannya masing-masing, jadi cobalah untuk mengenali keunikan website yang sedang kamu tangani, baru kemudian kamu bisa menerapkan SEO yang tepat sesuai kebutuhan.

Peluang Kerja SEO

Menjadi seorang ahli di bidang SEO memang tidak mudah, karena kamu perlu melewati proses yang panjang dan bahkan harus lebih dahulu mengalami trial and error.

Tapi tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar, karena mempelajari seluk beluk mengenai dunia SEO adalah sebuah investasi yang sangat berguna bagi kamu kedepannya.

Bagi sebuah perusahaan yang berkaitan erat dengan dunia online, SEO pasti menjadi salah satu profesi yang sangat diperlukan.

Ada beberapa jabatan yang mengharuskan seseorang untuk memahami SEO seperti jabatan developer, webmaster, marketing manager, web designer, dan beberapa jabatan lainnya.

Untuk jenjang karirnya sendiri, kamu akan menempati posisi sebagai junior SEO saat awal karir, baru kemudian naik tingkat menjadi SEO Eksekutif, dan menjadi SEO Manajer setelah bekerja kurang lebih 2 sampai 3 tahun.

Jika nanti kamu konsisten dalam menjalani pekerjaan ini, bukan tidak mungkin kamu juga akan diangkat menjadi Head of SEO.

Tapi bagi kamu yang ingin berwirausaha sendiri dan belum memiliki dana yang cukup untuk bisa meng-hire SEO Specialist, kamu tetap bisa menjadi pakar SEO untuk website bisnis kamu sendiri.

Mempelajari SEO dan digital marketing memang sangat penting, untuk itu kamu bisa coba membaca buku Digital Marketing di Era 4.0 yang ditulis oleh Riadhus Sholihin.

Buku ini akan membantu memperdalam wawasan kamu mengenai dunia digital marketing di era teknologi yang semakin canggih.

Buku ini juga memberikan pemahaman bahwa kegiatan marketing sebenarnya tidak terbatas pada proses penyampaian barang dan jasa saja, tapi bagaimana kamu bisa menjalin hubungan komunikasi yang baik demi untuk mencapai kepuasan konsumen.

Bagi kamu yang tertarik untuk memperdalam isi buku ini, kamu bisa membeli buku ini di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com