Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Struktur Dalam Kata Pengantar Skripsi yang Perlu Kamu Perhatikan!

Kompas.com - 03/10/2022, 16:30 WIB
struktur kata pengantar skripsi Sumber: satuharapan.com struktur kata pengantar skripsi
Rujukan artikel ini:
Pedoman Penulis Karya Ilmiah(Proposal,Skripsi Dan…
Pengarang: H. BAHDIN NUR TANJUNG,…
|
Editor Rahmad

Judul buku: Pedoman Penulis Karya Ilmiah(Proposal,Skripsi Dan Tesis)

Kendala apa yang sukses membuat kamu pusing saat menyelesaikan skripsi kamu? Apakah kata pengantar skripsi? Jika iya, kamu tidak sendiri, banyak juga yang mengalami hal yang serupa. Pasalnya, membuat kata pengantar skripsi ini memang susah-susah gampang.

Meskipun terasa susah, lembar kata pengantar skripsi harus kamu selesaikan supaya skripsi kamu bisa cepat selesai. Jika diartikan, kata pengantar adalah sebuah halaman ucapan terima kasih yang ditulis oleh penulis skripsi atau selesainya penulisan dalam skripsi.

Secara garis besar, kata pengantar skripsi juga bisa berisikan ucapan rasa syukur dan dituangkan pula di dalamnya tujuan dari penulisan skripsi. Penulis juga bisa menuliskan manfaat dari penulisan, kritik serta saran yang membangun dari pembaca kepada penulisnya. Tujuannya adalah supaya kedepannya bisa lebih baik.

Pastikan, kamu menuliskan kata pengantar skripsi dengan singkat, sederhana, serta padat. Supaya lebih jelas dan tepat sasaran sesuai dengan tema skripsi kamu.

Meskipun penulisan kata pengantar skripsi keliatan sederhana dan mudah,tetapi ternyata lumayan membingungkan. Berikut ini adalah susunan penulisan kata pengantar skripsi yang perlu untuk kamu pelajari. Simak ulasannya.

Struktur dan Cara Membuat Kata Pengantar Skripsi

struktur kata pengantar skripsi struktur kata pengantar skripsi

1. Membuat Kalimat Pembuka

Hal pertama yang harus kamu tulis adalah kata pembuka. Tentu saja setiap kamu menuliskan kata pengantar skripsi, kamu perlu membuat kalimat pembukanya terlebih dahulu. Paragraf pembuka biasanya berisikan ucapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya pengerjaan skripsi ini.

Pada paragraf pertama ini juga biasanya disertakan dengan maksud serta tujuan utama kenapa kamu harus menyelesaikan skripsi yang kamu buat ini.

2. Menjelaskan Isi Skripsi dan Ucapan Terima Kasih

Pada paragraf kedua ini, berisikan kalimat ucapan rasa syukur atas selesainya skripsi yang kamu buat ini. Di sinilah terdapat unsur yang dituangkan pada paragraf pembuka tadi. Jika paragraf pembuka sudah selesai, barulah kamu masuk ke struktur kata pengantar yang selanjutnya, yaitu isi.

Penulisan pada bagian isi kata pengantar skripsi ini adalah berisikan deskripsi singkat dari tema skripsi yang sudah kamu usung dan kamu jelaskan pada bagian dalamnya. Perlu kamu ingat juga, pada bagian isi, kamu cukup menyampaikannya dengan menggunakan Bahasa yangs ingkat, padat, serta jelas.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hal ini karena penulisan kata pengantar skripsi tidak dituliskan secara gamblang pada skripsi kamu. Kamu hanya perlu menyinggung beberapa hal yang penting-penting saja.

Kamu juga bisa menuliskan sedikit pembahasan dari isi yang kamu tulis pada bagian inti dalam penelitian yang kamu lakukan. Namun, ingat hanya sedikit saja ya pembahasan yang bisa kamu cantumkan. Kalau kamu merasa bingung dalam menyampaikannya, kamu juga bisa melakukannya dengan membuat dalam bentuk poin dari inti tulisan kamu. Lalu kamu tuliskan di bagian kata pengantar skripsi kamu.

3. Membuat Kalimat Penutup

Struktur yang terakhir dalam penulisan kata pengantar skripsi adalah penutup. Penulisan kata pengantar skripsi pada bagian penutup ini biasanya berisikan permohonan maaf dari penulis. Nah, pada bagian penutup ini, kamu bisa menuliskan permohonan maaf atas kekurangan serta kelebihannya dalam pembuatan skripsi kamu.

Biasanya, permohonan maaf ini ditujukan untuk para pembaca. Pasalnya, pasti terdapat kesalahan baik pada penulisan maupun argumen yang kurang sempurna pada skripsi.

Tidak lupa juga, pada bagian penutup ini kamu perlu menuliskan harapan yang kamu harapkan dari adanya skripsi kamu ini. Seperti berharap semoga kedepannya hasil penelitian yang kamu lakukan ini kedepannya bisa melahirkan sebuah solusi ataupun koreksi dari gagasan pembaca yang lainnya. Untuk menyempurnakan hasil penelitian yang sudah kamu lakukan yang mungkin masih memiliki kekurangan dari hasil temuan kamu.

Nah, itulah struktur kata pengantar skripsi yang perlu kamu ketahui dan pahami supaya kamu bisa menuliskan kata pengantar skripsi dengan baik dan benar.

Kamu juga bisa mempelajarinya lebih dalam pada buku Pedoman Penulis Karya Ilmiah(Proposal,Skripsi Dan Tesis). Buku ini mampu memberikan panduan komplet dalam penulisan skripsi serta karya ilmiah. Buku ini dibagi menjadi dua bagian utama, bagian yang pertama adalah menyajikan garis besar mengenai pedoman dalam penulisan karya ilmiah. Sedangkan pada bagian kedua berisikan pengaplikasian panduan tersebut ke dalam penulisan karya ilmiah atau skripsi.

Buku ini juga dilengkapi dengan contoh pengaplikasian teknik serta panduan dalam penulisan. Buku ini juga memberikan kemudahan serta menuntun para pengguna untuk mencermati berbagai kesalahan yang sering terjadi pada skripsi atau karya ilmiah.

Buku ini bisa kamu pesan langsung melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com