Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Buku Penulisan Proposal Penelitian untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Kompas.com - 12/01/2023, 12:30 WIB
rekomendasi buku penyusunan proposal penelitian Sumber: pixabay rekomendasi buku penyusunan proposal penelitian
Rujukan artikel ini:
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
Pengarang: Dr. Ida Samidah, S.…
|
Editor Rahmad

Proposal penelitian merupakan tulisan yang berisikan masalah utama tentang suatu penelitian serta langkah-langkah untuk memecahkan masalah dalam suatu penelitian. Isi dari proposal penelitian biasanya adalah sebuah ringkasan dan rancangan dari suatu penelitian yang akan diteliti.

Di setiap jurusan dalam perguruan tinggi, setiap mahasiswa tingkat akhir tentunya harus menuliskan proposal penelitian sebagai syarat untuk pembuatan skripsi. Biasanya, hampir di seluruh jurusan mempunyai buku pedoman dalam penelitian yang didalamnya sudah berisi tentang proposal penelitian. Setiap perguruan tinggi biasanya mempunyai buku pedoman yang berbeda-beda.

Meskipun setiap jurusan memiliki buku pedoman yang berbeda-beda dalam hal penulisan proposal ilmiah, tetapi tetap saja buku tentang proposal penelitian secara umum selalu dibutuhkan. Terutama bagi mahasiswa tingkat akhir.

Jadi, berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku yang bisa kamu jadikan pedoman dalam penyusunan proposal penelitian. Simak ulasannya sampai habis, ya.

Rekomendasi Buku Penulisan Proposal Penelitian

1. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah

Tidak sedikit para mahasiswa tingkat akhir mengalami kesulitan dalam penulisan karya ilmiah atau proposal penelitian. Kesulitan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa karena minimnya pemahaman mengenai proposal penelitian itu sendiri dan kebingungan tentang cara penulisan proposal penelitian.

Jadi, buku karya Dr. Ida Samidah, S. Kp, M. Kes Dahrizal, S. Kp, MPH sangat membantu para mahasiswa dalam memahami tentang karya ilmiah serta cara penulisan karya ilmiah. Di dalamnya juga termasuk informasi tentang proposal penelitian.

Melalui buku ini, pembaca bisa memahami mulai dari pengertian, tujuan, serta manfaat dari penulisan karya ilmiah dan juga langkah penyusunannya. Mulai dari penyusunan tahap awal, hingga ke tahap akhir.

Buku ini tidak hanya untuk kamu para mahasiswa tingkat akhir saja, tetapi bisa juga untuk kamu yang sedang mengikuti mata pelajaran penulisan karya ilmiah dan proposal penelitian.

Selain itu, buku ini juga bisa berguna bagi para pengajar atau dosen pembimbing, karena buku ini bisa membuat para dosen pembimbing mengarahkan peserta didiknya untuk menghasilkan karya ilmiah yang lebih terarah.

2. Proposal Penelitian Mixed-Methods : Desain & Teknik Penulisan

Buku yang berjudul Proposal Penelitian Mixed-Methods: Desain dan Teknik Penulisan karya Agustinus Bandur,Ph.D ini ditulis untuk membantu para pembaca dalam menuliskan rancangan penelitian dan proposal penelitian yang lebih berkualitas.

Buku ini bisa membantu berbagai pihak, baik mahasiswa tingkat akhir maupun para dosen atau pengajar dalam melakukan penelitian mixed-methods serta publikasi hasil penelitian di jurnal internasional yang memiliki reputasi baik.

3. Kiat Menyusun Proposal Penelitian

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buku Kiat Menyusun Proposal Penelitian karya Urip Santoso ini diawali dengan pembahasan mengenai cara dalam mengembangkan berpikir kritis yang menjadi bekal untuk siapa saja yang sedang menyusun proposal penelitian.

Selain itu, buku ini juga berisi rambu-rambu usulan penelitian, menggali serta merumuskan masalah, penelusuran pustaka dan juga penyusunan proposal penelitian.

Selanjutnya, buku ini juga membahas tentang kiat-kiat dalam menyusun proposal penelitian yang berskala nasional, mulai dari pembuatan judul sampai penyusunan dalam anggaran suatu penelitian.

Tidak hanya itu, pembahasan di dalam buku ini juga dilengkapi dengan pembahasan tentang pentingnya peer group bagi keberhasilan dalam kegiatan penelitian dan bagaimana cara membangun peer group yang solid. Selain itu juga terdapat teknik dalam mengutip, kiat memilih penyandang dana serta etika dalam penyusunan proposal penelitian.

Kemudian, pada bagian terakhir, buku ini dilengkapi juga dengan contoh proposal penelitian yang bisa membuat kamu semakin memahami bagaimana cara membuat proposal penelitian yang baik dan benar.

4. Sistematika Penulisan Karya Ilmiah

Buku Nova Oktavia, SKM., MPH yang berjudul Sistematika Penulisan Karya Ilmiah ini mampu memberikan sumbangan penting terhadap peningkatan kualitas hasil penelitian serta penulisan proposal penelitian dan juga publikasi di jurnal ilmiah.

Buku ini juga akan membantu para peneliti dalam hal menyelesaikan karya ilmiah, selain itu juga dapat dijadikan sebagai pedoman oleh para mahasiswa dalam membuat skripsi. Buku ini tidak hanya digunakan oleh mahasiswa tingkat akhir saja, tetapi bisa juga dibaca oleh pemula untuk memahami konsep dasar penelitian dan penulisan proposal penelitian.

Itulah beberapa rekomendasi buku tentang proposal penelitian yang wajib dibaca oleh kamu mahasiswa tingkat akhir.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com