Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Konjungsi Temporal? Inilah Penjelasannya Menurut Para Ahli

Kompas.com - 12/01/2023, 10:30 WIB
pengertian konjungsi temporal menurut ahli Sumber: pixabay.com pengertian konjungsi temporal menurut ahli
Rujukan artikel ini:
Kumpulan Peribahasa, Majas, dan Ungkapan…
Pengarang: Yettik Wulandari, S.Pd
|
Editor Rahmad

Kalian pasti pernah membaca kalimat yang mempunyai kata penghubung yang menghubungkan antara satu kalimat dengan kalimat lainnya. Kata penghubung itu pastinya bisa membantu kita supaya bisa membaca suatu paragraf dengan lebih baik dan tidak membingungkan.

Di dalam pelajaran bahasa Indonesia, kalimat penghubung tersebut disebut dengan konjungsi. Nah, konjungsi walaupun mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk menghubungkan, tetapi konjungsi mempunyai jenis yang berbeda-beda. Perbedaan setiap jenis konjungsi ini berdasarkan pada tujuannya. Salah satunya adalah konjungsi temporal.

Salah satu konjungsi yang pastinya tanpa sadar sering kita temui adalah konjungsi temporal. Lantas, apa itu konjungsi temporal? Berikut ini ulasan lengkap mengenai definisi konjungsi temporal?

Pengertian Konjungsi Temporal

Sebelum kamu mengetahui pengertian konjungsi temporal, ada baiknya untuk kamu juga mengetahui pengertian dari istilah konjungsi itu sendiri. Jadi, secara umum konjungsi merupakan suatu kata yang berfungsi untuk menghubungkan antar kalimat yang satu dengan kalimat lainnya.

Konjungsi ini sifatnya digunakan agar antar kalimat memiliki keterikatan. Lalu, apa itu konjungsi temporal?

Konjungsi temporal merupakan satu dari sekian banyak jenis konjungsi. Jadi, konjungsi temporal merupakan suatu kata penghubung yang berkaitan dengan waktu. Maksudnya adalah konjungsi temporal berfungsi untuk menghubungkan antara satu kejadian dengan kejadian yang lainnya supaya bisa saling berkaitan.

Jadi, kalimat yang menggunakan konjungsi temporal adalah kalimat yang menjelaskan sesuatu yang berkenaan dengan waktu, peristiwa, maupun suatu kejadian. Konjungsi temporal biasanya digunakan saat menjelaskan tentang waktu dari suatu peristiwa untuk membantu para pembacanya memahami maksud dari kalimat yang ditulis.

Penggunaan kalimat penghubung ini sangat penting digunakan supaya bisa memberikan kronologi dari suatu peristiwa secara lebih runut berdasarkan urutannya. Selain itu, konjungsi temporal biasanya digunakan untuk artikel atau teks pada berita.

Selain itu, konjungsi temporal ini juga banyak digunakan untuk menuliskan teks prosedur. Teks prosedur sendiri merupakan tulisan tentang tutorial atau tips yang sifatnya menjelaskan mengenai langkah-langkah untuk mengerjakan sesuatu.

Pengertian Konjungsi Menurut Ahli

pengertian konjungsi temporal menurut ahli pengertian konjungsi temporal menurut ahli

1. Sulis Setiawati

Menurut Sulis, konjungsi temporal adalah suatu penghubung waktu yang menjelaskan tentang terjadinya suatu peristiwa antara tahapan awal dengan tahapan yang berikutnya.

2. M. Ramlan

Ramlah mengatakan bahwa konjungsi temporal adalah hubungan pertalian waktu pada suatu kalimat yang digunakan untuk menjelaskan tentang terjadinya peristiwa dari kalimat yang satu ke kalimat yang selanjutnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, konjungsi temporal juga merupakan kata penghubung yang juga menjelaskan tentang hubungan waktu pada dua peristiwa yang terjadi.

3. Keraf

Menurut Keraf, konjungsi temporal adalah sebuah kata penghubung yang menghubungkan kata-kata, bagian-bagian kalimat atau kalimat yang ada di dalam sebuah wacana.

4. Abdul Chaer

Abdul Chaer menjelaskan bahwa konjungsi temporal adalah kata-kata yang digunakan untuk menghubungkan klausa dengan klausa, kalimat dengan kalimat, serta kata dengan kata.

Berdasarkan dari penjelasan para ahli di atas tentang konjungsi temporal, maka bisa diartikan juga bahwa konjungsi temporal adalah kata-kata yang berperan untuk menghubungkan antar kata, antar kalimat, ataupun antar paragraf sesuai dengan yang diulas melalui penjelasan di atas.

Dalam penggunaannya, konjungsi temporal tentunya menjadi bagian yang terpenting dalam penulisan bahasa Indonesia. Adanya konjungsi temporal mampu membantu pembaca untuk bisa memahami suatu tulisan atau karangan yang baik. Tanpa adanya kata penghubung atau konjungsi temporal, maka suatu kalimat atau paragraf bisa menjadi sulit untuk dipahami oleh pembacanya.

Selain itu, pemilihan konjungsi temporal juga harus memiliki ketepatan, tidak bisa sembarang dalam penggunaan kata penghubung atau konjungsi temporal. Sebab, jika salah pemilihan kata, maka akan merubah makna dari kalimat atau teks tersebut.

Pemahaman mengenai pemilihan dalam penggunaan kata bisa kamu pelajari melalui buku Kumpulan Peribahasa, Majas, Dan Ungkapan Bahasa Indonesia. Buku Yettik Wulandari, S.Pd ini memuat kumpulan majas, peribahasa, serta ungkapan dalam bahasa Indonesia yang bisa dijadikan sebagai panduan praktis dalam belajar.

Materi yang ada di dalam buku ini terdiri dari tiga bagian, yaitu peribahasa, majas, dan juga ungkapan. Pada bagian peribahasa terdiri lebih dari 1000 peribahasa beserta dengan maknanya. Pada bagian majas, kamu bisa menemukan lebih dari 50 majas beserta dengan contohnya. Sementara itu, untuk kalimat ungkapan, terdiri dari 250 daftar idiom dalam bahasa Indonesia beserta dengan artinya.

Buku ini sangat lengkap untuk dipelajari dan juga cocok sebagai referensi para guru bahasa Indonesia untuk mencari arti peribahasa, majas, ataupun ungkapan bahasa Indonesia. Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com