Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Macam-Macam Kertas yang Sering Digunakan Serta Kegunaannya

Kompas.com - 05/01/2023, 16:00 WIB
Macam-Macam Kertas Sumber Gambar: Freepik.com Macam-Macam Kertas
Rujukan artikel ini:
Pasta Kacang Merah (An Sweet…
Pengarang: Durian Sukegawa
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Kertas merupakan salah satu benda yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, tidak hanya sebagai pembungkus makanan tapi juga untuk keperluan pendidikan dan pekerjaan yang berhubungan dengan tulis menulis.

Hal inilah yang membuat produksi kertas semakin meningkat setiap harinya, bahkan sampai hari ini, sudah terdapat beragam jenis kertas yang berbeda-beda tergantung dari kegunaannya.

Dari sekian banyak jenis kertas yang tersedia, kamu bisa memilih kertas sesuai dengan kebutuhanmu, sebab kertas untuk menulis tentunya berbeda dengan kertas buku atau kertas untuk undangan pernikahan.

Nah, daripada kamu salah atau keliru saat memilih kertas, ada baiknya kamu mengetahui macam-macam kertas terlebih dahulu.

Hal ini tentunya bisa membantu memudahkanmu dalam menentukan jenis kertas yang akan digunakan.

Berikut ini macam-macam kertas sesuai dengan kegunaannya.

Macam-Macam Kertas dan Kegunaannya

1. Kertas HVS

HVS merupakan salah satu jenis kertas yang paling banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di tempat fotocopy.

Kertas HVS memiliki permukaan kasar dengan ketebalan gsm 70, biasanya digunakan untuk kebutuhan sekolah seperti membuat tugas makalah, penelitian, ataupun skripsi.

Meskipun saat ini sudah lebih modern dan para pengajar lebih memilih untuk memberikan tugas melalui e-mail, kertas HVS tetap saja masih menjadi barang yang penting.

Tak hanya di dunia pendidikan, banyak kantor penerbitan atau perusahaan tertentu yang masih menggunakan kertas HVS dalam pekerjaan sehari-harinya.

2. Kertas Art Paper

Kertas ini merupakan jenis kertas dengan kualitas yang sangat bagus karena memiliki tekstur yang lembut dan berkilau.

Kertas art paper sering dimanfaatkan untuk kebutuhan percetakan maupun penerbitan buku, atau digunakan juga untuk membuat katalog, flyer, dan voucher.

Dibandingkan dengan kertas HVS biasa, kertas art paper ini memiliki ketahanan yang lebih lama dengan ketebalan yang jauh lebih baik sekitar 120 sampai 150 gsm.

3. Kertas NCR

NCR ini merupakan kepanjangan dari no carbon required, kertas ini biasanya digunakan dalam pembuatan nota, kwitansi, maupun bukti transaksi yang lain.

Sebagai kertas bukti transaksi, tentu saja ada lembar di bagian bawah yang biasanya dijadikan sebagai arsip si penjual atau si pembuat nota.

Kertas ini memiliki beberapa ciri seperti warna yang bervariasi, lembar awal berwarna putih, kemudian lembar di bagian bawahnya memiliki warna lain seperti pink, kuning, atau hijau.

4. Kertas Ivory

Kertas Ivory biasanya digunakan untuk membuat kotak kemasan karena memiliki ketebalan yang bervariasi, mulai dari 210 sampai 400 gsm, tergantung dari kebutuhannya.

Kertas jenis ini tentunya berbeda dengan kertas HVS maupun NCR, kertas ini pada umumnya memiliki sisi yang lebih berkilau sementara sisi lainnya lebih redup.

Contoh paling mudahnya adalah pada kemasan makanan, sisi bagian luarnya akan terlihat mengkilap dibandingkan bagian dalamnya.

5. Kertas Kraft

Kraft merupakan salah satu jenis kertas yang sering dipakai untuk membuat paper bag, namun tetap ramah lingkungan karena mudah untuk didaur ulang.

Kertas ini berwarna cokelat dengan tekstur yang jauh lebih kasar dibandingkan kertas HVS ataupun kertas NCR, namun orang-orang lebih melirik kertas jenis ini untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan paper bag.

6. Kertas Art Carton

Jenis kertas ini sedikit berbeda dibandingkan dengan jenis kertas lainnya, karena memiliki ketebalan yang khas, mulai dari 210 gsm, 260 gsm, dan 320 gsm, semuanya tergantung dari kebutuhan.

