Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku tentang Gaya Bahasa Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Kompas.com - 14/10/2022, 11:30 WIB
rekomendasi buku tentang gaya bahasa Buku Pintar Majas Pantun dan Puisi on Gramedia.com rekomendasi buku tentang gaya bahasa
Rujukan artikel ini:
Mengenal Gaya Bahasa dan Peribahasa
Pengarang: Arni Susanti Oktavia
|
Editor Rahmad

Apakah kamu butuh referensi belajar gaya bahasa? tepat sekali, kamu mungkin butuh rekomendasi buku tentang gaya bahasa untuk mempelajarinya. Dalam praktiknya, gaya bahasa Indonesia memiliki berbagai konsep dan jenisnya, seperti majas, peribahasa, dan sebagainya.

Bahkan, jenis majas saja sudah bermacam-macam, mulai dari majas personifikasi,majas sinisme, majas hiperbola, dan banyak lagi. Untuk mempelajarinya, kamu bisa menggunakan referensi contoh gaya bahasa dan memahami makna penggunaanya.

Oleh karena itu, gaya bahasamu berkembang, baik dalam penulisan atau percakapan. Banyak membaca buku dan memahami konsep dasar gaya bahasa bisa kamu tekuni untuk mahir menggunakannya.

Rekomendasi Buku tentang Gaya Bahasa

Berikut ini rekomendasi buku tentang gaya bahasa Indonesia terbaik untuk panduan belajar:

1. Mengenal Gaya Bahasa dan Peribahasa

Penulis : Arni Susanti Oktavia

Tahun Terbit : 3 April 2019

Penerbit : Rasi Terbit

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 149

Gaya bahasa dan peribahasa adalah warisan budaya Indonesia dengan makna yang dalam dan kecerdasan yang tinggi, dan relevansinya akan tetap ada selamanya. Itulah sebabnya menggunakan gaya bicara dan ucapan yang tepat dalam kehidupan sehari-hari itu penting.

Terutama dalam mempromosikan nilai-nilai positif dalam nasihat, teguran dan sindiran. Buku Mengenal Gaya Bahasa dan Peribahasa adalah edisi terbaru dan berisi kumpulan ucapan dan gaya bahasa yang populer.

Buku ini direkomendasikan sebagai referensi bagi pelajar, mahasiswa, guru, pendidik, dan masyarakat umum untuk belajar lebih banyak tentang gaya bahasa.

2. Pengajaran Gaya Bahasa

Penulis : Henry Guntur Tarigan

Tahun Terbit : 28 Juli 2021

Penerbit : CV. Angkasa

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 246

Kekayaan kosakata seseorang juga menentukan kualitas kemampuan dalam berbahasanya. Kemahiran berbahasa tentu menjadi tujuan utama pengajaran bahasa. Seseorang yang dapat mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis dengan baik dianggap berbakat bahasa.

Salah satu teknik untuk memperkaya kosakata adalah penggunaan berbagai gaya bahasa. Ini adalah cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang menunjukkan jiwa dan kepribadian penulis (pengguna bahasa).

Pelajaran gaya bahasa ini diperlihatkan kepada siswa, guru bahasa, dan peminat pengajaran bahasa untuk mengisi sebagian kecil pengajaran bahasa pada umumnya dan pengajaran gaya bahasa pada khususnya.

Buku Pengajaran Gaya Bahasa menjelaskan gaya bahasa dan pentingnya gaya bahasa yang berbeda, serta ilustrasi untuk membantu guru menemukan dan menggunakan gaya bahasa dan mengajarkannya kepada siswa mereka.Sebuah glosarium juga disertakan.

3. Buku Pintar Majas Pantun dan Puisi

Penulis : Ulin Nuha Masruchin

Tahun Terbit : 28 Juli 2017

Penerbit : Hutamedia

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 184

Baru-baru ini, bahasa kita tercinta, bahasa Indonesia, menjadi salah satu bahasa utama di tingkat ASEAN. Sebagai bangsa Indonesia, tentunya kita bangga dan senang karena bahasa kita telah menyebar ke berbagai negara.

Bahasa Indonesia mungkin terlihat sangat mudah dipelajari dan tentu akan mudah bagi mereka yang ingin mempelajarinya.

Maka Buku Pintar Majas Pantun dan Puisi ini bisa jadi rekomendasi buku tentang gaya bahasa terbaik karena dirancang untuk membantu pembaca mengidentifikasi berbagai jenis gaya bahasa.

Seperti berbagai jenis majas, sajak, syair lama dan baru, dan membuatnya mudah untuk diperkenalkan dan dipahami. Buku ini cocok untuk tangan siswa sekolah dasar, pelajar dan masyarakat umum. Buku ini dapat menambah wawasan kamu tentang sastra Indonesia.

4. Kumpulan Lengkap Peribahasa Pantun & Majas

Penulis : Ernawati Waridah

Tahun Terbit : 19 Juni 2017

Penerbit : Bmedia

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 260

Peribahasa, pantun dan majas adalah bagian dari budaya bangsa Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia dan sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnya kita berbangga dan mengapresiasi produk budaya negeri ini.

Banyak dari kita, khususnya siswa, kesulitan dengan materi pembelajaran peribahasa, pantun, dan majas karena kurangnya referensi dan kurangnya ketersediaan buku yang sepenuhnya mencakup materi pembelajaran tersebut.

Itulah sebabnya buku Kumpulan Lengkap Peribahasa Pantun & Majas ini adalah rekomendasi buku tentang gaya bahasa yang bisa kamu jadikan referensi.

5. Kumpulan Peribahasa, Majas, Dan Ungkapan Bahasa Indonesia

Penulis : Yettik Wulandari

Tahun Terbit : 3 Oktober 2019

Penerbit : Andi Offset

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 208

Buku Kumpulan Peribahasa, Majas, Dan Ungkapan Bahasa Indonesia membuat berbagai materi lengkap tentang gaya bahasa Indonesia. Itulah sebabnya buku ini bisa jadi panduan praktis untuk para pelajar dan umum untuk memahami lebih banyak gaya bahasa Indonesia.

Nah, itulah rekomendasi buku tentang gaya bahasa yang bisa kamu jadikan referensi belajar. Mana buku yang tertarik kamu baca? Rekomendasi buku di atas bisa memberimu banyak sumber belajar bahasa untuk meningkatkan gaya komunikasi atau gaya tulismu.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon




Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com