Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Beberapa Mukjizat Nabi Isa yang Terdapat Di Dalam Al-Quran

Kompas.com - 18/12/2022, 13:30 WIB
mukjizat nabi isa Sumber: pinterest mukjizat nabi isa
Rujukan artikel ini:
Belajar Dari Para Nabi dan…
Pengarang: Abu Azka Ibn Abbas
|
Editor Rahmad

Nabi Isa AS merupakan putra dari Maryam, satu-satunya nama perempuan yang dijadikan nama surat pada Al-Quran. Maryam merupakan seorang perempuan yang terjaga kehormatannya, dia tidak pernah berzinah dan selalu menjaga tutur katanya. Kemudian, ia dipercaya oleh Allah SWT untuk mengandung Nabi Isa AS.

Kisah Nabi Isa pada saat kelahirannya merupakan bukti dari kebesaran Allah SWT, di mana ruhnya langsung ditiupkan oelh Alalh SWT, sehingga Nabi Isa AS lahir tanpa memiliki seorang ayah. Nabi Isa AS merupakan nabi sekaligus rasul yang masuk ke dalam golongan Ull Azmi.

Sebagai seorang nabi dan rasul, Nabi Isa mendapatkan mukjizat dari Allah SWT untuk meyakinkan kepada umatnya tentang kebesaran Allah SWT. Berikut adalah rangkuman tentang kisah Nabi Isa AS beserta mukjizatnya yang ada di dalam Al-Quran.

Kisah Nabi Isa dan Mukjizatnya

mukjizat nabi isa mukjizat nabi isa

1. Dapat berbicara saat baru dilahirkan

Nabi Isa AS lahir tanpa memiliki seorang ayah, semasa dirinya masih berada di dalam kandungan, sang ibu harus mendapatkan sebuah fitnah yang keji dari para masyarakat Bani Israil.

Dengan kebesaran yang dimiliki oleh Allah SWT, Nabi Isa AS memiliki kemampuan saat setelah beberapa jam dilahirkan. Hal ini dilakukannya supaya Nabi Isa mampu menjaga kesucian serta kehormatan ibunya.

Peristiwa ini terdapat di dalam Al-Quran pada surat Maryam ayat 30 yang artinya:

"Dia (Isa) berkata, "Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi."

2. Menciptakan burung dari tanah

Nabi Isa AS hodup di tengah masyarakat Bani Israil yang sangat terlena dengan kenikmatan dari kemaksiatan yang mereka lakukan. Seorang raja yang memimpin saat itu, mendengar ajaran Nabi Isa AS, menyuruhnya untuk menunjukkan kebesaran Allah SWT.

Kemudian, Nabi Isa AS membentuk seekor burung dari tanah liat. Atas izin Allah SWT, maka ditiuplah patung itu dan kemudian patung tersebut berubah menjadi seekor burung hidup. Hal ini terkandung dalam Al-Quran, surat Ali Imran ayat 49, yang artinya:

"Sesungguhnya aku telah datang kepada kalian dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhan kalian, yaitu aku membuat untuk kalian dari tanah sebagai bentuk burung, kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah."

3. Menghidupkan orang yang sudah meninggal

Kisah Nabi Isa yang selanjutnya adalah kemampuannya menghidupkan orang yang telah meninggal. Hal ini berawal dari masyarakat Bani Israil yang mengingkari adanya ruh dan hari kebangkitan.

Kemudian, mereka meminta Nabi Isa AS untuk menghidupkan kembali orang yang sudah meninggal untuk kembali hidup. Kisah Nabi Isa AS ini terdapat dalam Al-Quran dalam surat al-Imran ayat 49 yang artinya:

"Dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah."

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain Al-Imran, surat Al Maidah ayat 110 juga menyampaikan hal serupa. "Dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku."

4. Menyembuhkan orang sakit dan buta

Kisah Nabi Isa AS yang selanjutnya adalah ia mendapatkan mukjizat mampu menyembuhkan penyakit kusta, sopak, dan kebutaan. Mukjizat ini diterimanya atas dasar izin Allah SWT, seperti yang terdapat dalam surat Al-Maidah ayat 10 yang artinya:

"Dan (ingatlah) di waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku."

Kisah Nabi Isa dan mukjizatnya ini juga terdapat dalam surat Al-Imran ayat 49 yang artinya adalah:

"Dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak."

Itulah beberapa kisah Nabi Isa AS beserta mukjizat yang dimilikinya. Mukjizat yang diberikan llah SWT kepadanya merupakan bukti dari kebesaran Allah SWT dan tentunya telah mendapatkan izin dari-Nya.

Setiap Nabi dan Rasul memang memiliki kisah keistimewaannya tersendiri, termasuk kisah Nabi Isa AS. Sifat serta sikap para nabi dan rasul yang baik menunjukkan akan kemuliaan serta ketangguhan mereka sebagai utusan dari Allah SWT.

Buku Belajar Dari Para Nabi dan Rasul menjadi buku yang harus dimiliki dan dibaca oleh keluarga muslim untuk mengenal para Nabi dan Rasul Allah. Di mana merekalah yang mensyiarkan agama serta menegakkan kebenaran. Melalui buku ini, kitab isa menyimak riwayat hidup mereka sebagaimana yang sudah disebutkan di dalam Al-Quran.

Buku ini juga menggambarkan berbagai perjuangan dari para nabi dan rasul yang sangat hebat dalam mensyiarkan para umat agar mau beriman kepada Allah SWT.

Buku ini bisa kamu langsung pesan dan beli melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com