Kertas art carton ini biasanya diperuntukkan untuk percetakan buku, tapi saat ini lebih sering dimanfaatkan untuk membuat poster, sampul buku hardcopy, pamflet, dan buku menu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

7. Kertas Matt Paper

Matt paper merupakan kertas dengan tampilan warna yang redup, sebab kertas ini bermanfaat untuk menyerap tinta saat akan dilakukan proses percetakan.

Kertas ini sering sekali digunakan untuk mencetak majalah, tabloid, ataupun surat kabar karena kertas ini memiliki ketebalan yang sangat baik untuk menyerap tinta yakni sekitar 120 sampai 150 gsm.

8. Kertas BW Carton

Jenis kertas yang satu ini sebenarnya sangat mirip dengan kertas matt paper, tapi lebih sering digunakan untuk menggambar secara manual.

Di industri percetakan, kertas jenis ini banyak dimanfaatkan untuk mencetak kalender, kartu nama perusahaan, poster, ataupun sampul buku.

9. Kertas Buffalo

Tekstur kertas ini sekilas mirip seperti guratan kayu dengan permukaan yang cukup kasar, dan memiliki banyak sekali pilihan warna.

Kertas buffalo saat ini bisa dengan mudah kita temukan di mana saja karena sering digunakan sebagai sampul buku, map, serta beberapa kerajinan tangan dari kertas.

10. Kertas Asturo

Jenis kertas yang tidak kalah populer ini biasanya memiliki warna yang berbeda di kedua sisinya, dengan warna putih di bagian belakang dan warna lain di bagian depan.

Jenis kertas asturo ini umumnya digunakan sebagai bahan penjilidan buku, bahan untuk membuat mading, dan masih banyak lagi.

11. Kertas Linen Jepang

Dari namanya yang sudah ke-Jepang-Jepangan, kertas ini merupakan jenis kertas yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan matt paper maupun kertas BW carton.

Dengan ketebalan jauh diatas kertas HVS, kertas linen Jepang ini biasanya dipakai untuk mencetak undangan, kerta sertifikat, maupun kalender.

12. Kertas Buram

Kertas ini sebenarnya merupakan jenis kertas daur ulang.

Dari segi warnanya, kertas ini tentunya jauh lebih redup dibandingkan dengan kertas HVS biasa karena kertas ini biasanya digunakan hanya untuk sementara.

Kamu bisa dengan mudah menemukan kertas buram ini di beberapa surat kabar ataupun buku yang dijual dengan harga murah, atau biasanya kertas ini juga digunakan untuk kertas corat-coret perhitungan Matematika di sekolah.

Itulah beberapa jenis kertas yang populer dan sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari, beserta kegunaannya supaya kamu tidak salah memilih.

Tapi perlu diingat kalau semua jenis kertas itu berasal dari serbuk kayu yang diambil dari pohon, jadi usahakan untuk tidak boros dalam menggunakan kertas agar tidak terjadi penebangan pohon secara brutal.

Dari sekian banyak jenis kertas yang tersedia, sebagian besar dari kertas tersebut lebih sering dijadikan bahan utama untuk pembuatan buku, mulai dari buku pelajaran sekolah, buku tulis, atau buku novel.

Semakin ramainya orang yang hobi membaca buku tentunya membuat produksi buku novel menjadi semakin bertambah setiap harinya.

Buat kamu yang tertarik untuk membaca buku-buku novel, ada rekomendasi novel menarik yang bisa kamu baca yakni buku Pasta Kacang Merah (An Sweet Bean Paste) karya Durian Sukegawa.

Sejak diterbitkan pada bulan Oktober tahun 2022 lalu, novel ini berhasil menjadi salah satu novel best seller di berbagai toko buku Indonesia maupun Internasional.

Mengisahkan tentang Sentaro yang sering mengalami kegagalan dalam kehidupan, ia memiliki catatan kriminal dan masih kesulitan meninggalkan minuman beralkohol, hal ini membuat impiannya menjadi penulis terasa semakin jauh untuk dikejar.

Tapi kehidupannya mulai berubah sejak kedatangan seorang wanita tua bernama Tokue, ia mewariskan pengalamannya dalam membuat pasta kacang merah yang telah dipelajarinya selama 50 tahun.

Saat persahabatan mereka mulai terjalin, Tokue mendapat banyak tekanan dari masyarakat yang pada akhirnya mulai mengungkap rahasia gelap yang sudah lama ia simpan rapat, bahkan dari Sentaro sendiri.

Rahasia apa yang sebenarnya disembunyikan oleh Tokue? Segera dapatkan buku Pasta Kacang Merah (An Sweet Bean Paste) melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com