Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Desain Kamar Tidur Minimalis yang Bisa Membuat Betah Seharian!

Kompas.com - 22/12/2022, 11:30 WIB
tips desain kamar minimalis Sumber: home-designing.com tips desain kamar minimalis
Rujukan artikel ini:
Interior Design Superpowers for Everyone…
Pengarang: Aileen Martinia
|
Editor Rahmad

Kamu sedang merasa bosan dengan desain kamar minimalis yang kamu miliki? Dan mulai berencana untuk merenovasi kamar minimalis kamu. Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan renovasi secara besar-besaran terhadap kamar minimalis kamu, ada baiknya kamu mencontek tips berikut untuk mengubah tampilan kamar kamu dengan cepat.

Tidak perlu mengeluarkan biaya renovasi kamar tidur yang terlalu besar jika kamu mengikuti beberapa tips berikut ini. Yuk, intip tips desain kamar minimalis yang bisa membuat kamu akan betah di kamar seharian!

Tips Desain Kamar Minimalis

1. Hindari memilih warna yang mencolok

Hindari memilih warna yang mencolok Hindari memilih warna yang mencolok

Untuk bisa menciptakan desain kamar minimalis, kamu harus memilih warna cat tembok yang sesuai dan juga cerah. Sebaiknya, kamu menghindari warna-warna terang seperti penggunaan warna hijau, biru, atau bahkan merah.

Agar terlihat lebih luas, cobalah untuk memilih warna putih atau bisa warna abu-abu lembut, sehingga kamar minimalis kamu akan terlihat lebih luas.

2. Memilih model furniture yang simpel

Memilih model furniture yang simpel Memilih model furniture yang simpel

Salah satu yang bisa kamu lakukan dalam mewujudkan desain kamar minimalis adalah dalam pemilihan furniture.

Daripada kamu memilih banyak furniture dengan detail yang sangat beragam juga, lebih baik kamu memilih furniture yang lebih simpel dan nggak neko-neko. Dalam memilih furniture, cobalah untuk mengedepankan fungsi yang dimiliki oleh furniture tersebut.

3. Hindari menaruh barang terlalu banyak

Hindari menaruh barang terlalu banyak
Hindari menaruh barang terlalu banyak

Dalam mendesain kamar minimalis, hal paling utama yang perlu untuk kamu hindari adalah menaruh terlalu banyak barang di kamar. Menaruh barang yang terlalu banyak merupakan sebuah kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang.

Meskipun kamar kamu berukuran besar, bukan berarti kamu bisa bebas menaruh banyak barang di kamar kamu. Usahakanlah untuk menaruh barang yang benar-benar dibutuhkan. Apabila barang-barang kamu banyak, sebaiknya kamu menaruh di ruangan yang berbeda.

4. Menambahkan cermin

Menambahkan cermin Menambahkan cermin

Trik yang paling ampuh untuk membuat kamar minimalis adalah dengan menambahkan sebuah cermin. Menambahkan cermin bisa membuat kamar minimalis yang kamu miliki menjadi terlihat lebih besar dan cerah.

Namun, perlu untuk kamu ingat, pilihlah ukuran cermin yang sesuai dengan kamar tidur yang kamu miliki. Kamu juga bisa menjadikan cermin sebagai dekorasi untuk kamar minimalis kamu.

5. Memilih lemari pakaian yang tidak besar

Memilih lemari pakaian yang tidak besar Memilih lemari pakaian yang tidak besar

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kebanyakan orang menaruh lemari pakaiannya di kamar tidur, padahal hal tersebut yang mampu membuat kamar minimalis kamu menjadi terlihat sangat sumpek atau sempit.

Nah, untuk menghindari kesan sumpek pada kamar minimalis kamu, maka cobalah untuk memilih lemari pakaian yang tidak terlalu besar, supaya kamar tidur kamu bisa terlihat lebih minimalis. Kamu bisa memilih lemari pakaian yang sesuai dengan tema dari kamar tidur kamu.

6. Mengatur cahaya

Mengatur cahaya Mengatur cahaya

Pencahayaan juga bisa menjadi hal yang sangat penting dalam mendesain kamar minimalis yang kamu miliki. Jika kamar kamu tidak memiliki jendela, maka cobalah atur pencahayaannya.

Pencahayaan ini bisa membuat kamar kamu terlihat jauh lebih homey. Kalau kamu menyukai pencahayaan yang redup, kamu bisa memilih warna lampu kuning. Pasalnya, lampu berwarna kuning juga bisa membuat tidurmu lebih berkualitas.

7. Memanfaatkan ruang kosong

Memanfaatkan ruang kosong Memanfaatkan ruang kosong

Jika kamu telah mendesain kamar tidur kamu, dan menemukan masih terlalu banyak ruang yang kosong, maka, kamu bisa mencoba untuk memanfaatkannya menjadi sudut yang fungsional. Misalnya, jika kamu suka membaca, kamu bisa menambahkan sebuah kursi untuk kamu menghabiskan waktu.

Kamu juga bisa memanfaatkan ruang yang kosong tersebut menjadi sebuah tempat penyimpanan. Dengan begitu, kamar kamu juga menjadi lebih menarik.

Itulah tips dalam mendesain kamar minimalis yang cukup mudah untuk kamu terapkan. Kamu bisa menciptakan kamar minimalis dengan usaha yang tidak terlalu banyak. Jika kamu memiliki ketertarikan tentang desain interior, tips di atas bisa menjadi salah satu ide.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak wawasan tentang desain melalui buku Interior Design Superpowers for Everyone - 6 steps to your dream home!. Buku karya Aileen Martinia ini secara gamblang menuturkan berbagai rahasia para desainer interior profesional.

Buku ini juga mengajarkan kamu setiap langkah dalam mendesain. Mulai dari cara mendesain rumah sendiri tanpa menyewa jasa desainer interior yang profesional. Dilengkapi juga dengan informasi tentang budget, lalu cara menerjemahkan gaya pribadi kamu ke dalam sebuah ruangan yang akan kamu desain.

Buku ini cocok untuk siapa saja, terutama untuk kamu yang ingin mempercantik rumah, dan ingin mencari inspirasi. Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com