Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Dongeng tentang Kerajaan dan Manfaat Membacakan Dongeng pada Anak

Kompas.com - 05/12/2021, 18:00 WIB
Sumber Foto: Pixabay.com
Rujukan artikel ini:
Dongeng Kerajaan Pengantar Tidur
Pengarang: Mairi McKinnon
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Tidak hanya sebagai jendela dunia, buku juga menjadi salah satu sarana yang bisa digunakan oleh para orang tua untuk membantu meningkatkan daya ingat, kreativitas, imajinasi, dan kinerja otak pada anak.

Kebiasaan membaca buku juga bisa mendukung perkembangan kognitif si anak dan membuatnya tumbuh menjadi individu yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, berpandangan luas, serta bisa berfikir positif dalam berbagai hal.

Meskipun saat ini kita sudah berada dalam era teknologi yang super canggih, tapi memberikan gawai kepada anak bukanlah sebuah pilihan yang tepat.

Para orang tua harus mencoba untuk memberikan buku-buku bacaan yang menarik dan edukatif seperti buku dongeng.

Jika anak belum lancar membaca, orang tua bisa mencoba untuk membacakannya dengan nada, intonasi, dan ekspresi yang sesuai dengan karakter tokoh yang ada di dalam buku supaya anak tertarik serta bisa memahami isi bukunya dengan mudah. Baca selengkapnya terkait Dongeng Terkenal Di Indonesia.

Manfaat Membacakan Dongeng kepada Anak

1. Mempererat Hubungan Antara Orang Tua dan Anak

Meluangkan waktu untuk membacakan dongeng bisa mempererat ikatan batin antara orang tua dan anak.

Melalui dongeng, orang tua dan anak bisa membaca bersama, tertawa bersama, dan belajar bersama yang nantinya akan membuat komunikasi di antara keduanya menjadi semakin kuat.

2. Membantu Perkembangan Otak Anak

Mengenalkan buku-buku dongeng sejak dini bisa mengembangkan otak dan imajinasi anak.

Buku juga akan membantu anak untuk lebih siap dengan proses pembelajaran di masa yang akan datang.

Anak-anak yang sudah terbiasa membaca dan mendengarkan banyak kata-kata juga akan meningkatkan kemampuan berbahasanya.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics, anak-anak yang sejak kecil sudah dikenalkan dengan buku-buku bacaan biasanya memiliki kosakata yang lebih banyak, serta kemampuan matematika yang lebih maju dibanding anak-anak seusia mereka yang tidak pernah mengenal buku bacaan.

3. Melatih Fokus dan Disiplin

Saat baru pertama kali mengenal buku bacaan, mungkin anak-anak belum bisa langsung duduk manis selama mendengar ceritanya karena merasa belum familiar.

Tapi jika kegiatan ini dilakukan secara terus menerus, pada akhirnya anak akan belajar untuk diam dan lebih fokus dalam membaca atau mendengarkan cerita.

Selain itu, cobalah untuk membuat jadwal membaca yang teratur bagi anak, karena akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kedisiplinan pada anak sejak dini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Saat mendengar orang tuanya membacakan dongeng, semua bagian otak anak akan bekerja, yang membuat kemampuan memorinya menjadi lebih baik dan akan membantu anak untuk bisa beradaptasi dengan baik saat masuk sekolah nanti.

4. Membantu Anak Mengenal Emosi

Saat orang tua sedang membacakan dongeng dengan ekspresi wajah, intonasi, dan suara yang berbeda, anak-anak akan memerhatikan dan memahami bagaimana cara setiap tokoh menyampaikan emosinya, seperti emosi bahagia, marah, atau takut.

Contohnya, saat membacakan dongeng tentang Cinderella yang hidup bersama ibu tiri dan saudara tiri yang jahat.

Saat sedang berperan sebagai Cinderella, orang tua bisa memakai intonasi suara yang rendah atau tegas dan wajah sayu, sementara saat sedang berperan sebagai ibu tiri, orang tua bisa memberikan ekspresi yang marah dengan intonasi suara yang tinggi dan angkuh.

Semakin lama, anak akan semakin terbiasa dan bisa belajar bagaimana cara untuk meluapkan emosi, bahkan juga bisa belajar mengatur emosinya dengan bijak.

Saat ini sudah banyak sekali buku-buku dongeng dengan berbagai tema yang tersedia di toko buku, tapi kalau ingin mencoba mengajari anak-anak untuk bisa belajar mengatur emosi, orang tua bisa memberikan buku dongeng tentang kerajaan.


Baca juga: Dongeng Anak Sebelum Tidur


Rekomendasi Buku Dongeng Anak

Buku Dongeng Kerajaan Pengantar Tidur karya Mairi McKinnon bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Kisah pertama menceritakan seorang pangeran dan putri yang hidup di antara ratu dan penyihir yang kejam.

Mereka juga memiliki seekor kuda terbang ajaib yang bisa memenuhi keinginan dan membawa mereka ke tempat-tempat jauh, yang akhirnya membuat si ratu dan penyihir iri dan ingin merebut kuda ajaib tersebut.

Selain kisah si kuda terbang ajaib, masih banyak kisah-kisah menarik yang ditulis dalam buku ini, dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik dan penuh warna, yang akan membuat anak-anak tertarik dengan buku-buku bacaan.

Ada juga kisah Putri Davina dan Pangeran Andrew yang ada dalam buku Dongeng Kerajaan: Sekolah Putri dan Pangeran karya Ruri Irawati.

Mengisahkan tentang kehidupan seru yang dialami Putri Davina dan Pangeran Andrew di masa Sekolah Kerajaan pertama mereka, mulai dari tersesat di kota raja, lomba ketangkasan berkuda, acara camping bersama, sampai ujian kenaikan pertama di Sekolah Kerajaan.

Di buku ini anak akan belajar bagaimana caranya bekerja sama dan membangun tim yang kompak bersama dengan Putri Davina dan Pangeran Andrew, serta berbagai ilustrasi dan percakapan yang menarik juga membuat petualangan dalam buku ini menjadi lebih seru.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com