Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jenis-jenis Teks Bahasa Indonesia Paling Umum dan Banyak Digunakan

Kompas.com - 19/12/2022, 18:30 WIB
Jenis-jenis Teks Bahasa Indonesia Photo by lil_foot_ on Pixabay Jenis-jenis Teks Bahasa Indonesia
Rujukan artikel ini:
Jenis-Jenis Teks Analisis Fungsi. Struktur.…
Pengarang: Dr.E.Kosasih, M.Pd
|
Editor Rahmad

Belajar bahasa Indonesia pasti tidak lepas dengan teks. Ada beberapa jenis-jenis teks bahasa Indonesia yang perlu kamu ketahui dari banyaknya jenis teks dalam bahasa Indonesia.

Setidaknya, kamu mengetahui tentang teks deskripsi, eksposisi, eksplanasi, persuasi, narasi, biografi, berita, dan anekdot. Jenis teks tersebut akan sering kalian jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan paling umum dalam bahasa Indonesia.

Pengertian Teks dalam Bahasa Indonesia

Teks adalah wacana lisan dalam bentuk tulisan yang terstruktur. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks tersebut adalah nama samaran untuk pengganti, kutipan dari tulisan kuno, bahan tertulis untuk pelajaran atau pidato, dan untuk diskusi tertulis.

Berdasarkan pemahaman tersebut, masih banyak yang beranggapan bahwa teks sama dengan wacana. Keduanya memiliki arti dan makna yang berbeda. Teks dan wacana adalah pernyataan tentang dua hal yang berbeda. Teksnya adalah monolog non-interaktif.

Pada saat yang sama, wacana adalah pidato interaktif. Oleh karena itu, ada perbedaan antara teks dan wacana menurut penggunaannya atau bagaimana penggunaannya.

Selain itu, ada juga yang mengartikan teks sebagai bahasa, sebagai satu kesatuan yang ditransmisikan secara tertulis dengan struktur organisasi tertentu untuk mengungkapkan makna secara kontekstual.

Tentunya jika sudah paham dan mengerti apa itu teks secara umum, maka makna teks tersebut tidak hanya harus dipahami secara umum dan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Jenis-Jenis Teks Bahasa Indonesia

Berdasarkan pengertian teks di atas, berikut ini jenis-jenis teks bahasa Indonesia yang perlu kamu ketahui:

1. Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah jenis teks yang umum digunakan dan ditemui. Berdasarkan pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks deskripsi adalah makna atau uraian teks atau uraian dengan kata-kata yang jelas dan terperinci.

Teks deskripsi ini biasanya mencakup deskripsi tempat, objek, lokasi, atau peristiwa yang dapat dirasakan, dilihat, dicium, dan didengar.

Jenis teks ini menggambarkan keadaan objek dari sudut pandang penulis yang biasanya ditandai dengan panca indera. Membuat teks deskriptif, penulis harus dapat memberikan penjelasan yang konkret.

Penjelasan khusus penulis memudahkan pembaca untuk memahami apa yang dijelaskan dalam teks deskriptif.

Untuk membedakan apakah itu teks deskriptif atau teks lain, maka bisa dilihat melalui ciri-ciri dan sifatnya.

2. Teks Eksposisi

Jenis-jenis teks bahasa Indonesia lainnya adalah teks eksposisi yang merupakan teks yang dikenal sebagai esai atau paragraf yang berisi informasi atau informasi yang dimaksudkan untuk dideskripsikan secara singkat, padat, dan jelas.

Sebuah teks eksposisi biasanya memiliki isi atau tujuan mengungkapkan ide atau mengusulkan sesuatu berdasarkan argumentasi yang kuat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah jenis teks yang berisi penjelasan tentang sebab dan akibat serta proses yang berkaitan dengan fenomena alam dan sosial yang terjadi di sekitarnya. Teks penjelasan biasanya menjelaskan hubungan logis antara beberapa peristiwa.

4. Teks Persuasif

Teks persuasif berisi pernyataan untuk mendorong atau mengajak seseorang untuk mengikuti keinginan atau tulisan penulis. Dengan kata lain, salinan persuasif biasanya bersifat promosi karena tujuannya adalah untuk mengajak pembaca masuk.

5. Teks Naratif

Teks naratif adalah teks yang berisi cerita tentang peristiwa atau kejadian yang silih berganti.

Teks ini memuat kronologi terjadinya peristiwa tersebut. Teks naratif harus mencakup peristiwa, karakter, plot, dan latar, dimulai dengan menentukan waktu, tempat, atau suasana.

6. Teks Biografi

Teks biografi berisi kisah perjalanan seorang tokoh dalam kehidupannya. Teks ini ditulis oleh seseorang agar banyak orang dapat meniru karakter tersebut. Teks ini mencakup masalah yang dihadapi dan kekuatan karakter inspirasional.

7. Pesan Teks

Teks berita di dalam teks adalah teks yang memuat laporan peristiwa yang layak diberitakan dan disajikan secara nyata, faktual, relevan, dan menarik.

Teks berita dapat diunggah ke berbagai media, misalnya media cetak seperti majalah, surat kabar, media digital seperti radio, televisi, internet dan lain-lain.

8. Teks Anekdot

Termasuk dalam jenis-jenis teks bahasa Indonesia yang umum selanjutnya adalah teks anekdot. Apa itu teks anekdot, biasa dikenal dengan teks yang berisi cerita lucu.

Namun di luar itu, teks anekdot memiliki fungsi penting, yaitu mengkritik atau menyindir orang, lembaga, atau situasi sosial.

Namun, kritik dan sindiran terhadap kondisi tersebut harus sarat humor atau jenaka, agar kritik yang disampaikan tidak menggunakan kata-kata kasar, melainkan bermakna.

Buku Jenis-Jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah Serta Langkah Penulisannya bisa kamu jadikan referensi untuk belajar jenis-jenis teks bahasa Indonesia. Buku ini juga dilengkapi contoh teks dan cara membuatnya, sehingga mudah bagi pelajar untuk memahaminya.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com