Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membuat Makalah yang Benar Sesuai Kaidah Bahasa Indonesia

Kompas.com - 05/12/2022, 09:30 WIB
cara membuat makalah Photo by kaboompics on Pixabay cara membuat makalah
Rujukan artikel ini:
Menulis Makalah Ilmiah: Sebuah Tinjauan…
Pengarang: Awalludin, dkk.
|
Editor Rahmad

Bagi pelajar atau mahasiswa, kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah makalah. Sebagai salah satu karya tulis ini, makalah jadi laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi yang harus diselesaikan berdasarkan tema dan tujuannya.

Itulah sebabnya, kamu perlu mengetahui cara membuat makalah yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

Itu artinya, karya tulis ini memiliki aturan dan tidak bisa dikerjakan asal-asalan. Hal ini juga berkaitan dengan tujuan mengapa karya makalah tersebut dibuat.

Cara Membuat Makalah

Berikut ini cara membuat makalah yang bisa kamu terapkan agar karya tulismu sudah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar:

1. Pikirkan Tentang Topik yang Ingin Dibahas

Cara membuat artikel yang pertama adalah dengan mengidentifikasi topik yang ingin kamu bahas terlebih dahulu. Dalam hal ini, kamu dapat mengatur topik sebagai pertanyaan atau masalah yang akan dibahas.

Pastikan topik yang akan kamu ambil masih sesuai dengan tugas yang ditentukan.Langkah pertama dalam membuat karya ini terkadang memakan banyak waktu, apalagi jika kamu adalah orang yang plin-plan.

Untuk memudahkan kamu bisa menemukan topik, sebenarnya bisa mendiskusikan topik berdasarkan minat atau kekhawatiran yang kamu miliki.

Misalnya, kamu sangat tertarik dengan olahraga, maka kamu dapat meneliti topik terkait, seperti bagaimana sikap sportif mempengaruhi siswa. Menarik, bukan? Asalkan masih dalam tema atau tugas yang diberikan, ini bukanlah masalah.

2. Cari Referensi yang Berkaitan dengan Topik Pembahasan

Setelah kamu sudah mengetahui topik apa yang ingin dibahas, cara menulis makalah selanjutnya adalah mencari referensi yang berkaitan dengan topik pembahasan.

Referensi inilah yang akan jadi informasi tambahan untuk mendukung penelitian yang kamu lakukan dalam makalah tersebut.

Referensi tersebut dapat kamu cari di berbagai sumber, buku, jurnal, makalah penelitian atau artikel terkait lainnya. Dari referensi ini juga yang akan menentukan hasil karya tulismu ini.

3. Buat Bingkai Tulisan

Selanjutnya, kamu bisa mulai memasukkan dalam tulisan di sini yaitu sebagai kerangka tulisan. Bekerja melalui cara ini dapat membantu kamu menulis dengan cara yang sistematis dan terarah.

Cobalah untuk membuat daftar semua hal yang akan kamu sertakan dalam karya tulis makalah tersebut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kemudian, atur ini sebagai kerangka kerja untuk diskusi. Kamu tidak perlu ragu dan khawatir tulisanmu akan jelek. Jangan khawatir karena itu selalu bisa diedit kembali nanti. Bagaimanapun, tulis saja pikiran Anda di atas kertas.

4. Tulis Pengantar

Nah, cara membuat makalah selanjutnya adalah dengan menulis pendahuluan. Kamu dapat memulai penulisan makalah ini dengan memberi pengantar.

Misalnya latar belakang topik, alasan kamu memilih topik penelitian, dan status topik yang kamu hadapi saat ini. Kemudian selanjutnya menjelaskan fokus masalah yang diangkat.

5. Tulis Pembahasan

Sesuai dengan struktur karya makalah yang baik dan benar menurut kaidah bahasa Indonesia adalah menulis pembahasannya dengan beberapa kerangka yang sudah kamu buat sebelumnya.

Tambahkan pemikiran, analisis, dan penjelasan kamu tentang topik penelitian. Untuk memudahkan, artikel ini dapat dibagi menjadi beberapa subtopik agar penjelasannya lebih terarah.

6. Tulis Kesimpulan dan Saran

Menurut kaidah bahasa Indonesia, makalah memiliki bagian kesimpulan atau saran. Tulis kesimpulan yang diambil dari karya tersebut. Jelaskan hasil apa yang kamu dapatkan dan bagaimana hasil ini menjawab masalah.

Kemudian, buat saran untuk mengatasi permasalahan yang kamu temukan dalam penelitian tersebut. Contoh saran dalam makalah bisa kamu kaitkan dengan hasil penelitian dan diskusi kesimpulan yang kamu miliki.

7. Evaluasi atau Edit Kembali Makalah

Cara terakhir untuk membuat sebuah karya makalah adalah menilai tulisan kamu. Baca kembali makalah tersebut untuk memastikan pembahasan kamu mudah selesai. Selain itu, pastikan pembahasan antara kalimat dan paragraf koheren dan terstruktur dengan cara mengeditnya.

Buku Menulis Makalah Ilmiah: Sebuah Tinjauan Teoritis dan Praktis yang ditulis Awaludin bisa kamu jadikan referensi untuk cara membuat makalah yang benar sesuai kaidah bahasa Indonesia.

Jadi, sekarang sudah tidak ada alasan lagi tidak bisa membuat makalah ya. Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com